Inspiratif Mentor Griya Peradaban, Brelyantika Lolos Beasiswa di Empat Negara Eropa


 
 
Campusnesia.co.id - Suatu kesempatan yang sangat luar biasa dapat menimba ilmu pengetahuan di Benua Biru (Eropa). Belum lagi jika kesempatan tersebut disubsidi oleh pemerintah eropa secara langsung. Tentu bukanlah sesuatu yang mudah untuk mencapai itu semua.
 
Brelyantika Indra Jesa atau biasa dipanggil Tika ini merupakan anak bangsa kelahiran Jepara yang diberikan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa di empat negara Eropa. Selain menjadi Founder Panti Carita, ia juga tercatat sebagai salah satu mentor di Perkumpulan Griya Peradaban hingga saat ini.
 
Selain cantik, perempuan yang pernah dinobatkan sebagai Juara 1 Putri Pendidikan Jateng 2020 ini juga memiliki tekad yang bulat dalam menggapai mimpinya. Ia mengatakan bahwa segala sesuatu bergantung pada mimpi dan tujuan yang dimiliki setiap manusia.
 
“Semua berawal dari mimpi dan tujuan” kata Tika pada Kamis (29/7/2021) Ia juga mengatakan bahwa beasiswa yang telah didapatkan tidak terlepas dari proses yang telah ia lakukan selama ini. Mulai dari mengikuti seminar beasiswa, komunitas kerelawanan baik nasional maupun intenasional, hingga kursus Bahasa yang dinilai sangat perlu untuk menunjang studinya nanti.
 
Program beasiswa yang didapatkan merupakan beasiswa yang diprakarsai oleh pemerintah Eropa yang mendukung dalam bidang Pendidikan, Pelatihan, Pemuda, dan Olahraga. Program tersebut dikenal dengan nama Erasmus yang juga di dalamnya memuat program EMJMD (Erasmus Mundus Joint Master Degree).
 
EMJMD sendiri merupakan program studi yang ditawarkan oleh suatu Konsorsium universitas. Pada program tersebut, mahasiswa nantinya akan menjalani masa perkuliahan minimal pada dua Lembaga pendidikan yang menjadi bagian dari Konsorsium tersebut di beberapa negara Eropa.
 
Tika yang dalam hal ini mendapatkan program Beasiswa EMJMD, akan menempuh Pendidikan S2 nya di empat perguruan tinggi di beberapa negara Eropa, diantaranya adalah Mykolo Romero Universitetas (Lithuania), Rigas Tradana Universitate (Latvia), Universitas Catholica Ruzemberok (Slovakia), dan University of Lisbon (Portugal). 
 
Dilansir dari Kompas.com pada Selasa (27/7/2021), perempuan yang kaya akan prestasi ini berkunjung ke Kantor Bupati Jepara untuk meminta doa restu dan dukungan. Kedatangannya ke kantor bupati tersebut disambut hangat oleh Bupati Jepara, Dian Kristiandi. Bahkan,bupati yang akrab dengan panggilan Dian tersebut memberikan apresiasi kepada Tika berupa uang sejumlah Lima Juta Rupiah.
 
Perempuan yang merupakan alumni Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung ini rencananya akan mengambil jurusan yang senada dengan jurusan pada Pendidikan S-1nya, yaitu Pekerjaan Sosial dengan Anak dan Remaja.
 
Semua yang telah didapatkan Tika, bukanlah sesuatu yang mudah dan tentunya harus disertai dengan perjuangan. Selain berangkat dari mimpi dan tujuan, Tika juga mengatakan bahwa perlu adanya konsistensi dalam menggapai itu semua. Ia juga mengatakan bahwa usaha dalam kehidupan manusia itu seperti anak tangga.
 
“Kehidupan itu seperti anak tangga, untuk beranjak dari tangga pertama ke tangga ketiga, kita harus melewati tangga kedua terlebih dahulu” kata Tika.
 
Di kesempatan lain, Pendiri Perkumpulan Griya Peradaban, Bapak Ma’as Shobirin menyampaikan bahwa Brelantika merupakan salah satu mentor yang aktif dalam mengisi program kuliah alternatif. Mendapati kabar ini, beliau sangat bahagia dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi yang diraih oleh salah satu mentornya itu. 
 
“Brelyantika salah satu mentor Griya Peradaban yang sangat kontributif dan memiliki passion bagus. Saya ucapakan selamat atas capaian yang diraih, semoga ilmunya bermanfaat.”, ujarnya.


Penulis: 
Alfiana
Pegiat Griya Peradaban

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »