Loading...

Mahasiswa KKN UNDIP Edukasi Pentingnya Pemberian Kapsul Vitamin A bagi Balita



Campusnesia.co.id - Sabtu, 22 Januari 2022 Mahasiswa KKN Tim I UNDIP membuat program kerja yaitu edukasi pentingnya pemberian kapsul Vitamin A pada balita di posyandu Melati dusun Candi Kulon.

Pemberian kapsul Vitamin A di Posyandu merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menurunkan angka penyakit Kekurangan Vitaimin A (KVA) terutama pada balita. 

Program tersebut dilaksanakan dua kali dalam setahun yaitu bulan Februari dan Agustus, sehingga sering disebut dengan bulan Vitamin A. Kapsul Vitamin A dapat diperoleh secara gratis di posyandu maupun puskesmas terdekat.

Pentingnya pemberian kapsul vitamin A pada balita ini sangat penting melihat manfaat dari vitamin A tersebut adalah memiliki peran penting terhadap kesehatan fungsi penglihatan dan mendukung tumbuh kembang balita. 


Di masa pandemi COVID-19 ini, pemberian vitamin A perlu menjadi perhatian karena dengan mengonsumsi vitamin A dapat meningkatkan daya tahan tubuh bagi balita.

Menurut kader posyandu Melati dusun Candi Kulon, minat ibu balita untuk berkunjung ke posyandu khususnya saat pemberian kapsul vitamin A sangat rendah. Hal itu disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran dari ibu balita.

Setelah adanya edukasi tersebut, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kesadaran ibu balita untuk rutin berkunjung ke Posyandu.

Edukasi dilakukan sebagai upaya promotif untuk pemberian kapsul vitamin A pada balita. Kegiatan tersebut diikuti oleh ibu balita sejumlah sebelas orang. 

Dalam pelaksanaanya, mahasiswa UNDIP menggunakan poster sebagai media penyampaian materi. Edukasi tersebut mendapatkan respon positif dari audiens atau ibu balita di posyandu.



Penulis: Dewi Ria Safitri

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys