Loading...

Tim KKN Undip Edukasi Pentingnya Cuci Tangan yang Baik dan Benar di SD Kandri 02 Semarang



Campusnesia.co.id - Kandri, Semarang (19-21/01/2022) - Pandemi virus corona (Covid-19) saat ini telah melanda seluruh negara di belahan dunia. Walapun usdah selama 2 tahun lebih, hingga saat ini virus corona masih belum dapat dikendalikan terlebih lagi dengan adanya mutasi virus corona jenis baru yang bermunculan salah satunya adalah adanya varian omicron yang menyebabkan saat ini angka penularan kasus baru meningkat pesat dan kemungkinan terjadinya gelombang ketiga. 

Upaya yang bisa dilakukan adalah melakukan berbagai upaya pencegahan, salah satunya adalah mencuci tangan menggunakan sabun. 


Tangan yang bersentuhan langsung dengan kotoran manusia dan binatang, ataupun cairan tubuh lain (seperti ingus, dan makanan/minuman yang terkontaminasi saat tidak dicuci dengan sabun dapat memindahkan bakteri, virus, dan parasit pada orang lain yang tidak sadar bahwa dirinya sedang ditularkan. Tangan tersebut selanjutnya menjadi perantara dalam penularan penyakit.


Mencuci tangan dengan air saja lebih umum dilakukan, tetapi hal ini terbukti tidak efektif dalam menjaga kesehatan dibandingkan dengan menggunakan sabun. Menggunakan sabun dalam mencuci tangan sebenarnya menyebabkan orang harus mengalokasikan waktunya lebih banyak saat mencuci tangan, tetapi penggunaan sabun menjadi efektif karena lemak dan kotoran yang menempel akan terlepas saat tangan digosok dan bergesek dalam upaya melepasnya. Di dalam lemak dan kotoran yang menempel inilah kuman penyakit hidup.

Poster KKN Langkah-langkah Cuci Tangan

Oleh karena itu, dilakukan edukasi kepada siswa agar tahu dan mengerti tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun. Kegiatan sosialisasi dilakukan pada tanggal 19-21 Januari 2022 di SD Kandri 02, Kelurahan Kandri. Edukasi tentang cuci tangan dengan sabun juga menggunakan media poster agar siswa dapat langsung melihat dan mempraktikkannya. Selain diberi edukasi cuci tangan dengan sabun, siswa juga diberi 1 botol sabun cuci tangan.


Dengan adanya edukasi dan pembagian sabun cuci tangan, diharapkan siswa menjadi lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan salah satunya adalah dengan mencuci tangan dengan sabun. 


Penulis: 
Dedi Kurnianta Sembiring

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys