KSM Berkah Kesumo Dapatkan Pelatihan Pengolahan Jamur Tiram Putih dari Tim KKN Undip


 

Campusnesia.co.id - Banyumeneng - Sabtu-Minggu 11-12 Juni 2021 Tim pengabdian masyarakat UNDIP bagian pengolahan melakukan pemanfaatan dan peningkatan terhadap jamur tiram putih yang banyak diproduksi oleh masyarakat Desa Banyumeneng, kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. 

Kelompok Swadaya Masyarakat Berkah Kesumo merupakan kelompok swadaya masyarakat yang berfokus dan menggeluti pengolahan hasil budidaya jamur tiram putih, hanya saja tidak berjalan dikarenakan manajemen sumber daya manusia yang kurang baik. 

Kelompok ini sudah mendapatkan bantuan pelatihan dari dinas terkait mengenai proses pengemasan produk, yang dilaksanakan di kota Bandung. Pengolahan jamur tiram putih, sudah mulai dilakukan dengan membuat olahan berupa jamur krispi.  Potensi ekonomi dari usaha jamur tiram putih saat ini cukup tinggi. 

“Permintaan pasar terhadap jamur tiram putih cukup tinggi, hanya saja hasil panen dari jamur tiram putih yang dibudidayakan petani jamur tiram putih desa Banyumeneng belum mampu memenuhi permintaan pasar. Harga jual jamur tiram putih di pasaran berkisar Rp15,000.00/Kg.” Ujar Rina. Jika melihat potensi pasar, jamur tiram putih ini dapat menjadi usaha yang memiliki prospek cukup menjanjikan. 

Melihat potensi yang ada, tim pengabdian masyarakat UNDIP melakukan sosialisasi dengan KSM Berkah Kesumo untuk memberikan pelatihan mengenai pengolahan jamur tiram putih. 

Jika sampai dengan saat ini kita mengenal jamur tiram putih hanya bisa dijadikan sebagai jamur krispi, tim pengabdian masyarakat UNDIP memberikan pelatihan mengenai pengolahan jamur tiram putih menjadi berbagai olahan makanan yang diantaranya bakso jamur tiram putih, nugget jamur tiram putih, pangsit jamur tiram putih dan jamur krispi. 

“Saya selaku ketua KSM Berkah Kesumo, menyatakan sangat senang dan mengapresiasi tinggi terhadap program pengabdian yang dilakukan di desa kami, karena merupakan program inovas dan membantu kami dalam memperluas olahan jamur, apalagi dengan adanya bantuan deep fryer untuk mempermudah melakukan pengolahan jamur tiram putih khususnya jamur krispi. Saya harap program ini, bisa bermanfaat, tim pengabdian masyarakat dari undip sudah hebat sekali.”

Rina mengharapkan pengolahan jamur tiram putih diharapkan dapat terus dilakukan untuk mencapai keberjalanan KSM Berkah Kesumo. Jika memang produksi jamur tiram putih belum mencukupi bahkan belum mencapai target pasar, diperlukan strategi yang memang memiliki potensi untuk meningkatkan hasil panen jamur tiram putih nantinya. 
 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon