Mengenal Si Daun Pahit Pepaya yang Kaya Manfaat



 
 
Campusnesia.co.id - Siapa yang tidak mengenal tanaman pepaya? Tanaman yang buahnya memiliki segudang manfaat walupun harganya terjangkau. Tidak hanya buahnya saja, ternyata daun dari tanaman pepaya ini memiliki banyak manfaat loh. Sebelum mengetahui apa saja manfaatnya mari mengenal tanaman ini terlebih dahulu.

Tanaman Pepaya
Bernama latin Carica Papaya. Pepaya merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Meksiko bagian Selatan dan bagian Utara dari Amerika Selatan. Tanaman ini memiliki tinggi 3-8 meter, namun saat kondisi tertentu dapat tumbuh setinggi 10 meter. Tanaman ini berbuah setiap tahun, sehingga dapat dengan mudah dijumpai. Daunnya berbentuk menyirip lima dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengahnya. 

Batang tanaman ini berbentuk bulat lurus di bagian tengahnya berongga, dan tidak berkayu. Ruas-ruas batang merupakan tempat melekatnya tangkai daun yang panjang, berbentuk bulat, dan berlubang. Daun pepaya bertulang menjari dengan warna permukaan atas hijau-tua, sedangkan warna permukaan bagian bawah hijau-muda (Suprapti, 2005).

Buahnya berbentuk bulat memanjang dengan ujung yang biasanya meruncing. Bewarna hijau gelap jika masih muda, lalu setelah masak akan bewarna hijau muda hingga kuning. 

Akar dan bijinya berkhasiat sebagai obat cacing. Getahnya sendiri digunakan untuk mengatasi kulit yang melepuh, serta daunnya digunakan sebagai bahan obat malaria dan menambah nafsu makan (Muchlisah, 2004). 

Daun pepaya menurut Trizelia (2001), memiliki kandungan aktif enzim papain. Papain merupakan suatu protese sulfihidril dari getah pepaya. Enzim papain biasanya ditemukan di batang, daun, dan buah pepaya itu sendiri. 
 
 
 
6 Manfaat Daun Pepaya: 
 
1. Melancarkan ASI
Daun pepaya diklaim mampu melancarkan ASI bagi wanita yang baru saja melahirkan jika rutin meminumnya. 
 
2. Mencegah kanker
Zat antioksidan yang terdapat pada daun pepaya berkhasiat untuk mencegah sel kanker untuk berkembang. Penyebab kanker seperti radikal bebas pun dapat dicegah oleh zat antikoksidan ini. 
 
3. Meredakan nyeri haid
Manfaat daun pepaya ternyata juga berguna untuk meredakan nyeri haid pada wanita. Hanya perlu merebus satu lembar daun pepaya dalam waktu 5 menit, lalu tambahkan garam dan asam jawa. Setelah mendidih tuang ke cangkir dan siap untuk diminum.
 
4. Menjaga kesehatan kulit
Mengonsumsi daun pepaya secara rutin dipercaya mampu membuat kulit terasa lembab dan kenyal. Kandungan vitamin A, C, dan E pada daun pepaya dapat membantu menjaga kesehatan kulit kita. 
 
5. Menjaga kesehatan pencernaan
Zat karpin yang merupakan salah satu kandungan dalam daun pepaya berkhasita melancarkan kinerja sistem pencernaan. Zat ini bekerja dengan cara membasmi mikroorganisme yang mengganggu saluran pencernaan.
 
6. Membantu daging agar cepat empuk
Daun pepaya yang mengandung enzim papain juga berkhasiat untuk mengempukkan daging supaya empuk dan tidak alot. Caranya sendiri cukup mudah, yakni dengan meremas-remas daun pepaya dan membalurkannya pada daging lalu diamkan sekitar 30 menit. Setelah dicuci bersih daging pun siap diolah. 
 
 
Daftar Pustaka:
- Muchlisah, F. 2004. Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Jakarta: Penebar Swadaya.

- Suprapti, M. 2005. Aneka Olahan Pepaya Mentah dan Mengkal. Yogyakarta: Kasinus. 

- Trizelia. 2001. Pemanfaatan Bacillus thuringiensis untuk Pengendalian Crocidolomia binotalis, Zell (Lepidotera: Pyralidae). Jurnal Argrikultura, 19(3):184-190.
 
 
Penulis: Dzulhi Kinanti 
Editor: Ika Shintya


** Artikel ini merupakan bagian dari program Magang Online Campusnesia season 2 
 
Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »