Daftar 35 Istilah dalam Olahraga Sepak Bola

 



Campusnesia.co.id - Sepak Bola adalah olahraga yang sangat digemari sebagian besar masyarakat Indonesia dan Dunia. Dari yang profesional hingga pelosok desa berbekal bola plastik dan gawang dari sendal, tak perlu lapangan dengan rumput hijau cukup tanah lapang sepetak kegembiraan memperebutkan bola sepak membuat bahagia dan tertawa tebahak-bahak.

Menurut sejarah, Sejarah olahraga sepak bola (permainan menendang bola) dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Tiongkok.

Pada masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. 

Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.

Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dengan menetapkan peraturan-peraturan dasar dan menjadi sangat digemari oleh banyak kalangan.

Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365.

Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola. Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah.

Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer).

Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia.

Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara. olahraga ini juga digemari terutama mulai abad ke-16.


Agar semakin paham tentang perainan sepak bola, berikut kami hadirkan Daftar Istilah dalam Olahraga Sepak Bola, semoga bermanfaat.

1. Kick off 
Kick off digunakan untuk menandakan dimulainya suatu pertandingan sepak bola.

2. Free Kick 
Artinya tendangan bebas. Free kick adalah tendangan di luar kotak penalti yang diberikan wasit karena salah satu pemainnya dilanggar oleh lawan.

3. Penalty Kick
Penalty kick atau tendangan penalti merupakan tendangan yang diambil dari titik pad di dalam kotak gawang jika terjadi pelanggaran.

4. Corner kick
Corner kick atau tendangan sudut ketika bola keluar lapangan melalui garis di samping kanan kiri gawang. Tendangan ini dilakukan di sudut-sudut lapangan.

5. Injury Time
Wasit memberikan injury time di setiap penghujung babak sebagai pengganti waktu yang terbuang jika terjadi pelanggaran atau bola keluar lapangan. Istilah injury time berarti tambahan waktu di penghujung babak.

6. Half Time
Istilah ini sering digunakan untuk menandakan adanya jeda sebelum memasuki babak kedua.

Biasanya half time berlangsung selama 15 menit dan dimanfaatkan untuk istirahat bagi para pemain.

7. Foul
Istilah ini berarti pelanggaran. Foul biasanya akan dinyatakan terjadi oleh wasit ketika seorang pemain menjatuhkan lawannya atau bola mengenai tangan.

Jika bola mengenai tangan maka istilah foul khusus untuk menyebutnya adalah handsball.

8. Throw In
Thrown in merupakan upaya salah satu pemain untuk melempar bola kembali ke dalam lapangan.

Hal tersebut dilakukan ketika bola melewati garis samping lapangan, sehingga untuk melanjutkan permainan harus dilakukan lemparan ke dalam.

8. Substitution
Substitution atau disebut juga dengan pergantian pemain. Dalam pertandingan resmi, jumlah pergantian pemain biasanya dibatasi hingga 3 kali untuk masing-masing tim.

9. Handball
Pelanggaran yang dilakukan oleh pemain (selain kiper) karena menyentuh bola dengan tangan.

10. Hattrick
Pemain yang berhasil mencetak tiga gol dalam satu pertandingan.

11. Header
Menggunakan kepala untuk mengoper, mengontrol bola, atau mencetak gol.

12.Kartu Kuning 
Sebagai tanda peringatan atas pelanggaran kecil.

13. Kartu Merah 
Diberikan kepada seorang pemain ketika pemain tersebut telah melakukan pelanggaran serius atau telah mendapatkan dua kartu kuning dalam satu permainan. Kartu merah yang diangkat oleh wasit sebagai tanda bahwa seorang pemain akan dikeluarkan dari lapangan. Pemain yang dikeluarkan tidak dapat diganti.

14. Kickoff
Kickoff dilakukan dari titik tengah pada awal permainan di awal setiap babak dan setelah gol tercipta.

15. Kiper 
Pemain khusus yang merupakan garis pertahanan terakhir, yang diizinkan untuk mengontrol bola dengan tangannya saat berada di area gawang.

16. Nearpost 
Tiang gawang terdekat dengan bola.

17. Offside Trap 
Sebuah teknik yang digunakan oleh pemain bertahan untuk menempatkan pemain lawan dalam posisi offside, dengan bergerak cepat menjauh dari gawangnya sendiri agar penyerang lawan berada dalam posisi offside.

18. Offside 
Seorang pemain berada dalam posisi offside jika dia lebih dekat ke garis gawang lawannya daripada bola dan lawan kedua dari terakhir. Ini tidak berlaku jika para pemain berada di setengah lapangan di sisi gawang mereka. Tendangan bebas tidak langsung diberikan kepada tim lawan di tempat terjadinya offside.

19. One-Touch Pass 
Sebuah operan di mana bola dimainkan dengan sentuhan pertama pemain.

20. Out
Istilah yang digunakan ketika bola keluar dari garis batas lapangan

21. Pitch: Lapangan sepak bola.

22. Shot/Tembakan
Tendangan, sundulan, atau defleksi bola yang dimaksudkan ke arah gawang oleh pemain yang mencoba mencetak gol.

23. Sliding Tackle
Tekel di mana pemain bertahan meluncur di sepanjang permukaan lapangan permainan sebelum melakukan kontak satu kaki dengan bola.

24. Striker
Seorang pemain penyerang yang tugasnya adalah untuk menyelesaikan skema serangan dengan mencetak gol.

25. Tackle
Istilah untuk mengambil bola dari lawan menggunakan kaki.

26. Tendangan Bebas Langsung
Tendangan bebas di mana pemain yang melakukan tendangan bebas dapat langsung mencetak gol.

27. Tendangan Bebas Tidak Langsung
Tendangan bebas di mana pemain yang melakukan tendangan bebas tidak dapat mencetak gol secara langsung.

28. Tendangan Bebas
Tendangan yang diberikan kepada pemain lawan ketika seorang pemain melakukan pelanggaran. Tendangan bebas dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.

29. Through Pass
Sebuah operan yang melewati pemain bertahan ke ruang kosong untuk memungkinkan rekan setimnya berlari ke bola.


30. Titik Penalti
Tempat yang ditandai dengan titik putih, yang jaraknya sekitar 12 yard dari garis gawang dari mana tendangan penalti dilakukan.

31. Wasit
Terdapat 4 petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu wasit, 2 hakim garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan serta wasit gawang yang berada di pinggir gawang.

32. Penjaga Gawang atau Kiper 
Satu hal yang paling wajib dimiliki oleh tim sepak bola adalah memiliki pemain yang berdiri di bawah mistar gawang sebagai kiper. Seorang kiper punya hak istimewa yakni boleh menangkap bola dengan tangan, sementara pemain lain tidak. Namun, hak istimewa itu hanya boleh dilakukan di kotak penalti miliknya, bukan di kotak penalti lawan.

33. Pemain Bertahan atau Bek 
Posisi pemain bertahan tepat berada di depan kiper dan di belakang pemain tengah. Pemain lini belakang ini disebut juga sebagai bek yang berasal dari bahasa Inggris, back.   

Dalam formasi 4-3-3 yang memainkan empat pemain belakang, biasanya ada dua tengah dan dua bek sayap. Bek sayap berada di sisi kanan maupun kiri, sementara dua bek tengah tepat di depan kiper.

Namun, dalam formasi 3-5-2, lini pertahananan biasanya murni diisi oleh tiga bek tengah. Tugas dari seorang bek adalah menjaga bola tidak masuk ke area pertahanan tim. 

Akan tetapi, dalam sepak bola modern saat ini, seorang bek juga bertugas mencetak gol, khususnya ketika skema tendangan pojok. Saat tendangan pojok, bek yang berpostur jangkung biasanya maju untuk berebut bola di udara dan mencetak gol melalui sundulan.


34. Pemain Tengah atau Gelandang 
Istilah pemain tengah dalam bahasa universal kerap disebut midfielder. Ada tiga jenis pemain tengah, yakni gelandan bertahan (defensive midfielder), gelandang tengah (central midfielder), dan gelandang serang (attacking midfielder).

Posisi pemain tengah bertujuan untuk mengkreasikan serangan sekaligus memotong aliran bola lawan.

35. Pemain Depan 
Penyerang Penyerang atau disebut juga striker menjadi unsur penting dalam membuat gol. Tugas striker adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya dalam kondisi apapun. Dalam formasi 4-3-3 tadi, artinya ada tiga pemain berposisi penyerang. Namun, hanya satu yang berperan sebagai striker. Sementara dua lainnya punya peran sebagai penyerang sayap. Mereka berada di sisi kanan maupun kiri lapangan.




sumber:
wikipedia.org
kids.id
merdeka.com


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »