Tetap Kreatif di Masa Pandemi !! Mahasiswa KKN UNS Melakukan Kegiatan Gerdu Sinau Bersama Anak-anak Desa Gerdu


Campusnesia.co.id -- Era pandemi Covid-19 ini, aktivitas masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia telah berubah terlebih di era new normal ini dimana masyarakat tetap beraktivitas seperti sedia kala, tetapi harus melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal yang berubah salah satunya di bidang pendidikan di mana sekolah tatap muka untuk sementara waktu ini di hentikan dan dialihkan menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tidak hanya pelajar tingkat SD, SMP, SMA namun juga Perguruan Tinggi di mana perkuliahan dilakukan dengan metode daring. 

Tridharma Perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian masyarakat. Salah satu perguruan tinggi ternama di kota Solo yaitu Universitas Sebelas Maret Surakarta melaksanakan Tridharma ketiga yaitu pengabdian masyarakat dengan mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Namun di masa pandemi ada perbedaan dalam kegiatan KKN periode Januari-Februari 2021 ini di mana yang biasanya penempatan daerah KKN ditentukan Universitas berdasarkan kebutuhan potensi daerah sasaran di masa pandemi ini di ubah pada lingkup lebih sempit menjadi daerah domisili berdasarkan tempat tinggal setiap mahasiswanya. 

Seperti yang dilakukan oleh kelompok KKN mahasiswa yang berdomisisili di Kabupaten Karanganyar tepatnya di Desa Gerdu, kecamatan Karangpandan, mahasiswa melihat dalam berjalannya pembelajaran dengan daring masih kurang efektif dan memiliki banyak kelemahan, diantaranya sulitnya jangkauan sinyal di desa-desa dan banyaknya waktu luang bagi anak-anak sehingga kebanyakan dari mereka merasa jenuh dan kurangnya pendampingan belajar. 

“Dalam kegiatan KKN ini kami membentuk sebuah kelompok belajar bagi anak-anak di beberapa dusun untuk belajar bersama dan mengembangkan kreatifitas mereka” ujar Krismoni salah seorang mahasiswa KKN, (Jumat 12/02).

Tak hanya tentang pengetahuan dasar mahasiswa tersebut mendampingi anak-anak seusia SD tentang bagaimana menjaga kesehatan, dan menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di lingkungan mereka dan tetap berkreatifitas. Oleh sebab itu mahasiswa membuat kegiatan pembelajaran yang bernama gerdu sinau.

Salah satu dari Mahasiswa Program Studi Sastra Daerah FIB UNS, Nia Agustina yang melaksanakan kegiatan KKN ini di Desa Gerdu, Kec. Karangpandan, Kab. Karanganyar, mengatakan, “Kami berfokus pada edukasi masyarakat desa untuk sadar akan pentingnya menjaga kesehatan agar terhindar dari Covid 19, dan juga mendampingi anak-anak desa agar tetap bisa belajar dan tidak jenuh serta mengurangi stess” (Minggu, 14/02).

Kegiatan KKN ini mengusung tema Pendidikan dengan judul “Pengembangan Potensi Desa dan Optimalisasi Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pemanfaatan Teknologi, Gerdu Sinau, dan Generasi Tanggap Covid”. Program yang dijalankan diantaranya ialah sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai informasi seputar Covid-19 kemudian sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya menggunakan masker saat keluar rumah melalui video edukasi, membuat rumah belajar untuk anak-anak desa, mengadakan pelatihan membuat mie untuk ibu-ibu rumah tangga, dan melestarikan lingkungan sekitar dengan penanamn pohon.

Dengan diadakannya kegiatan KKN ini diharapkan agar masyarakat Desa Gerdu untuk lebih sadar dan paham akan pentingnya menjaga kesehatan, tetap semangat menjalani kehidupan yang masih panjang ini dan melakukan pola hidup sehat ditengah pandemi Covid-19. Dan tetap bahagia.


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »