Nonton Drakor Terus, Emang Dapat Duit?

 



Campusnesia.co.id - Nonton Drakor terus? emang dapat duit? sebuah pertanyaan, sekaligus celetukan dan sebenarnya ada unsur nyinyir dan meremehkan yang pernah saya dapat. Sebelum versi panjang lebar, jawaban singkat saya Dapet!.

Saya sebenarnya gak cuman suka drama korea, jauh sebelum kenal dan ngikuti drakor saya adalah penikmat film, sejak SD kali ya, serial kartun dan super hero hari minggu, agak siang biasanya ada film kungfu, boboho atau vampir, malam harinya ada layar emas RCTI.

Saat SMA suka ngikuti film-film yang ditayangkan Bioskop Trans tv dan Big Movies Global Tv, Indosiar dengan film-film indianya serta SCTV yang banyak menayangkan film asli indonesia.


Saat kuliah di asrama ada agenda nonton film bersama dari VCD Rental di akhir pekan, selepas menonton kemudian berdiskusi tentang plot cerita dan isu yang diangkat, tapi ya kadang nonton-nonton saja.

Setelah kerja dan menghasilkan uang, setiap bulan menyempatkan diri nonton di bioskop jika ada film yang di rasa menarik atau diperankan aktor favorit, kadang ngajak teman tapi tidak jarang datang sendirian kayak orang ilang.

Itulah perjalan saya dan kaitanya sebagai penikmat hiburan audio visual baik yang serial atau format bioskop layar lebar, jadi gak ujug-ujug.

Kembali ke judul di atas, tentu saja nonton drama korea tujuanya untuk hiburan dan melepas penat selepas aktifitas dan kerja, so tidak menganggu produktifitas dan profesionalitas dalam pekerjaan.

Sampai di sini sebenarnya sudah tidak ada masalah, toh tujuannya bukan bermalas-malasan dan mengganggu pekerjaan utama, tapi ya memang selain hiburan dan inspirasi gak dapat materi justru harus mengeluarkan biaya untuk berlangganan aplikasi streaming semacam Netflix, Viu, Vidio, Mola, iQiyi dll.

Nonton Drakor terus? emang dapat duit? Dapet! 

Untuk sobat yang merasa nonton drakor untuk hiburan dan melepas penat bakal buang waktu sia-sia dan ingin dapat uang jawabanya bisa.

Buka dengan download aplikasi abal-abal yang kalau nonton iklan atau ngajak teman bisa dapat "uang" ya, karena itu cuma MLM berkedok aplikasi streaming aja, lagi pula uang itu ya dari member baru yang gabung, setelah gak ada anggota baru lagi maka scam dan zonk gak dapat apa-apa.


Caranya, jadilah penulis review, setelah nonton sobat bisa menulis review drakor tersebut, berdasar pengalaman ada tiga alternatif, pertama review berdasar alur jadi ya semacam spoiler jalannya cerita dan bisa ditambahi opini pribadimu tentang kualitas akting dan plot ceritanya.

Kedua, bisa membuat artikel dengan sudut pandang isu yang diangkat dan menghubungkan dengan realita, contoh misal saat tayang drama Sisyphus the Mith saya membuat artikel tentang teknologi Teleportasi yang digambarkan dan perkembangannya dalam dunia nyata.

Ketiga, mengulik inspirasi yang bisa dipetik dari drakor yang sedang tayang, misal saat on going drakor Start Up saya membuat artikel tentang Inspirasi Bisnis dari Drama Start Up.

Tulisan tersebut bisa sobat publish di channel youtube dan Blog pribadi, kirim ke media online, buat thread di twitter, note di facebook atau micro blog di Instagram.

Dari mana uangnya?
Untuk youtube dan Blog bisa dimonetise dengan memasang google Adsense, untuk media online biasanya ada honorarium untuk artikel yang dimuat, versi media cetak bisa kisaran 250.000 per artikel versi UGC media seperti Mojok.co atau Idntime kisaran 20.000 per artikel.

Twitter, Instagram dan Facebook memang tidak serta merta bisa dimonetise, seiring berjalannya waktu bila dapat engagement yang tinggi akan mendongkrak pertumbuhan followers, selanjutnya bisa menerima Paid Promote atau endorsment.

Kamu sudah dapat uang mas?
Alhamdulillah sudah :) review dan artikel terkait drama korea, film dan series yang saya tulis dan upload di Campusnesia.co.id mendapat revenue dari iklan banner dan google adsense yang kami pasang, mayan lah UMP Jakarta dengan effort kerja ala kadarnya sembari dapat hiburannya.

Sebagai penutup, sebanarnya gak semua orang yang nonton drama korea harus ada duitnya, artikel ini untuk orang-orang yang nyiyir saja dengan cara orang mendapatkan hiburan, melepas penat dan mencari kebahagiaan saja.

Buat sobat penikmat drama korea, nonto mah nonton saja, dapat refreshingnya saja sudah bagus menurut saya, yang penting tidak menganggu kegiatan belajar, kuliah atau kerja, bijaklah dalam menonton.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa.


Penulis: Nandar



===
Baca Juga:



Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »