Penjelasan Ending Drama Korea Hometown Cha-cha-cha 2021, Ini Jawaban Semua Pertanyaanmu

 





Campusnesia.co.id - Setelah bikin jengkel di episode awal hingga pertengahan, lalu dipenuhi adegan uwu yang tak ramah jomblo setelah jadian di pertengah, drama korea fenomenal produksi TvN berakhir juga menyisakan banjir air mata menjelang akhir episodenya.

Drama yang tayang setiap Sabtu dan Minggu pukul 21.00 waktu korea selatan dan streaming di Netfik ini disebut-sebut sebagai drama ringan, penuh plot cerita yang relate dengan kehidupan nyata para penontonya.


Kim Seon Ho yang berperan sebagai Hong Du Shik pemuda pengangguran banyak acara di desa pesisir bernama Gongjin  menjalin kisah cinta dengan seorang Dokter Gigi asal Seoul bernama Yoon Hye Jin yang sebenarnya baik hati namun kurang terasah kepekaan dan empatinya karena terbiasa hidup di kota yang individualis.

Sangat bertolak belakang dengan pak Hong yang hidup di desa, penuh guyub rukun, saling bantu bak keluarga besar peduli satu sama lain, gambaran katakteristik masyarakat Indonesia banget.

Plot minyak dan air antara karakter pak Hong dan bu Hye Jin jadi sajian utama drama Hometown Cha-cha-cha dengan selingan beragamnya sifat warga Gongjin dengan cirikhasnya masing-masing.


Kita fokus pada judul, Penjelasan Ending Drama Korea Hometown Cha-cha-cha 2021 yuk kita bedah satu per satu.

Masa Lalu pak Hong

Hal paling misterius sepanjang drama 16 episode ini adalah masa lalu Hong Du Shik, ia begtitu tertutup dengan masa lalunya, bahkan warga Gongjin pun tak ada yang tahu apa yang dilakukan pak Hong lima tahun lalu.

Banyak rumor yang beredar diantaranya, bahwa pak Hong menjadi agen intelijen dan ditugaskan menyusuk ke Korea Utara, ada gosip bahwa ia adalah anak konglomerat korea selatan dan ada pula yang bercanda pak Hong adalah pembunuh yang baru keluar dari penjara.

Semakin membuat penasaran karena beberapa scene menunjukkan pak Hong punya gangguan psikologis dengan mimpi buruk seorang berlumuran darah, scene seorang wanita dengan anak kecil menangis di upcara pemakaman serta bagaimana sulit menerima orang baru yang masuk ke kehidupannya bahkan kepada Hye Jin yang sudah jelas-jelas keduanya saling jatuh cinta.

Semua terungkap, pak Hong semasa kuliah di seoul bertemu dengan senior baik hati yang kemudian dianggap kakak angkat Jeongju yang punya istri bernama Seon A yang tidak lain adalah sepupu produser Ji.


Pak Hong dan kakak angkatnya bekerja di sebuah perusahaan manajemen investasi suatu hari terjadi krisis keuangan sehingga perusahaan tempat mereka terdampak, sahamnya jatuh bebas hingga menyebabkan para nasabah rugi besar.

Salah satu nasabah tersebut adalah ayah Doha, asisten produser Ji that why ketika tahu pak Honga adalah Hong Du Sik ia marah besar dan memukulnya di acara perpisahan bersama warga desa.

Akibat kebangkrutan tersebut ayah Doha depresi dan mencoba bunuh diri dengan meminum obat hingga over dosis, tak sadarkan diri dan sekarang lumpuh.

Tahu apa yang terjadi dengan nasabahnya, pak Hong tadinya hendak menjenguk memastikan keadaanya dan meminta maaf, saking syoknya hingga tremor, sang kakak yang khawatir menemani dan menjadi sopir, naas dalam perjalanan mibil mereka kecelakaan sang kakak meninggal di tempat.

Sang kakak ipar Seon A menyalahkan Du Sik akan kejadian ini, ditambah apa yang menimpa nasabahnya sang ayah Doha dan ia ingat perasaan bersalah di masa lalu sang kakek meninggal karena dia, demikian juga kedua orang tuanya.

Akumulasi rasa bersalah ini membuat pak Hong berniat bunuh diri di jembatan sungai Han, nyaris saat hendak melompat masuk sebuah SMA dari Bu Gamri, seorang nenek di desa Gongjin tetangga yang merawat pak Hong semenjak di tinggal sang kakek.

Pesan singkat yang banyak Typonya tersebut menyelamatkan nyawa pa Hong, ia kembali bersama bu Gamri ke desa Gongjin dengan wajah tanpa ekspresi penuh penyesalan dan rasa bersalah.

Pak Hong Mulai Bangkit dan Tersenyum Kembali

Di desa Gongjin nan asri, warganya sangat peduli dengan pak hong, setiap hari di awal-awal selalu mengetuk pintu rumahnya sekedar memastikan pak Hong dalam kondisi baik-baik saja.

Mereka saling interaksi seperti biasa tanpa menanyakan apa yang terjadi di seoul dan mengapa pak Hong se-depresi itu.

Pelan-pelang pak Hong mulai bangkit, membantu hal-hal sederhana seperti memperbaiki kran, menjaga toko, jadi agen properti, pertugas lelang di TPI, membuat sabun dan lilin, serta menjadi barista dan pekerja paruh waktu.

Hal yang menarik dari beragam pekerjaan yang dilakoni, pak Hong punya sertifikasi resmi jadi bisa dibilang ia profesional dalam bidangnya bahkan untuk hal konseling remaja level tiga dan kerajinan Origami.

Irisan Takdir Pak Hong dan Bu Hye Jin

Sepanjang 16 episode, sebenarnya antara pak Hong dan bu Hye Jin bukan kali pertama berjumpa saat sepatunya tenggelam, setidaknya ada tiga peristiwa yang mempertemukan keduanya, meminjam istilah Seon A, dunia memang sempit.

Pertama, saat keduanya masih anak-anak, Hye Jin diajak berwisata ke pantai Gonjin oleh ayah dan ibunya, saat hendak foto, mereka meminta tolong seorang kakek dengan cucu laki-lakinya, hye jin yang murung dibuat tersenyum oleh anak laki-laki tersebut dengan tingkah yang kocak, cekrek...fotonya bagus dengan senyum tersemat di wajah Hye Jin, anak itu adalah Hong Du Shik kecil.

Saat remaja, hye jin datang ke panti Gong Jin seorang diri hendak berjumpa dengan kekasihnya siapa sangka ia malah diputuskan, dalam kekesalan ia haus dan beli susu di toko indomaret, uangnya kurang lalu dari belakang datang seorang pelajar yang menamhkan uang recehan untuk susu Hye Jin, tebak siapa anak SMA itu? yuk Hong Du Sik remaja.

Terakhir ketika pak Hong hendak bunuh diri di jembatan sungai Han, ia yang mengurungkan niat karena SMA bu Gamri menagis sendu meringkuk di samping pagar, Hye Jin yang dalam perjalanan berkendara mobil melihat hal tersebut, khawatir ia menelpon Polisi dan menunggu memastikan sang pemuda selamat setelah dijemput oleh petugas.

So semua sudah ditakdirkan, keduanya punya hubungan yang spesial sejak masih kecil, remaja higgga dewasa, bagi pak Hong kehadiran Hye Jin jadi penawar, orang yang mau menemani dan mendampingi saat ia sedang dalam masalah bukan menyalahkan atau meninggalkan.

Bu dokter Hye Jin melamar pak Hong pak hong menerimanya, mereka sepakat untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan.

Polisi desa Gongjin yaitu Choi Eun-Cheol pacar Pyo Mi-Seon juga akan menikah dan membangun rumah pinggir pantai.

Kabar baik dari hubungan produser Ji Seong-Hyeon dan penulis Wang Ji-Won mereka akhirnya menjalani hubungan asmara.

Oh Chun-Jae ayah Oh Ju-Ri mendapat undangan dari stasiun tv JKBC untuk datang sebagai legenda industri musik korea di acara Sugar People.

Ayah Kim Do Ha bisa berjalan kembali, semua warga desa Gongjin bahagia.


Bu Gamri Pergi

Sayang sekali, hati penonton yang mulai optimis dengan ending yang naga-naganya bakal happy kembali dikejutkan dengan kepergian bu Gamri untuk selamanya dalam tidurnya yang nyenyak, pukulan berat bagi pak Hong.

Bu Gamri selama ini menggantikan sosok orang tua dan kakeknya, penyelamat saat hendak mengakhiri hidupnya dan percaya bahwa Hong Du Sik berhak bahagia tanpa harus terbebani masa lalunya.


Sosok anak bu Gamri yang selama ini misterius akhirya dimunculkan saat upacara pemakaman, namanya Won-seok akuntan sukses di seoul yang anaknya kuliah di luar negeri, penyesalan mendalam dari sang anak karena tak menemani ibunya hingga akhir hayat.

3 Misteri Desa Gongjin

Satu persatu misteri desa Gingjin mulai terkuak, pertama masa lalu pak Hong selama 5 tahun di Seoul sudah terjawab di atas.

Kedua, sebab perceraian kepala desa Chang Yeong-Guk dengan Yeo Hwa-Jeong karena sang kepala desa yang sering menyelekan hal-hal kecil, berulang kali hingga membuat kesabaran sang istri sampai pada puncaknya, syukurlah kedunya banjir air mata, sang putra i-jun banjir air mata, dibalik sikap manis dan penurutnya sang anak selama ini memendam rasa agar ayah ibunya kembali bersatu.

Ketiga, pemenang Lotre dengan hadiah Milyaran Won di desa Gongjin adalah pak Polisi desa Gongjin yaitu Choi Eun-Cheol pacar Pyo Mi-Seon.

Dugaan penonton bahwa bu guru Yu Cho-Hui suka dengan bu Yeo Hwa-Jeong benar adanya, namun ia sadar bahwa hal demikian tidaklah baik, setelah menjelaskan semuanya di episode 15 ia memutuskan mengakhiri perasaannya dengan simbolik mencabut gigi ginsulnya, walau sakit tetap harus dicabut demi kebaikan.

Itu tadi sobat Campusnesia, Penjelasan Ending Drama Korea Hometown Cha-cha-cha 2021 secara keseluruhan Homcha dalah drama korea ringan dengan pesan mendalam, kombinasi plot cerita dari yang ringan hingga isu kesehatan mental sangat relate dengan kehidupan banyak penontonya,

Kim Seon Ho berhasil memerankan karakter Hong Du SIik dengan maksimal demikian juga dengan Shin Min Ah yang berhasil mencerminkan karakter tegas Yoon Hye Jin yang sebenarnya perhatian dan uwu nya kelewatan.

Terima kasih untuk TvN dan Netflix yang sudah menghadirkan drama Homcha, makasih juga untuk  Yoo Je-Won selaku sutradara dan penulis naskah Shin Ha-Eun.

Jika sobat sudah menonton versi film layar lebarnya yang berjudul Mr. Hong yang rilirs tahun 2004, tetap harus nonton versi adaptasi drama 16 episode ini karena eksekusi pendalaman cerita dan karakternya lebih ciamik.

Ost Drama Korea Hometown Cha-cha-cha 
Magic Sunday aka Romantic Sunday 
by Car the garden




Bagi yang mau nonton Online, link streaming dan download  Drama Korea Hometown Cha-cha-cha 2021 episode 1-16 sub indo secara legal bisa klik di sini.

Ending Explained Drama Korea Hometown Cha-cha-cha 2021

Penulis: Nandar 


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »