Website Gratis untuk Pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah

 



Campusnesia.co.id - SEMARANG (07/02/21) – Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang biasa disebut dengan UMKM, merupakan  salah satu sektor yang berperan aktif dalam memajukan perekonomian. Untuk meningkatkan siklus perniagaan suatu negara, tidak cukup hanya dengan bergantung pada perusahaan besar tingkat global. Dukungan penuh juga perlu diberikan kepada pemilik usaha rumahan kecil yang sedang berkembang.

Universitas Diponegoro dengan program pemberdayaan masyarakatnya, konsisten memberikan arahan kepada mahasiswa agar dapat membantu masyarakat melalui pengembangan dan peningkatan usaha kecil menengah. Hal ini menjadi pondasi kuat bagi seorang mahasiswi Universitas Diponegoro bernama Siti Mayna (21) untuk melaksanakan pemberdayaan UMKM sebagai program utama Kuliah Kerja Nyata pada periode Januari hingga Februari tahun 2021 ini. 

Contoh Tampilan Halaman Utama Website


Siti yang mendapakan arahan langsung dari dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si.Med., Ph.D., menyampaikan sosialisasi kepada Pemilik UMKM di Kelurahan Tembalang, mengenai cara membuat website gratis sederhana dengan memanfaatkan fitur Google My Business. Audiens pada kegiatan ini yang mayoritasnya terdiri atas ibu-ibu, memberikan feedback positif karena kebanyakan dari mereka memang belum memiliki website untuk memperkenalkan produk UMKM miliknya dan belum mengetahui bahwa mereka bisa membuat website secara gratis, mudah, dan tanpa perlu pusing dengan menggunakan fitur Google yang user friendly ini.

Ibu Ratri yang merupakan pemilik usaha pembuatan masker kain dan sekaligus wakil dari Lembaga UMKM Kelurahan Tembalang, mengungkapkan bahwa website sederhana ini, cukup bermanfaat dan terjangkau sebagai media promosi produk tambahan yang sebelumnya hanya dilakukan melalui WhatsApp pribadi beliau. 

Selain cara pembuatan website gratis, Siti juga menyampaikan mengenai cara promosi produk UMKM melalui Autobase Twitter, setalah mendapatkan informasi ini, salah seorang dari audiens yang hadir mengatakan, “Kita langsung praktik saja cara membuat Twitternya mba, saya sudah download aplikasinya!” terdengar begitu antusias dan semangat setelah melihat contoh hasil promosi melalui Autobase Twitter yang cukup mudah untuk dilakukan dan memberikan hasil yang signifikan.

Siti berharap agar pemilik UMKM kedepannya bisa secara mandiri mengelola website milik mereka dan benar-benar berhasil meningkatkan penjualan dengan meluasnya area promosi. Semoga informasi sederhana mengenai  pembuatan website gratis dan cara promosi produk melalui Autobase Twitter makin banyak dimanfaatkan oleh pemilik usaha di luar sana, salam sehat dan semoga bermanfaat.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »