Daftar 35 Jenis Ikan Cupang atau Betta Cocok Jadi Peliharaan di Kamar dan Tempat Kerja

 



Campusnesia.co.id - Pandemi kemarin membawa hobi baru misalnya memelihara ikan hias. Salah satu jenis yang banyak dipelihara dan mudah dirawat adalah jenis Betta atau biasa disebut ikan Cupang.

Jika dahulu ikan cupang identik dengan peliharaan anak SD dengan harga yang sangat murah, kini dengan perkembangan zaman, banyak kontes dan pembudidaya harga ikan cupang bisa sangat mahal dari puluhan, ratusan ribu hingga jutaan rupiah jika berhasil memenangkan kontes.

Lewat artikel kali ini kami ingin berbagi tentang jenis-jenis ikan cupang, apa saja? yuk simak satu persatu ragamnya.

Fyi, Ikan cupang (Betta Sp.) adalah ikan air tawar yang hidup di perairan tropis benua Asia hingga Afrika. Habitat asalnya berupa perairan dangkal yang air jernih dan bersuhu 24-27°C. Ikan cupang cenderung bersifat solitare dan ganas jika bertemu dengan ikan sejenis. 

Ikan ini memiliki pernafasan tambahan berupa labirin yang memungkinkannya untuk mengambil oksigen langsung dari atas permukaan air, sehingga mampu hidup pada air yang minim oksigen.

Itulah yangmembuat ikan ini terkenal tahan banting & tidak perlu treatment khusus untuk memeliharanya.

Ikan cupang memiliki banyak bentuk (polymorphisme) yang dibagi sesuai bentuk sirip dan warna sisiknya.
Rata-rata yang memiliki morph adalah pejantan, sedangkan betina normalnya berbentuk sama dengan yang lain.

Berikut ini beberapa jenis ikan cupang berdasarkan bentuk siripnya:

1. Ikan Cupang Halfmoon

Seperti namanya, halfmoon memiliki ciri sirip badan dan ekor yang menyatu membentuk setengah lingkaran yang indah. Garis ekornya tegas dan jika mengembang akan membentuk lengkungan sempurna (180°).


2. Ikan Cupang Crowntail

Jenis ini disebut crowntail karena ekornya yang berbentuk seperti serit-serit (sisir) mahkota. Ciri-ciri utamanya adalah ekor yang terlihat sobek2 namun memiliki bentuk yang indah. Cupang ini bisa dibilang hasil persilangan cacat namun  menjadi tren karena bentuknya yang indah.


3. Ikan Cupang Plakat

Jenis yang sangat umum dan sering disebut dengan ikan cupang adu. Ciri khas yang paling menonjol adalah ekor pendek yang terlihat kekar dan tegas. Plakat adalah jenis yang memiliki banyak sekali morp di warna sisiknya.


4. Ikan Cupang Rosetail

Bentuk ekornya hampir sama seperti halfmoon namun bedanya rosetail memiliki bentuk gelombang yang indah menyerupai kelopak bunga. Karena keindahannya, jenis ini adalah salah satu jenis yang paling banyak diminati.


5. Ikan Cupang Veiltail


Jenis ini adalah jenis yang kurang diminati karena bentuk ekornya yang panjang namun terkulai lemas. Ekor veiltail cenderung terlihat mengalir dan tidak tegas.


6. Ikan Cupang Halfsun 

Terlihat seperti perpaduan antara halfmoon dan crowntail. Bentuk ekor yang lebar dan tegas dari pangkal dengan crown (serit) yang pendek dan runcing di ujung2 ekor. 


7. Ikan Cupang Delta dan Super Delta

Seperti namanya, ekornya membentuk huruf D besar. Bentuk ekornya yang lebar hampir seperti Halfmoon namun tidak dapat mengembang sampai 180°


8. Ikan Cupang Double Tail 

Double tail sangat mudah dikenali dengan ciri ekornya yang terbelah dua. Perlu ditandai bahwa kernya bukan ekor tunggal yang terbelah 2, melainkan 2 ekor ganda sejati dengan dua tangkai ekor.


9. Ikan Cupang Spadetail

Seperti namanya, jenis ini memiliki ekor dengan ujung menguncup runcing layaknya sekop.


10. Ikan Cupang Combtail


Jenis ini hampir sama dengan crowntail, namun combtail memiliki crown (serit) yang tidak se"dramatis" crowntail.


11. Ikan Cupang HMPK


Adalah singkatan dari halfmoon plakat. Sesuai namanya, jenis ini adalah plakat namun memiliki sirip badan dan ekor yang terlihat menyambung.


12. Ikan Cupang Dumbo Ear

Dumbo ear sangat mencolok dengan bentuk sirip tangannya yang sangat lebar tidak seperti cupang pada umumnya dan seakan2 terlihat seperti telinga dari seekor gajah.


13. Ikan Cupang Basic Color

Sesuai namanya, morph ini dinamai basic karena memiliki warna dasar yang mendominasi dibadannya, seperti blue, yellow, red, super red, white, toska, black, dst.

14. Ikan Cupang Bi-color

Bi-color adalah jenis yang memiliki 2 jenis basic color pada tubuhnya, seperti blue yellow, red blue, dst.

15. Ikan Cupang Marbled
Hampir adalah jenis bicolor namun kedua warnanya saling terpisah secara acak dengan pola yang tegas.


16. Ikan Cupang Jenis Grizzled


Grizzled juga termasuk pada jenis bicolor namun dengan warna dasar yang lebih halus (pastel). Di jenis ini perpisahan kedua warnanya terjadi secara halus, atau bahkan bisa saling tercampur dan membentuk warna yang baru.


17. Ikan Cupang Warna Metallic

Morph ini memiliki warna sisik metallic keabu-abuan dan dapat merefleksikan cahaya layaknya benda logam. Morph ini umumnya memiliki varian white, green, yellow, dan blue metallic.


18. Ikan Cupang Warna Gold

Sebenarnya jenis adalah morph metallic namun memiliki warna dasar kuning yang kuat sehingga membuatnya terlihat seperti emas murni. Layaknya emas, morph ini sangat langka dan susah untuk diperoleh. Harga dipasaran juga tergolong fantastis.


19. Ikan Cupang Jenis Alien

Alien adalah jenis morph dari wild betta. Wild betta itu sendiri memiliki ciri yang unik yakni berwarna dasar gelap, dengan scale metallic yang terpisah oleh guratan sisik.


20. Ikan Cupang Jenis Lavender

Lavender memiliki ciri warna pink cerah di badan sampai ekor dengan rim (tepi ekor) berwarna putih.


21. Ikan Cupang Jenis Salamander

Salamander termasuk morph lavender, namun dengan warna pink yang lebih tajam. Terkadang bisa sampai ke warna merah.


22. Ikan Cupang Jenis Mustard Gas

Morph ini sangat mudah dikenali karena warnanya yang kontras dan mencolok. Mustard gas memiliki badan dengan base color gelap dan sirip yang berwarna kuning terang.


23. Ikan Cupang Jenis Butterfly

Ciri-ciri butterfly adalah memiliki warna badan yang dominan base color, dengan rim berupa garis warna putih.


24. Ikan Cupang Pinepapple

Morph ini memiliki memiliki warna badan kuning pastel dengan guratan2 hitam diantara tiap sisiknya.


25. Ikan Cupang Jenis Black Orchid

Black orchid memiliki warna dasar biru/hitam yang gelap dengan sedikit highlight warna biru/hijau di badan dan ekor.


26. Ikan Cupang jenis Blue Rim

Sesuai namanya, jenis ini memiliki warna dasar putih dengan rim berwarna biru. Blue rim adalah salah satu jenis yang sempat booming di Indonesia.


27. Ikan Cupang Jenis Dragon


Nah ini adalah jenis yang mimin sukai, warna badannya putih metallic dengan warna sirip merah. Ciri lainnya adalah memiliki ruas sirip yang berwarna putih. Jenis ini memiliki variasi black dragon dan yellow dragon.

28. Ikan Cupang Jenis Samurai

Cupang Samurai memiliki warna dasar hitam dengan scale berwarna putih metallic dari kepala dan memanjang sampai badan bagian atas, sehingga seakan-akan memakai baju zirah.

29. Ikan Cupang Jenis Hellboy
Memiliki ciri warna merah gelap dari badan sampai wajah dengan beberapa bercak metallic di badan/siripnya.


30. Ikan Cupang Jenis Nemo 
Jenis nemo adalah morph yang memiliki 2-3 warna dasar di badannya dan berpadu secara acak. Warna yang paling sering ditemui di jenis ini adalah merah, oranye, kuning dan putih.


31. Ikan Cupang Jenis Koi
Jenis ini memiliki pola marbled antara warna putih, oranye, merah, dan hitam. Sesuai namanya, kombinasi warna morph ini terlihat serupa dengan ikan koi.


32. Ikan Cupang Jenis Candy
Layaknya permen, morph ini adalah jenis yang memiliki berbagai macam warna cerah dengan pola marble yang acak. Candy setidaknya memiliki 4 - 6 warna. Pada umumnya, warna yang paling sering ditemui di morph ini adalah kuning, biru, oranye, merah, ungu, dan putih.


33. Ikan Cupang Jenis Galaxy
Melihat jenis ini layaknya melihat langit berbintang di malam hari. Morph ini memiliki berbagai macam warna seperti candy. Namun yang membedakannya adalah, jenis memiliki bercak biru metallic yang memantulkan cahaya layaknya bintang di galaxy.


34. Ikan Cupang Jenis Avatar


Avatar juga sering disebut dengan black star galaxy karena memiliki warna dasar gelap disertai bercak biru metallic yang menyebar secara acar diseluruh badannya. Variasi dari morph ini adalah avatar gold yang memiliki bercak kuning metallic.


35. Ikan Cupang Jenis Platinum
Sesuai namanya, morph ini hanya memiliki warna putih di seluruh tubuhnya. Tanpa ada warna lain. Lawan dari platinum adalah melano black (full black).

Demikian Tadi sobat Campusnesia artikel tentang Daftar 35 Jenis Ikan Cupang atau Betta Cocok Jadi Peliharaan di Kamar dan Tempat Kerja.

Favorit kalian yang mana? share di kolom komentar ya semoga bermanfaat sampai jumpa ya.


sumber: akun twitter Things For Pet @thingsforpet

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »