Cerita Kacang Garuda & Dua Kelinci Perusahaan Asli Pati

10:01:00 AM



Campusnesia.co.id -- Sobat, bicara kota dan icon perusahaan bisa jadi kebanggan tersendiri. Ambil contoh Kudus terkenal dengan aneka perusahaan Jenang dan Rokoknya. Gresik identik dengan semen. Pekalongan dengan Batik dan lain sebagainya.

Lha kalau Pati lur? ada, salah duanya yang terkenal adalah perusahaan Kacang. Ada dua perusahaan yang kini semakin besar dan sukses dengan aneka ragam produknya yaitu Garuda Food dan Dua Kelinci.

Penasaran dengan sejarah singkatnya lur? yuk kita simak.

Garuda Food
GarudaFood merupakan perusahaan makanan dan minuman yang resmi didirikan pada 31 Agustus 1990, dibawah naungan Tudung Group selaku perusahaan induk. Selain GarudaFood, Tudung Group juga memiliki lini bisnis agri yang beroperasi di bidang pengolahan minyak sawit (Crude Oil Palm) dan kacang.



GarudaFood Group berawal dari PT Tudung Putra Jaya (TPJ), yang didirikan di Pati – Jawa Tengah. Almarhum Darmo Putro merupakan pendiri perusahaan, Beliau adalah mantan pejuang yang memilih untuk terlibat dalam sektor bisnis setelah Indonesia Merdeka. Pada awal 1987 , TPJ mulai memasarkan produk kacang tanah dengan menggunakan merek Kacang Garing Garuda, yang kemudian dikenal sebagai : Kacang Garuda.

Produk lain yang terkenal misalnya Gery-merek biskuit. Gery Saluut, produk jeli dengan merek Okky dan Keffy dan Snack dengan merek Leo.

Dua Kelinci
Sejarah Dua Kelinci berawal dari kiprah dua tokoh yakni Hoe Sie Ak dan Lauw Bie Giok. Awalnya, Ho Sie Ak dan Lauw Bie Giok membuat pabrik kacang kemasan untuk menampung hasil panen para petani. Pada 1972, kacang kemasan itu diberi merk ‘Sari Gurih’ dengan logo gambar dua kelinci, yang ternyata bertahan dan melegenda hingga hari ini.

Sari Gurih pun berkembang pesat. Pada 1982, Sari Gurih berganti nama menjadi Dua Kelinci. Merk ini kemudian mendapatkan hak paten pada 1985 dan perusahaannya diberi nama PT Dua Kelinci.

Produk-produk Dua Kelinci diantaranya Kacang Panggang, Sukro, Mix Nut, Krip Krip, Tic Tac, Wafer Deka dll.

Yang unik dari Dua Kelinci di pabrik pusatnya ada toko yang menjual produk dan "Waroeng Pati" dengan makanan khas NAGA kepanjangan dari Nasi Gandhul. Strategi yang menarik sebagai branding mengangkat makanan-makanan khas pati sebagai daya tarik.

Nah itu tadi Lur, sedikit tentang sejarah dan profile dua perusahaan kebanggaan warga pati, Garuda Food dan Dua Kelinci yang keduanya begerak dari produk inti olahan Kacang. Produk apa saja yang pernah sedulur nikmati? share di kolom komentar ya. Sampai jumpa salam sego gandhul.

Artikel ini telah tayang di Cahpati.id dengan judul "Cerita Kacang Garuda & Dua Kelinci Perusahaan Asli Pati", https://cahpatiid.blogspot.com/2017/10/cerita-kacang-garuda-dua-kelinci.html. 
penulis: Nandar



Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »