Daftar Kejuaraan Bulu Tangkis Nasional dan Internasional, Pecinta Badminton Wajib Tahu

 




Campusnesia.co.id - Hype bulu tangkis di indonesia tidak pernah surut sejak era 80an hingga sekarang. Jika dalam sepak bola negara seperti Portugal, Prancis atau Italia dalam badminton Indonesia adalah negara yang ditakuti dunia.

Nama-nama legenda juara dunia bulu tangkis banyak datang dari Indonesia, sebut saja Rudy Hartono, Liem Swie King, Christian Hadinata, Icuk Sugiarto, Alan Budikusuma, Susi Susanti, Taufik Hidayat, Ricky Subagia, Rexy Mainaky dan Markis Kido yang berhasil menyumbangkan medali emas di kasta tertinggi olahraga olimpiade.


Generasi baru juga bermunculan sebagai penerus, diantaranya Tantowi Ahmad, Liliyana Natsir, Greysia Polii Apriyani Rahayu yang baru saja menyumbang emas untuk indonesia di ganda putri Olimpiade Tokyo 2021 kemarin. Pasangan Ahsan dan Hendra, Kevin dan Marcus dengan nama Minions, Anthony Sinisuka Ginting, Jonathan Christy, dll.

Untuk sampai pada posisi di atas, banyak turnamen yang dilalui para pemain untuk mengumpulkan poin dan rangkin nasional serta dunia masing-masing pemain.

Apa saja turnamen yang ada dalam dunia kompetisi Bulu Tangkis? kali ini akan bahas satu persatu agar makin tahu dan cinta dengan olahraga yang Indonesia banget yaitu Bulu Tangkis.


A. Kejuaraan BWF
Kejuaraan BWF adalah kejuaraan yang paling resmi karena diadakan secara langsung oleh BWF. Kejuaraan ini merupakan kejuaraan dengan tingkat tertinggi dari seluruh kejuaraan bulu tangkis meliputi:

1. Kejuaraan Dunia

2. Kejuaraan Dunia Junior

3. Piala Thomas (beregu putra)

4. Piala Uber (beregu putri)

5. Piala Sudirman (beregu campuran)

6. Bulu tangkis pada Olimpiade


B. Kejuaraan Individu
Selain adanya kejuaraan yang langsung diadakan BWF, ada juga turnamen yang digelar oleh negara-negara anggota BWF. 

BWF telah membagi kejuaraan bulu tangkis dalam beberapa tingkatan. Di setiap tingkatan terdapat beberapa perbedaan, seperti jumlah nilai (point) dan hadiah uang tunai yang diterima oleh pemenang. Tingkatan tersebut adalah:

1. BWF Event

2. Premier of Premier

3. Super Series Premier

4. Super Series

5. Grand Prix Gold

6. Grand Prix

7. International Challenge

8. International Series

9. Future Series

C. Kejuaraan Super Series
Ada 13 kejuaraan bulu tangkis di dunia yang telah berformat Super Series. Kejuaraan Super Series ini diselenggarakan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia.




D. Kejuaraan Grand Prix Emas dan Grand Prix
Federasi Bulu Tangkis Dunia sudah menetapkan beberapa kejuaraan masuk ke dalam format Kejuaraan Grand Prix Emas dan lainnya masuk ke format Grand Prix.

Grand Prix Emas


Grand Prix


E. Kejuaraan Dalam Benua
Kejuaraan ini sebenarnya bukan bagian dari kejuaraan yang digelar BWF, melainkan kejuaraan yang digelar oleh masing-masing badan benua. 

Semisal, kejuaraan Eropa digelar oleh Badan Bulu Tangkis Eropa, atau kejuaraan Asia digelar oleh Badan Bulu Tangkis Asia. Namun, kejuaraan Eropa dan kejuaraan Asia hingga saat ini masih direkrut Kejuaraan Grand Prix Emas.

1. Afrika: KBA – Kejuaraan Benua Afrika
2. Asia: KBBA – Kejuaraan Benua Asia
3. Eropa: BBE – Kejuaraan Benua Eropa
4. Oseania: BBO – Kejuaraan Benua Oseania
5. Amerika: BBPA – Kejuaraan Benua Amerika


F. Bulu tangkis pada multi-event dunia

1. Seluruh Dunia: Bulu tangkis pada Olimpiade
2. Asia: Bulu tangkis pada Asian Games
3. Amerika: Bulu tangkis pada Pan America Games
4. Afrika:Bulu tangkis pada All-Africa Games
5. Commonwealth: Bulu tangkis pada Commonwealth Games
5. Asia Tenggara: Bulu tangkis pada Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara


G. Kejuaraan lainnya


Daftar kompetisi bulu tangkis di Indonesia

Selain kompetisi level internasional, di tingkat nasional juga banyak ajang badminton untuk mengasah talenta atlet kita, apa saja? ini daftarnya.

A. Bulu tangkis pada Pekan Olahraga Nasional 
Pekan Olahraga Nasional yang diadakan setiap empat tahun sekali memiliki cabang olahraga bulu tangkis. Bulu tangkis pada PON ini merupakan level tertinggi dari kejuaraan yang ada di Indonesia.


B. Kejuaraan Nasional PBSI
Kejuaraan Nasional (Kejurnas) merupakan kejuaraan yang satu tempat di bawah level PON. Nomor perseorangan dewasa dilaksanakan setiap dua tahun sekali, sedangkan nomor perseorangan taruna setiap satu tahun sekali. Selain itu, ada nomor beregu campuran yang diadakan setiap satu tahun sekali pula.

C. Superliga
Superliga Badminton Indonesia (SBI) adalah sebuah kejuaraan beregu dengan format yang menyerupai Piala Thomas dan Piala Uber. Superliga Badminton Indonesia dimulai pada tahun 2007, meskipun sebenarnya telah diajukan sejak tahun 2003.

D. Kejuaraan Sirkuit Nasional
Sirkuit Nasional (Sirnas) adalah kejuaraan yang dipakai sebagai tolak ukur pembinaan prestasi nasional bulu tangkis dengan memakai sistem poin. 

Dalam satu tahun, PB PBSI memberikan tahapan kejuaraan sirkuit nasional dengan adanya lima sirkuit nasional dalam satu tahun. Sedangkan yang menjadi juara dengan poin tertinggi, diprioritaskan menjadi atlet pelatnas.

E. Kejuaraan multidaerah dan Kejuaraan daerah
Kejuaraan ini merupakan kejuaraan bulu tangkis yang diprioritaskan oleh masing-masing provinsi. Kejuaraan ini juga dikenal dengan nama Piala Gubernur. Pihak penyelenggara adalah PBSI di provinsi masing-masing.


F. Indonesia Terbuka atau Indonesia Open
Kejuaraan Indonesia Terbuka adalah sebuah kejuaraan bulu tangkis terkenal berbintang enam yang diselenggarakan di Indonesia sejak tahun 1982. 

Kejuaraan ini telah berganti nama menjadi Indonesia Super Series setelah bergabung dengan beberapa kejuaraan lainnya dalam kategori Super Series hingga 2017. 

Mulai 2018 hingga sekarang, sudah berubah nama menjadi Tur Dunia (World Tour) Indonesia Super 1000 karena menyesuaikan nama turnamen Tur Dunia BWF.




Itu tadi sobat Campusnesia, daftar kejuaraan bulu tangkis nasional dan internasional, pecinta badminton jadi bisa ngikuti jadwalnya apalagi sekarang bisa menyaksikan berbagai pertandingan lewat aplikasi streaming, tapi pastikan yang legal ya.

Semoga bermanfaat sampai jumpa.



Sumber:
wikipedia.org
kompaspedia.kompas.id


===
Baca Juga:




Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »