Mahasiswa KKN UNISSULA Gelar Upaya Menjaga Mental di Era New Normal


Campusnesia.co.id -- Kegiatan Kuliah Kerja Nyata adalah kegiatan wajib bagi mahasiswa yang hendak menyelesaikan perkuliahannya. KKN juga sebagai tempat menyalurkan aspirasi mahasiswa turun langsung kemasyarakat. Namun ada yang berbeda, KKN kali ini dilakukan pada tempat domisili masing-masing mahasiswa yang dilaksanakan pada 27 Februari - 20 Maret 2021.

Pada era New Normal ini masyarakat dihimbau untuk menjaga jarak dan meningkatkan kesehatan fisik dengan cara pola hidup sehat .Akan tetapi, Dalam menghadapi era new normal itu, banyak tantangan yang harus dihadapi masyarakat salah satunya adalah beradaptasi dengan kebiasaan baru. Ketika mereka tidak terbiasa dengan kondisi baru yang harus dihadapi, itu dapat menimbulkan stress karena penolakan terhadap kondisi.

Sesuai dengan program KKN Tematik Adaptasi kebiasan baru pada masa pandemi Covid-19 Unissula, mahasiswa dari kelompok 225 mensosialisasikan masyarakat RW 08 Bangetayu kulon dengan menyebarkan poster tentang “Upaya Menjaga Kesehatan Mental di Era New Nomal“. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengedukasi pentingnya kesehatan mental pada masyarakat Desa Bangetayu Kulon, Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Mahasiswa dibantu Ketua RW 08 setempat dalam proses menempelkan poster di sejumlah titik strategis agar mudah dibaca oleh masyarakat.

Proses sosialisasi oleh mahasiswa KKN tersebut dilaksanakan dengan Prokes yang sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan program KKN Tematik UNISSULA Priode XI tahun 2021, kata DPL KKN XI Unissula Kelompok 225, Dr. E. Drs.Marno Nugroho,MM.

Kesehatan mental bukan sekadar kejiwaannya normal atau tidak, tapi juga tentang kemampuan berpikir yang rasional, untuk mengekspresikan emosi yang dirasa dan berperilaku tepat dengan kondisi yang hadapi. Mahasiswa KKN UNISSULA juga melakukan edukasi kepada masyarakat melalui media sosial seperti Instagram,Youtube dan media sosial lainnya. Saat ini media sosial menjadi salah satu media yang cukup efektif dalam memberikan dan menyebarkan informasi.Tidak hanya memberikan edukasi tentang pola hidup sehat di masa pandemi, mahasiswa KKN juga diminta melakukan edukasi mengenai Pendampingan pembelajaran kepada adik-adik yang kurang memahami materi yang diberikan oleh sekolahan saat pembelajaran daring.Tampak beberapa adik-adik sangat antusias dalam menceritakan pengalaman selama pembelajaran Daring.


Penulis:

Qory Kemala Gladys

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »