Loading...

Dari Aku yang Baru Mulai Koleksi Dieacast Hot Wheels



Campusnesia.co.idNamanya anak laki-laki, setua apapun umur biologisnya tetap bakal ada sisi bocahnya, demikian kata orang walau gak semuanya seperti dalam ungkapan barusan. 

Awal tahun 2021 saya mulai nostalgia dengan kaset pita, beli album jadul penuh nostalgia dari Project Pop, Padi, Jikustik, Peterpan, Sheila On 7, Dewa 19 ditambah hibah dari mbak Vera asal Bali yang mengirimi puluhan kaset jadul Backstreet, Westlife, Boy Zone dll beribu makasih buat beliau yang sudah mempercayakan koleksi kasetnya pada saya yang amatir ini. 

Baca juga: 

Buat sobat Campusnesia yang ingin mencoba mendengarkan kaset pita silahkan main ke kantor ada tape playernya juga. 

Awal tahun 2022 ini saya tertarik hal baru, sebenarnya keinginan lama yang terpendam setiap kali belanja ke minimarket cuma bisa lihat-lihat koleksi mobil kecil yang harganya gak murah. 

Karena butuh pelarian dan hiburan, saya mulai menyisihkan penghasilan untuk membeli satu demi satu koleksi mobil mainan mini ini. 

Nostalgia pertama yang jadi incaran adalah mobil mainan pull back, yang kalau ditarik mundur bisa jalan sendiri ke depan karena di dalamnya ada mekanis spiral. 

Ini membangkitkan kenangan masa kecil saya, setiap kali masuk rumah sakit ketika pulang dibelikan mainan model ini oleh alm. Bapak, Al Fatihah buat beliau amin. 

Beruntung saya dapat dua model mainan mobil pullback 2 keluaran dari Northland Toys yang kebetulan lagi diskon terbuat dari diecast dan 2 keluaran dari Emco berbahan plastik cukup mahal satu mobil Emco bisa dapat 2 mobil Northland. 

Berikutnya mulai serius mencari merk ternama dalam dunia mobil mainan mini diecast yaitu brand Matchbox dan Hot Wehels yang sebenarnya keduanya adalah produksi perusahaan Mattel. 

Karena pemula jadi nyari yang murah-murah saja, angka psikologis saya di bawah Rp50.000 kalau lebih dari nominal tersebut masih merasa mahal, ya maklum masih amatiran.

Beruntung dapat beberapa mobil yang harganya Rp50.000 dapat 2 pcs, sisanya rata-rata 30.000an untuk Hot Wheels dan Matchbox versi biasa alias bukan yang hot wheels treasure hunt, hot wheels super treasure hunt atau hot wheels monster truck yang lagi banyak dicar oleh kolektor apalagi yang pull back maupun moving part yang pintu atau cap mesinya bisa dibuka, iys okay baru mulai. 

Untuk memajang koleksi mobil mainan mini, saya kontak kolega yang vendor akrilik dan minta dibuatkan custome ukuran 9x4cm untuk 20 pcs space mobil, untuk sobat pembaca yang mau pesen bisa juga, klik link di sini


Fungsi box akrilik ini selain sebagai pajangan juga untuk melindungi dari debu dan jangkauan anak-anak jadi bermanfaat, bahan akrilik dipilih karena kuat dan bening transparan sehingga bisa dinikmati dari luar. 

Untuk tempat hunting dan belanja sejauh ini saya masih nyaman di minimarket terdekat seperti Indomaret dan Alfamart, alasannya setidaknya terjamin orisinilitasnya, sempat berburu di toko online sperti Shopee dan tergoda harga murah namun ternyata produk KW jadi lebih tenang beli yang asli saja. 

Sudah tua ngapain kayak anak kecil koleksi mainan?
Penjelasan berikut tidak untuk membuat pembaca yang kontra agar jadi setuju atau  memaklumi, pengin ya pengin aja gak perlu alasan lain. 

Nostalgia jelas iya, seperti penjelasan saya di atas, mainan-mainan ini mengingatkan saya pada orang dan masa-masa indah waktu masih belia itu saja sudah cukup jadi alasan. 

Alasan yang lain? Bisa jadi konten seperti ini, dan untuk koleksi dikemudian hari bisa saja jadi investasi, di tangan yang tepat koleksi mainan akan sangat berharga, seiring berjalannya waktu nilai valuasinya akan naik dan ketika dijual bisa dapat keuntungan. 

Healing dan hiburan, agak private tapi beberapa orang kadang juga butuh pelarian, kita tidak tahu seberapa berat tantangan hidup yang dihadapi dan kembali memainkan mainan ala bocah setidaknya lebih positif dibanding jenis pelarian lain yang gak jelas seperti minum-minuman. 

Berikut foto dan daftar koleksi mainan mobil mini saya, siapa tahu ada sobat yang punya seri yang sama atau ingin melego koleksi saya he he. 







Poin penting dalam menurutkan hobi pastian menggunakan "uang laki" uang kita sendiri bukan uang untuk kebutuhan utama, jatah keluarga, orang tua apalagi untuk susu anak kita. 

Hot Wheels adalah mainan mobil berbahan metal (die-cast) yang diproduksi oleh produsen mainan anak-anak, Mattel Inc., Amerika Serikat, sejak tahun 1968, yang juga memproduksi mainan mobil-mobilan bermerk Matchbox yang telah lebih dulu masuk ke Indonesia sejak tahun 1970’an.

Dewasa ini, Hot Wheels sudah tidak melulu berupa permainan mobil-mobilan, tetapi sudah dikembangkan beberapa produk pendukung seperti video games, serial TV, video dan DVD, t-shirt, dll.

Di Indonesia, Hot Wheels masuk pada tahun 2002, peluncurannya disemarakkan dengan trek permainan terpanjang se Asia (200 meter), yang rekornya diakui oleh MURI. 

Bahkan sejak 2002 pula, telah berdiri perkumpulan kolektor Hot Wheels Indonesia salah satunya Pusat Ngumpulnya Diecaster atau sering di sebut PND. 

Di kalangan penghoby semakin banyak cara untuk menikmati mainan ini, jika dulunya hanya sebatas koleksi dalam perkembangannya mainan ini juga dimainkan dalam bentuk balap mainan, custom dan fotography. 

Dalam photography Hotwheels di gunakan sebagai objek pemotretan. Salah satu komunitas yang ada adalah Hotwheels Photography yang berdiri sejak tahun 2014 dan memiliki banyak member dari penjuru dunia.

Matchbox adalah merek mainan populer yang diperkenalkan oleh Lesney Products pada tahun 1953 dan sekarang dimiliki oleh Mattel, Inc. Merek ini dinamakan Matchbox, sebagaimana mainan die-cast Matchbox original yang dijual di dalam kotak-kotak yang sama, dalam hal gaya dan ukuran, dengan ukuran kotak korek api yang dijual.

Mattel Inc. adalah sebuah perusahaan mainan terbesar berdasarkan pendapatan. Produknya termasuk mobil Hot Wheels, Matchbox, boneka Barbie, papan permainan, dan pada awal tahun 1980 konsol permainan video. 

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1945 oleh Elliot Handler dan Harold Matson. Istri Elliott Handler, Ruth Handler, kemudian menjadi presiden, dan dikredit dengan penciptaan garis produk Barbie untuk perusahaan ini pada tahun 1959.

Video Pulang Sekolah Eps. 1 - Unboxing Hot Wheels Porsche 993 GT2 Pajang di Display


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Dari Aku yang Baru Mulai Koleksi Dieacast Hot Wheels, Semoga bermanfaat sampai jumpa. 


Penulis: Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys