Daftar Warung Angkringan atau Nasi Kucing di Tembalang Semarang

 


Campusnesia.co.id - Sebelum menjamurnya kedai kopi dan cafe, Angkringan adalah tempat favorit untuk makan sekaligus nongkrong.

Umumnya buka dari sore hingga dini hari, namun seiring perkembangan dan potensi pasar ada juga yang buka dari pagi hingga sore, bahkan pagi hingga dini hari.

Untuk mahasiswa, Angkringan yang populer dengan sebutan lain sebagai warung Nasi Kucing bisa jadi alternatif pilihan menu hemat, harganya lebih terangkau bila dibandingkan dengan warteg misalnya, tapi dari sisi porsi tentu saja lebih sedikit.

Mungkin istilah yang lebih tepat, Nasi Kucing adalah pilihan terbaik untuk yang ingin mekan dengan variasi rasa dan lauk yang beragam, bukan mencari porsi banyak agar kenyang.

Menurut Wikipedia, Angkringan (berasal dari bahasa Jawa angkring yang berarti alat dan tempat jualan makanan keliling yang pikulannya berbentuk melengkung ke atas) adalah sebuah gerobak dorong untuk menjual berbagai macam makanan dan minuman di pinggir jalan di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. 

Di Solo maupun Klaten angkringan dikenal sebagai warung Hik (hidangan istimewa a la kampung) atau wedangan. Gerobag angkringan biasa ditutupi dengan kain terpal plastik dan bisa memuat sekitar 8 orang pembeli. 

Sedangkan di daerah Pati, angkringan disebut Sego Kucing "Nasi Kucing" karena porsinya yang sedikit seperti porsi makanan kucing. Berbeda dengan menu ala Angkringan dan Hik, sego kucing identik dengan menu tempe orek dan sambel teri.

Menu Angkringan
Menu yang disajikan sangat beragam, dengan bungkus mini, di dalamnya kita bisa mendapati nasi yang mungkin setengah centong nasi, lauknya dibungkus dengan plastik kecil, menu yang sering didapati seperti Rica-rica ayam, ayam lombok hijau, orak-arik telur, orak-arik pedo, sambel teri, ayam sambal bawang, sambel goreng ati, telur gulung, cumi, dll.

Toppingnya bisa pilih sendiri, ada aneka gorengan dari bakwan, tempe mendoan, tahu isi, tahu bakso, tahu bacem, tahu petis, aneka sate, sate kulit ayam, sate telur puyuh, sate ati, sate bakso dll, minuman khasnya adalah jahe, baik original maupun ditambah susu, kopi, es jeruk dan aneka minuman instan.

Sekarang adapula menu mie instan, baik rebus maupun mie instan gorena yang tidak digoreng, ada pilihan ditambang telur yang bikin makin nikmat.

Harga Angkringan
Bicara harga seperti disebutkan di atas, memang cukup terjangkau walau porsinya sedikit, di tahun 2021 ini rata-rata harga seporsi nasi kucing kisaran 2.000-2.500, untuk gorengan kisaran 1.000-1.700, sate dibandrol dengan harga 2.000-2.500, minuman variatif dari 2.500-4.000 ada baiknya sebelum makan bisa bertanya ke pedagangnya biar tenang jika isi dompet sedang lengang.

Daftar Warung Angkringan dan Nasi Kucing di sekitar Tembalang

1. Nasi Kucing Bang Jack
 
Alamat:
Samping Jembatan Sirojudin
Samping Indomaret Jatimulyo
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50275
Buka dari pagi sampai malam
 

2. Nasi Kucing XYZ
 
Alamat:
Jalan Banjarsari Raya 
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50275
Buka dari sore sampai dini hari


3. Angkringan Kedai Saidul

Alamat: 
Jl. Banjarsari No.36, Tembalang, 
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50275
Buka dari sore sampai dini hari
 

4. Angkringan Samudera

Alamat: 
Jl.  Tembalang Selatan
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50275
Buka dari sore sampai dini hari


5. Angkringan Ramai Jaya 2

Alamat: 
Jl.  Tembalang Selatan
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50275
Buka dari sore sampai dini hari


Daftar Warung Angkringan di Semarang  

1. Angkringan Kemebul
alamat: 
Barusari, Kecamatan Semarang Selatan. 

2. Angkringan Pandawa
alamat:
Jalan Gajah Raya, Kecamatan Gayamsari.

3. Angkringan Ing Teras
alamat:
Jalan Puspopanjolo Selatan No 28, 
Kecamatan Semarang Barat

4. Angkringan Mbak Terra
alamat:
Kedungmundu, Kecamatan Tembalang

5. Angkringan Blendoek
alamat:
Jalan Gajahmada No 138 Gabahan, 
Kecamatan Semarang Tengah

6. Angkringan Polke
alamat:
Jalan Pamularsih Raya No 42-44 Salamanmloyo, 
Kecamatan Semarang Barat

7. Angkringan Veteran
alamat:
Randusari, Kecamatan Semarang Selatan.

8. Angkringan Sekeco
alamat:
Bongsari, Kecamatan Semarang Barat

9. Nasi Kucing Pak Gik
alamat:
Jl. Inspeksi, Gabahan, 
Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang


Pandemi dan Dampaknya pada Angkringan dan Nasi Kucing di sekitar Tembalang
Pandemi yang sudah satu setengah tahun berlalu ini juga berdampak terhadap usaha nasi kucing di tembalang.

Bukan hanya karena berkurangnya pembeli yang mayoritas mahasiswa karena kampus diliburkan, tetapi juga pemberlakuan pembatasan aktivitas warga.

Sejak pandemi hingga awal tahun 2021, pemerintah daerah mengharuskan semua usaha buka maksimal hingga jam 22.00 wib, untuk usaha seperti warung angkringan tentu sangat berdampak karena berbeda dengan warung pada umumnya mereka baru buka dari sore sekitar habis magrib, kalau tutup jam sepuluh malam tentu saja belum dapat apa-apa, dan lagi jam-jam ramai justru di atas jam sembilan malam.

Belum lagi kebijakan razia beberapa bulan lalu, sebuah warung nasi kucing di tembalang terpaksa tutup hampir satu bulan karena disita kompornya.

Warung yang lain berkisah, dahulu sebelum pandemi buka dari sore hingga dini hari bisa dapat omset hingga 2 juta rupiah, selama pandemi bisa nutup opersional saja sudah alhamdulillah.

Semoga pandemi segera berlalu, teman-teman yang mau manikmati angkringan dan nasi kucing di tembalang silahkan mampir, jangan lupa patuhi protokol kesehatan.

===
Baca Juga:






Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »