Kenal Lebih Dekat dengan Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto, Generasi Penerus Pasangan Bulu Tangkis Ganda Putra Indonesia

 



Campusnesia.co.id - Indonesia melangkah ke babak final piala Thomas 2021 setelah membekuk tim Denmark dengan score 3-1 sabtu malam 16 oktober 2021 kemarin.

Salah satu penampilan yang menyita perhatian berasal dari pasangan ganda putra generasi baru Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Laga melawan ganda putra Denmark, Mathias Christiansen dan Frederik Sogaard.yang berlangsung  berlangsung di Lapangan 1 Ceres Arena, Aarhus, Denmark.


Hasilnya, Fajar dan Rian berhasil mengalahkan pasangan Mathias dan Frederik lewat straight game atau dua gim langsung dengan skor 21-14 dan 21-14  dalam durasi 38 menit.

Sambil menunggu laga Final tim Indonesia vs China minggu malam nanti jam 18.30 wib, yuk kita kenal lebih dekat pasangan ganda putra indonesia yang digadang-gadang bakal jadi penerus kesuksesan Hendra-Ahsan dan Kevin-Marcus.




A. Profile Fajar Alfian
Fajar Alfian lahir 7 Maret 1995 adalah pemain bulu tangkis putra Indonesia spesialis ganda putra. Ia berasal dari PB SGS PLN, Bandung, yang kemudian masuk ke pusat pelatihan nasional PBSI sejak 2014. 

Fajar merupakan peraih medali perak ganda putra Asian Games 2018 bersama pasangannya, Muhammad Rian Ardianto. Fajar memiliki seorang saudara perempuan yang bernama Susan Octarina dan seorang saudara laki-laki. 

Fajar Alfian pertama kali suka bulu tangkis saat duduk di bangku SD karena ayah dan kakaknya yang sering bermain olahraga tersebut. Lalu, orang tuanya memasukkan Fajar ke klub bulu tangkis di kampung halamannya. 


Seiring berjalannya waktu, Fajar pindah-pindah klub mulai dari Tangerang hingga Tasikmalaya. Dia juga pernah masuk klub SGS PLN Bandung selama dua tahun. Kemudian di tahun 2014, ia bergabung dengan Pelatnas PBSI Cipayung.

Bergabung di Timnas, Fajar diminta pelatihnya memilih antara ganda campuran atau ganda putra. Dia pun memilih ganda putra dan dipasangkan dengan Muhammad Rian Ardianto.

Walaupun Fajar baru bergabung, tapi prestasinya di dunia bulu tangkis sudah tidak diragukan lagi. Di tahun 2014, ia dan Rian Ardianto menjuarai turnamen Indonesia International Challange. Setelah, itu berbagai prestasi pun diraih oleh Fajar Alfian/Rian Ardianto hingga saat ini.

Prestasi Fajar Alfian
Baru-baru ini, Fajar/Rian Ardianto telah berkompetisi di Piala Thomas 2020. Namun, mereka harus menerima kekalahan dari lawannya, Lee Yang dan Wang Chi Lin yang merupakan pemegang medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Pelatih kepala ganda putra Tim Bulu Tangkis Indonesia yakni Herry Iman Pierngadi mengungkapkan alasan memainkan Fajar Alfian/Rian Ardianto untuk melawan tim Taiwan di Thomas Cup 2020. Menurutnya, pasangan tersebut yang paling siap dalam melawan tim Taiwan.

Tak hanya itu, mereka juga tidak pernah kalah dalam tiga pertemuan di tahun 2019 di Hong Kong Open, Korea Open dan Swiss Open. Berikut deretan prestasi Fajar Alfian sebagai atlet bulu tangkis:

- Medali Perak Kejuaraan Dunia Junior 2013

- Juara Indonesia Open International Challlenge 2014

- Juara Austria Open International Challenge 2015

- Juara Taiwan Open Grand Prix 2016

- Medali Emas SEA Games 2017

- Medali Perak Asian Games 2018

- Medali Perunggu Piala Thomas 2018 (tim)

- Medali perunggu di BWF World Championship 2019 bersama Rian Ardianto

Biodata Fajar Alfian
Nama Lengkap: Fajar Alfian
Nama Panggilan: Fajar
Tempat Tanggal Lahir: Bandung, 7 Maret 1995
Umur: 26 tahun
Agama: Islam
Profesi: Atlet Bulu Tangkis, Pebisnis
Pendidikan: Universitas Bale Bandung
Akun Instagram: @fajaralfian95
Akun TikTok: @fajaralfian95
Akun YouTube: –


B. Muhammad Rian Ardianto
Atlet Bernama lengkap Muhammad Rian Ardianto ini lahir tanggal 13 Februari 1996 di Bantul, Yogyakarta sehingga saat ini ia baru berumur 25 tahun. 

Ayahandanya yang telah tiada bernama Sarbini sedangkan ibunya adalah Umi Marwati. Agama Rian Ardianto adalah Islam.

Diketahui, ia merupakan putra bungsu dari dua bersaudara di mana selisih umur antara Rian dan saudaranya terpaut 12 tahun. 


Tumbuh di keluarga sederhana di Bopongan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, sejak usia 7 tahun Rian sudah menyukai olahraga bulu tangkis.

Kegemarannya tersebut tak lepas dari dukungan sang ayah yang juga mempunyai hobi sama. Tak hanya bulu tangkis saja, Rian Ardianto juga suka bermain bermain tenis meja dan sepak bola. Namun, ia memilih fokus badminton dan sukses seperti saat ini.

Karier dan Prestasi Rian Ardianto
Mengenal dunia bulutangkis sejak belia, Muhammad Rian Ardianto mengawali karier profesionalnya sejak bergabung dengan Jaya Raya Jakarta hingga bermain di kejuaraan nasional. 

Dia sukses mengoleksi 2 medali perak dari kemenangannya di kejuaraan junior Alor Setar 2014. Masih di tahun yang sama, Rian Ardianto sukses menyabet 1 medali perunggi dari turnamen Taipei 2014 melalui ganda campuran.


Berkat skill yang mumpuni, pada tahun 2014 juga, Rian Ardianto bergabung di Pelatnas Cipayung dan satu kamar dengan Kevin Sanjaya. Sejak saat itulah, Rian mulai diduetkan dengan Fajar Alfian sampai saat ini.

Sederet prestasi yang pernah diraih Rian Ardianto saat berpasangan dengan Fajar Alfian antara lain medali perunggu di Piala Thomas 2018, 2 medali perak di ajang Asian Games Jakarta Palembang 2018, medali perunggu di ajang Asean Games Kuala Lumpur 2017 dan masih banyak lagi.

Biodata Rian Ardianto
Nama Lengkap: Muhammad Rian Ardianto
Nama Panggung: Rian Ardianto
Tempat, Tanggal Lahir: Bantul, Yogyakarta, 13 Februari 1996
Agama: Islam
Profesi: Atlet Bulu Tangkis dan Pengusaha
Akun Instagram: @rianardianto
Akun Twitter: @Ardiato_Rian
Akun TikTok: –
Akun YouTube: Rian Ardianto




Sumber:
hits.zigi.id
wikipedia.org
gettyimages.com

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »