Traveling Ke Pati? Jangan Lupa Mampir 2 Tempat Ini

 



Campusnesia.co.id – Pandemi belum berakhir ya guys, tapi ekonomi juga harus terus bergerak. Solusinya kita harus beradaptasi, melakukan kegiatan yang seharusnya dilakukan tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan misalnya mengenakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak dan sebagai individu berusaha menjaga kesehatan dengan berolahraga, menjaga asupan gizi dan istirahat yang cukup.

Minggu 8 November 2020 yang lalu, saya berkesempatan jalan-jalan ke kudus dan pati bersama teman-teman waktu kuliah. Setelah sekian lama di rumah saja, saya sangat berterimakasih pada teman saya karena sudah ngajakin jalan-jalan untuk refresing, keseruanya akan coba saya bagi melalui artikel ini.

Kota pati memang bukan destinasi yang memiliki banyak pilihan wisata seperti Jogja atau Malang, tapi bukan berarti tidak ada yang bisa singgahi, kota yang terkenal dengan slogan Bumi Mina Tani ini setidaknya punya 2 tempat wisata kuliner yang gak boleh kamu lewatkan saat mengunjunginya, apa saja? Ini dia daftarnya.

Wisata kuliner Nasi Gandul

Jika klaten punya soto dan sop ayam pecok, pati juga punya makanan khasnya sendiri, namanya nasi gandul. Kuah santan kehitaman dengan pilihan toping beragam mulai dari daging sapi atau empal, telur bacem, babat, paru, hingga yang ekstrim lidah dan otak.

Nasi yang pera dan disajikan dengan daun pisang menambah aromanya yang sedap, jangan lupa tambahkan tempe goreng kriuk dan bergedel kentang sebagai pelengkap.

Kau bisa menemukan deretan penjual nasi gandul di pasar puri, ada yang buka dari pagi hingga malam ada juga yang hanya buka dari sore hingga terbit fajar. Banyak sekali pilihan. Kebetulan kemarin kita nyobain di warung nasi gandul Mantap bu Mira, untuk rasa yang dihadirkan harganya relatif terjangkau, nasi 7.000 dan setiap pilihan toping lauk harganya 10.000 es teh 2.000 bergedel 2.000 tempe 2.000. sangat terjangkau kata teman saya, terimakasih traktiranya he he.


Uniknya warung ini, ownernya sangat ramah tak segan ikut nimbrung ngobrol dengan pembeli, di seluruh dinding warung terpajang foto-foto bersama para tokoh yang datang untuk makan nasi gandul dari gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga artis ternama, oh ya ada juga koleksi uang lama.

Pusat oleh-oleh Kios Kelinci

Walau nama Kios Kelinci tapi di sini tidak menjual hewan peliharaan kelinci ya guys, kios ini adalah bagian dari pabrik dua kelinci salah satu produsen olahan kacang terbesar di indonesia yang ada di kota pati, tepatnya di perbatasan kudus dan pati. Enggak main-main perusahaan ini adalah official partner dari klub bola real madrid. 

Di kios ini kamu bisa beli dan bawa pulang aneka produk olahan kacang dua kelinci, dari yang harga 4.000-an hingga yang paket hemat. Selain olahan kacang sebagaimana kita tahu deferensiasinya cukup banyak dari kuaci hingga minuman.


Oh ya selain kios kelinci ada juga Waroeng Pati kayaknya juga bagian dari dua kelinci, cocok sebagai rest area istirahat sejenak jika sedang menempuh perjalan dan melawati pati, menu andalannya adalah bandeng presto yang kita tahu juga khas pati dari juwana, garang asem, soto kemiri dan olahan bandeng lain. 

Di kios pati juga dijual olahan sambel dan bandeng siap saji yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Itu tadi sobat Campusnesia, sharing ketika main dan mampir di 2 tempat wisata kuliner kota pati yang gak boleh kau lewatkan kalau lagi main atau lewat bumi mina tani. Atau ada diantara kalian yang sudah pernah mampir? Share di kolo komentar yak. Sampai jumpa. Terimakasih untuk teman saya Nunu, Runi dan suami telah mengajak jalan-jalan.

Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »