16 Kue Lebaran yang Populer di Masyarakat Indonesia dan Wajib Ada di Hari Raya

 



Campusnesia.co.id - Tak terasa ramadhan sudah memasuki 10 hari terkahir, bagaimana puasanya sobat campusnesia? masih lancar jaya kan? semoga ya. Artinya lebaran sudah di depan mata, walau tahun ini untuk rantau tak bisa bersua dengan keluara nan jauh di sana karena kebijakan larangan mudik.

Ngomongin idul fitri, selain takbiran dan sholat ied, hal penting lainnya adalah silaturahim, ajang saling bermaafan antar keluarga, saudara, tetangga dan teman. Kurang lengkap pula jika tradisi silaturahim saat lebaran tanpa sajian jajanan keu lebaran di meja makan.

Kali ini, kami coba merangkum daftar kue lebaran yang umum dan "wajib" ada di meja makan saat lebaran, apa saja? ini daftarnya.

1. Nastar


Nastar adalah sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas. Asal katanya dari bahasa Belanda ananas dan taart. Bentuk kue ini bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan potongan kecil kismis atau cengkeh.


2. Kastengel


Kaasstengels adalah kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju. Kue ini berbentuk persegi panjang, panjangnya sekitar 3-4 cm dan lebarnya 1 cm, dan dipanggang di dalam oven hingga kuning keemasan.

3. Rengginang


Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan yang dibentuk bulat dan dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng. Dibeberpa daerah dikenal dengan Intip atau Krecek.

4. Jenang/Dodol
Dodol adalah panganan manis dari Indonesia. Proses pembuatan dodol bermutu tinggi memerlukan waktu yang lama dan membutuhkan keahlian khusus. Bahan utama membuat dodol adalah santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah, dan garam. Bahan tambahan pada dodol menentukan rasa.

5. Kacang Asin


Kacang asin adalah jenis makanan ringan yang sangat terkenal dan digemari masyarakat. . Pengolahan kacang asin mempunyai tujuan pengawetan, karena dalam proses pembuatannya ditambahkan garam disertai dengan pengeringan. Garam berfungsi sebagai zat pengawet sedang pengeringan berguna untuk mengurangi kadar air dari bahan. 

6. Egg Roll


Egg rolls adalah beragam makanan pembuka goreng yang disajikan di restoran Cina Amerika. Gulungan telur adalah roti gulung berbentuk silinder dengan gurih, daging babi cincang, dan isian lainnya di dalam kulit tepung gandum yang dibungkus tebal, yang digoreng dengan minyak panas.

7. Kerupuk Pati

Kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang pada umumnya dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti udang atau ikan yang berasal dari Indonesia.

8. Putri Salju


Kue kering bertabur gula halus ini adalah favorit semua orang, karena rasanya yang gurih dan manis. Salah satu rahasia untuk membuat putri salju yang enak adalah memilih gula halus berkualitas bagus agar tak bergumpal dan tampilannya juga cantik ketika ditaruh di stoples plastik atau kaca.

9. Pastel Kering Abon


Penyuka hidangan gurih pastinya selalu memburu kue kering satu ini. Karena selain renyah, rasanya juga enak sekali dengan isian abon. Jadi kue pastel pastinya wajib selalu ada ketika lebaran untuk mengimbangi seluruh hidangan manis lainnya.

10. Lidah Kucing


Kue lidah kucing adalah sejenis kue kering yang memiliki bentuk yang mirip seperti lidah kucing yang berasal dari Belanda. Kue lidah kucing memiliki rasa yang enak, gurih dan renyah. Kue ini masuk ke Indonesia dari Belanda seiring dengan kolonialisasi Belanda. Dalam bahasa Belanda, kue ini dinamakan "Kattentongen"

11. Semprit
Semprit terbuat dari tepung terigu, tepung maizena, bubuk custard, gula pasir dan margarin. Bahan-bahan ini diaduk jadi satu menjadi adonan. Selanjutnya adonan tersebut digulung dan dipotong kecil-kecil, yang dibakar hingga berwarna kuning keemasan. Semprit siap disantap setelah dingin mencapai suhu ruang.

12. Kue Sagu
 Kue Sagu adalah kue ini dibuat dengan membutuhkan waktu yang lebih lama karea sebelum adonan kue dibuat, maka harus membuat srundeng terlebih dahulu, yaitu ampas kelapa yang dioseng hingga berwarna merah. Srundeng ini dicampur dengan sagu, telur, gula merah, dan santan.

13. Cheese Stick / Tusuk Gigi / Cukil Untu


Stik mozzarella adalah potongan-potongan mozzarella yang dilapisi adonan encer atau tepung roti. Stik mozzarella disajikan dengan sauns tomat, kecap dan saus marinara. Stik mozzarella dengan saus raspberry adalah bagian dari hidangan regional Capital District di New York. 

14. Kue Kacang
Kue kacang tanah adalah sejenis kue kering yang berbahan dasar kacang tanah dengan berbagai varian bentuk, seperti bentuk bulat, hati, ataupun bulan sabit. 

15. Kacang Atom


Kacang atom adalah camilan renyah yang disukai banyak kalangan. Kacang berbalut tepung berbumbu nan lezat ini cocok banget untuk menemanimu bersantai di sore hari.

16. Kerupuk Iklan Bulat


Kerupuk ikan merupakan kerupuk yang tidak hanya terbuat dari tepung tapioka saja, tetapi juga dicampur dengan ikan. Ikan digunakan sebagai bahan penambah aroma dan cita rasa serta meningkatkan kandungan gizi kerupuk, terutama protein. Jumlah ikan yang ditambahkan umumnya adalah 20% dari total adonan.


Itu tadi sobat campusnesia sharing kita kali ini tentang 16 Kue Lebaran yang Populer di Masyarakat Indonesia dan Wajib Ada di Meja Makan, macam kue lebaran, kue lebaran kekinian, gambar kue lebaran, aneka kue lebaran praktis, kue lebaran nastar, kue lebaran tanpa oven, resep kue lebaran yg digoreng, resep kue lebaran terbaru.

Mana nih favaorit kalian? jangan lupa share di kolom komentar ya.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »