Sinopsis dan Review Drama Korea Sisyphus The Myth Episode 1-16


Campusnesia.co.id -- Sisyphus The Myth, adalah drama korea fiksi yang mengisahkan tentang perjalanan waktu seorang insinyur jenius bernama Han Tae Sool (Cho Seung Woo)  dan penyelamatnya dari masa depan yaitu Kang Seo Hae (Park Shin Hye). 

Han Tae Sool merupakan salah satu pendiri Quantum and Time Company yang berhasil menjadi perusahaan kelas dunia. Dia dikenal sebagai pembuat keajaiban dan pahlawan di Korea. Namun kenyataannya sedikit berbeda, hidupnya mengalami guncangan setelah kematian sang kakak dan kebenaran dibalik kematiannya yang tak terduga. Hingga kisah perjalanan waktunya dimulai.

Sedangkan Kang Seo Hae adalah seorang pejuang yang ahli bela diri dengan tangan kosong dan penembak jitu. Seo Hae mempelajari keterampilannya untuk bertahan hidup di dunia yang penuh dengan gangster dan kelompok militer. Setelah datang ke masa kini, ia berjuang untuk melindungi Tae Sool, seseorang yang akan menciptakan mesin waktu di masa mendatang.

Digarap oleh sutradara Jin Hyeok yang sebelumnya telah banyak menghadirkan drama populer, seperti The Legend of the Blue Sea, Doctor Stranger, The Master's Sun, City Hunter, Prosecutor Princess, dan Brilliant Legacy. Sisyphus The Myth Kapan tayang? dijadwalkan mulai tayang pada 17 Februari 2021 pukul 21.00 KST di saluran JTBC menggantikan drama Run On.

Pemeran Utama Sisyphus The Myth
- Cho Seung-woo sebagai Han Tae-sul
- Jung Hyeon-jun sebagai Han Tae-sul kecil
- Park Shin-hye sebagai Kang Seo-hae
- Seo Yi-soo sebagai Kang Seo-hae kecil

Pemeran Pembantu
- Sung Dong-il sebagai President Park
- Tae In-ho sebagai Eddie Kim
- Chae Jong-hyup sebagai Sun
- Jeon Gook-hwan
- Heo Joon-seok sebagai Han Tae-san
- Tae Won-seok sebagai Yeo Bong-sun
- Jung Ha-joon sebagai Sun-ho
- Lee Si-woo sebagai Bing-bing
- Go Yoon sebagai Jung Hyun-ki
- Cho Seok-hyun sebagai Ahn Jang-ri
- Kim Jong-tae sebagai Kang Dong-ki
- Yang Joon-mo sebagai Choi Yeon-sik

Penampilan Khusus atau Cameo
Lee Jae-won sebagai Fund manager

Poster Resmi Sisyphus The Myth


Trailer Sisyphus The Myth

(Awas Spoiler)

Review Sisyphus The Myth Episode 1
Seo Hae (park shin hye) melakukan perjalanan waktu tidak jelas latar waktunya tapi dari gaya latar dan ambiennya seperti masa depan menuju masa lalu (atau waktu saat ini?) namun terlalu agak canggih untuk tahun 2021.

Han Tae Sul (cho seung woo) adalah genius kaya yang malas ngurus perusahaan, dejavu karakterisasinya mirip Tony Stark di film Iron Man, lengkap dengan sopir yang gemuk ala Happy dan asisten yang mengurus semua perusahaannya.

Masih belum jelas arah drama yang mengusung time travel ini, dari episode 1 bisa disimpulkan beberapa hal, Tae Sul merasa bersalah dan merasa sang kakak terus bersamanya padahal sudah meninggal.

Hingga saat kejadian kecelakaan yang ia tumpangi ditemukan fakta, bahwa benda asing yang menabrak pesawat dan mesin jet bukanlah burung melainkan dari rekaman video di ruang kokpit adalah sebuah Koper dan manusia yang samar-samar mirip wajah sang kakak Tae Sul yaitu Tae San.

Park Shin Hye sendiri sepertinya dikirim dari masa depan dengan sebuah misi yang belum jelas, menjelang akhir episode 1 ia menelpon call center perusahaan Quantum Time dengan maksud memperngatkan Tae Sul agar tak membuka Koper yang menabrak pesawatnya.

Ia juga memperingatkan Tae Sul bahwa banyak orang sedang mengawasi dan mengancam nyawanya, sekelompok orang ini disebut sebagai Biro Kontrol mungkin semacam Agen layaknya dalam film Man In Black kali ya.

Mereka bertugas memburu para exodus dari masa depan yang datang dengan membawa sebuah Koper besar berwarna hitam. 

Menariknya, sebelum sang Tae San meninggal yang belum jelas disebabkan oleh apa, ia berusaha memperingatkan sang adik (Tae Sul) bahwa selama ini ada orang-orang aneh yang datang entah dari mana membawa sebuah koper dan hidup diantaranya manusia normal lain, sebagian lagi sedang mengawasinya. Masih belum jelas. Jadi kita nantikan saja episode 2 esok hari.

Jika benar sosok manusia yang jatuh dari langit adalah Tae San sang kakak padalah sudah meninggal, ada 2 kemungkinan, pertama mayat yang ditemukan oleh polisi dalam kondisi rusak bukanlah sang kakak, artinya sang kakak mungkin melakukan perjalanan waktu ke masa depan karena entah penglihatan saya salah atau benar, ayah dari Seo Hae adalah Tae San kakak Tae Sul.

Kemungkinan kedua, sosok yang jatuh dari langit dengan wajah mirip Tae San adalah Tae San dari universe yang lain.

Di preview episode 2 Tae Sul terlanjur membuka koper yang ia temukan, benar saja sandinya berupa kombinasi angka tanggal ulang tahunnya dan hanya kakaknya yang menggunakan sandi dengan kombinasi itu. Isinya? dari audio yang terdengar berisi foto-foto tae sul di masa depan.

Biro Kontrol sepertinya berhasil menangkap dan menginterogasi tae sul hingga datang seorang penyelamat President Park diperankan oleh Sung Dong-il. Mungkin akan banyak pertanyaan terjawab di episode 2 nanti, kita nantikan.


Review Sisyphus The Myth Episode 2
isi koper yang jatuh benar milik Han Tae San di dlaamnya ada beberapa barang diantaranya kunci sebuah brankas misterius dan kamera analog jadul.

Han Tae Sul yang bingung dan penasaran mencoba mencetak rol film dalam kamera tersebut, boom hasilnya berisi foto dengan tanggal beberapa hari ke depan atau bisa dibilang masa depan. Foto saat konferensi 2 hari mendatang dan sebuah foto momen pernikahan antara Han Tae Sul dan Kang Seo Hae. 

Oh ya latar waktu present day sudah diketahui yaitu februari 2020, kunci misterius itu membawa tae sul kembali ke bangunan lab pertamanya namun brangkas yang dimaksud sudah diambil orang, tidak lain yaitu mister Park yang sepsepertinya adalah orang yang bertanggung jawab menyelundupkan orang-orang dari  masa depan ke masa kini.

Tae Sul tertangkap oleh Biro Kontrol dan sempat diinterogasi di sebuah markas antah barantah, satu hal yang pasti Biro Kontrol ini ternyata sadis, para eksodus dan mereka yang berhubungan akan dibunuh, masih belum jelas apa tujuan mereka mengawasi tae sul dan mencari seo hae.

Seo Hae yang terdeksi keberadaanya bersama pegawai resto didatangi oleh biro kontrol terjadi baku hantam dan tembak-tembakan, poin plus dari drama ini, koreografi laganya cukup bagus dan realistis, dari gaya pergerakan kamera jadi ingat film The Raid, park shin hye boleh juga scene berantemnya, walau saat berlarian dan jumping di atas gedung rada lebay.

Hingga episode 2 ini hal paling membuat penasaran adalah, sepertinya kakak tae sul belum mati, mayat yang ditemukan kala itu berdasar hasil uji DNA dari abu tae san hasilnya 99 % tidak sama dengan DNA tae sul, berbarti ada kemungkinan sang kakak masih hidup dan apakah benar ayah seo hae adalah tae san?

kita tunggu episode 3 dan 4 minggu depan..

Review Sisyphus The Myth Episode 3-4
Untuk pertama kali diperlihatkan hasil penemuan Han Tae Sul yaitu teknologi Teleportasi Kuantum yang secara premis bakal jadi sumber malapetaka di masa depan. Saya khusus Membedah Teori Teleportasi Kuantum ini pada artikel khusus dengan pendekatan ilmiah dan sejarah, baca di sini >> Membedah Teori Teleportasi Kuantum dalam Drama Korea Sisyhus the Myth.

So Hae akhirnya berhasil berjumpa dengan Han Tae Sul dan untuk kali pertama menyelamatkannya dari penembak jitu dengan wajah aneh yang datang dari masa depan.

Bagian ini membuat saya dejavu dengan premis dalam film Terminator Dark Fate, sesosok android dikirim ke masa lalu untuk menyelamatkan seseorang yang jadi kunci kehancuran masa depan, dari android masa depan yang dikirim untuk membunuh sosok kunci.

Hingga episode 4 ini, penulis sementara berkesimpulan, orang-orang yang datang dari masa depan ini sudah tahu apa yang akan terjadi di masa lalu. Kedatangan mereka mustinya tidak bisa merubah apa yang terjadi di masa depan, contoh sang polisi yang datang karena sesaat sebelum ibunya meninggal, tapi So Hae begitu yakin bahwa ia mampu menyelatkan Tae Sul dan mencegah terjadinya kehancuran dunia.

Bisa juga karena sang polisi datang terlalu mepet hingga tidak cukup kesempatan mengubah sejarah, akan lebih seru nampaknya jika hubungkan dengan Konsep Teori Time Travel dan Dampaknya pada Kehidupan yang didatangi atau populer disebut dengan Time Paradoks, baca penjelasannya di sini >> Time Travel, Time Paradoks dan Multiple Universe.

Walau tak sepopuler Start-Up dan Penthouse Season 2, tapi bagi pecinta Science Fiction Sisyphus the Myth layak diikuti setiap episodenya.

Review Sisyphus The Myth Episode 5
Hal penting di episode 5 informasi bahwa perang nuklir terjadi di tahun 2021 yang membuat masa depan menjadi hancur dan para exodus dari masa depan selalu terpapar oleh radiasi, itu sebabnya cara mencari jejak para imigran dari masa depan dengan alat pendeteksi radiasi nuklir.

Belum diketahui apa penyebabnya tetapi disebutkan bahwa bom nuklir bermula dari sebuah daerah bernama Wulong korea utara dan menghancurkan kota seoul.

Pada saat kejadian perang, Seo Hae berusia 9 tahun artinya pada saat sekarang ada seo hae kecil, ibu dan ayahnya. Namun sepertinya ia memilih untuk tidak menemui mereka karena akan terjadi Time Paradox (Baca penjelasannya di sini).

Biro Kontrol menyebutkan imigran terdeteksi untuk pertama kali pda tahun 2001 dengan kejadian anomali pada kemenangan lotre yang setelah ditelusuri info nomer pemenang lotre berasal dari imigran masa depan.

Ada kutipan menarik dari kepala Biro Kontrol, bahwa semakin maju jaman, semakin individual masyarakatnya, hingga susah untuk mendeteksi jika ada pendatang baru apalagi yang berpotensi berbuat kejahatan. Berbeda dengan era jaman dahulu, ada sendok hilang dalam sebuah keluarga saja, satu RT bisa tahu kejadiannya. 

Walau satir tapi ini benar adanya, budaya keakraban sosial yang dimaksud biro kontrol masih bisa ditemui di pedasaan, jika kita mencari alamat seseorang, bahkan se-isi desa tahu dan kenal, budaya ini bisa jadi cara efektif dalam menangkal radikalisme, potensi pendatang yang mencurigakan sehingga bisa mengantisipasi mereka yang punya niat jahat.

Untuk pertama kalinya melihat Seo Hae tersenyum di masa depan saat scene di sauna, saking polosnya karena di masa depan susah mendapatkan air bersih dan makanan sehat ia meminum air untuk mandi dan saat pingsan didiagnosis gizi buruk oleh dokter so jin.

Easter Egg BTS kembali muncul, saat Seo Hae mencari stok makanan di bekas minimarket ia menemukan card dan halaman dengan foto member BTS di majalah forbes yang sampul depannya memperlihatkan Han Tae Sul sebagai taipan sukses asal korea.

Spring Day by BTS

Nampaknya mereka semakin dekat dengan sang kakak yaitu Han Tae San, dalam preview episode 6 diperlihatkan Han Tae Sul dan Seo Hae dalam kepungan Biro Kontrol.

Review Sisyphus The Myth Episode 6
Beberapa informasi penting di episode 6 diantaranya, 6 agustus 2001 adalah hari pertama kemunculan imigran masa depan untuk pertama kali bersamaan dengan ujicoba mesin teleportasi Han Tae Sul pada pukul 22.00 KST.

Han Tae San menemukan imigran pertama saat sedang bekerja di stasiun kereta api, ia mendapati sebuah foto yang ternyata terdapat sosok dia dan sang adik, di belakangnya terdapat jadwal penyerangan Han Tae Sul, sayang hanya ada 2 jadwal yang terlihat jelas. 15 Juli 2020 hari kecelakaan Pesawat dan 15 Agustus penembakan saat konferensi keduanya gagal dan Han Tae Sul berhasil selamat.

Seo Jin dan sang ayah fix salah satu dari musuh Han Tae Sul, motifnya mendapatkan obat yang berada dalam brankas yang kuncinya disembunyikan Han Tae Sul, oleh karena itu Seo Jin memanipulasi ingatan tae sul bahkan tega memberi obat-obatan terlarang yang mengancam nyawa tae sul, dugaan saya, Seo Jin dan ayahnya datang ke masa depan dan ingin mencegah kematian sang ibu.

Terkonfirmasi bahwa Han Tae San masih hidup, hampir selalu hadir di acara penting han tae sul masih belum jelas apa tujuannya, hal ini terkonfirmasi saat ditemui oleh Seo Hae di acara temu investor, dan mengkonfirmasi bahwa kematianya dahulu adalah rekayasa disengaja mungkin tujuannya sang kakak agar tidak terdeteksi dari Biro Kontrol dan musuh tae sul sehingga bisa mencegah rencana pembunuhan sang adik yang jadwalnya sudah ia ketahui dari imigran masa depan pertama 2001.

Organisasi Sigma ∑ yang menurut polisi dari masa depan akan jadi dalang kehancuran bumi sudah mulai terkuak, ditemukan kartu nama di meja komisaris dan menurut dia sudah menjadi investor tae sul sejak awal perusahaan berdiri, artinya selama ini Sigma sudah eksis di sekitar tae sul tanpa ia sadari.

Di preview episode 7 Han Tae San ditangkap sesosok misterius yang sedang memantau seo hae dan tae sul di jembatan layang, mungkinkah sosok ini adalah Sigma ∑ ?

Chemistry antara Seo Hae dan Tae Sul mulai muncul, kalau flashback ke masa lalu kita bisa mendapati Seo Hae periang dan banyak senyum, entah mengapa di masa depan saat di samping tae sul seakan awkward dan lugu, apa mungkin karakterisasinya sengaja demikian untuk memberi gambaran culture shock antara masa depan yang secara peradaban mundur? atau karena canggung bahwa faktanya mereka adalah jodoh dan seo hae tahu akan hal itu? tapi setidaknya kita bisa lihat Park Shin Hye manis dan cantik banget saat tersenyum.

Review Sisyphus The Myth Episode 7
Terungkap sosok sebenarnya di balik Sigma yaitu seorang laki-laki yang diperankan oleh aktor Kim Byung-Chul. Belum jelas sigma ini  nama orang atau nama organisasi.


Tae San terkonfirmasi selama ini belum mati dan sengaja memalsukan kematianya agar bisa mengawasi dan melindungi sang adik tae sul dari jarak yang tidak diketahui sang adik, artinya selama ini tae san memang ada di sekitar tae sul dan beberapa penglihatan tae sul bukanlah halusinasi.

Sepertinya akan ada cinta segitiga antara Tae Sul, Seo Hae dan karakter Choi Jae-Sun, pemuda yang diberi nomer lotre oleh seo hae. 

Review Sisyphus The Myth Episode 8
Kita disajikan flash back kedatangan imigran masa depan pertama pada 6 agustus 2001, orang tersebut kita kenal sebagai Sigma.

Seperti pada episode sebelumnya, imigran pertama datang di sebuah jalur kereta bawah tanah, ditemukan oleh Tae San dan membawa foto Han Tae Sul yang di baliknya terdapat jadwal pembunuhan tae sul.

Sigma, karena datang dari masa depan cepat memperkaya diri dengan judi, lotre dan investasi saham dengan bekal informasi dari masa depan tentu saja selalu mendapat untung. Hingga akhirnya menemui investor untuk berinvestasi pada perusahaan han tae sul. Oleh karena itu selalu disebut-sebut bahwa sigma selama ini sudah ada di sekitar mereka.


Terungkap juga makna istilah Sisyphus, sebuah referensi dari mitologi yunani. Dalam mitologi Yunani, Sisifos (Σίσυφος) adalah anak dari Aiolos dan Enarete. Sisifos adalah suami Merope dan merupakan pendiri sekaligus raja Efira, Korintus. Menurut beberapa sumber lain, Sisifos adalah ayah Odisseus dari hubungannya dengan Antiklea.

Di Tartaros, Sisifos dihukum untuk mengangkat batu besar ke atas bukit. Setelah sampai di atas, batu tersebut akan menggelinding kembali ke bawah dan Sisifos harus mengangkatnya lagi dan lagi.

Entah apa hubungannya dengan Sigma, apakah mungkin ia adalah simbol dari karakter Sisyphus? kita belum tahu.

Info penting lain, ketika Seo Hae flash back ke masa depan, suatu hari saat ia sedang berburu sampaikan pada suatu tempat yang ternyata adalah sebuah makam.

Dalam tumpukan batu ia menemukan buku harian yang ia bawa hingga sekarang, terdapat juga sesosok tengkorak yang kalau dipegang menjadi kabur, ternyata buku dan sosok ini adalah Seo Hae dari masa yang lebih depan datang ke masa seo hae (pasca pernag nuklir) dan memberi tugas agar ia datang ke masa lalu (sebelum perang nuklir 31 oktober 2020) dengan misi menyelamatkan Han Tae Sul yang ternyata di masa yang lebih depan adalah suami Seo Hae.

Jadi Seo Hae yang sekarang bersama Tae Sul sebenarnya juga tidak tahu kalau kelak mereka akan menjadi pasangan dan menikah. Namun ia mendapat "update" ingatan dari seo hae masa depan setelah ia menemukan buku harian itu.

Orang yang menembak Seo Hae dalam ingatan Tae Sul adalah sigma.


Review Sisyphus The Myth Episode 9-10
Seo Hae tertangkap oleh biro kontrol dan dalam interogasi disuntik dengan cairan pemecah protein FOS, orang dari masa depan tidak merasakan waktu dalam perjalananya melintas waktu, dengan cairan ini, komponen tubuh manusia dari masa depan perlahan akan terurai hingga dalam partikel atom yang artinya akan menghilang, dalam drama digambarkan sesekali menjadi transparan dengan suara kayak tv rusak.

Han Tae Sul berhasil meyelamatkan Seo Hae dari markas biro kontrol dan membawanya ke basecamp asia mart mr. park. Han Tae Sul berusaha mendapatkan obat untuk Seo Hae yang sekarat, ia dapat bocoran bahwa obat yang digunakan oleh biro kontrol adalah buatan seseorang bernama Agnes, bersama pak park dan Sigma merupakan tim pendahulu yang datang ke masa sekarang dari masa depan. Agnes yang dimaksud adalah Seo Jin, iya orang dekat han tae sul.

Hal baru dalam episode 9 dan 10 yang perlu dicatat adalah bertemunya Seo Hae dari masa depan dengan ibunya di masa sekarang, ayahnya yang didatangi oleh tae sul juga datang menjenguk anaknya dari masa depan yang sedang sekarat dan baru paham apa yang terjadi setelah tae sul menjelaskan.

Adegan flashback ke masa depan menceritakan sang ayah marah ketika seo hae mengungkit kemungkinan perang bisa dicegah jika tae sul diselamatkan. Sang ayah marah karena merasa rencana itu akan gagal. Mengapa? karena sang ayah di masa depan menyaksikan seo hae "dari masa yang lebih depan" mati perlahan dan menghilang.

Poin di atas saya garis bawahi, dan membuat saya berkesimpulan pada judul mitologi yunani yang digunakan dalam drama ini. Sisyphus kisah seseorang yang dihukum mendorong batu besar ke atas bukit, ketika nyaris sampai puncak, batu itu menggelinding ke bawah, ia dorong lagi ke atas, jatuh ke bawah dan ia dorong lagi gitu aja terus berulang tanpa henti.

Mitologi di atas seakan menjawab bagaimana alur drama ini akan di bawa, Seo Hae dari masa yang lebih depan memberi tahu seo hae dari masa depan untuk datang ke masa lalu menyelamatkan tae sul agar perang nuklir tidak terjadi.

Di masa lalu (masa sekarang) seo hae asli masih kecil, sang ayah bertemu dengan anaknya dari masa depan yang sudah besar dan nyaris mati, perang nuklir terjadi, seo hae kecil jadi besar dan menemukan catatan seo hae dari masa depan agar datang ke masa lalu menyelamatkan tae sul, dan begitu aja terus sampai episode 1.000 kayak sinetron indonesia.

Lalu apa yang mungkin terjadi di episode 11 hingga 16 nanti? jika JTBC bermain aman tebakan saya, seo hae yang datang dari masa depan akan dibuat berhasil menyelamatkan masa sekarang dan semua happy ending.

Atau kalau mau penuh plot twist bisa menggunakan teori salah satu time travel yang disebut dengan Predestination, secara sederhana teori ini berbicara bahwa apa yang seharusnya terjadi maka terjadilah, dalam istilah lain disebut Takdir. Apapun usaha kita datang ke masa lalu untuk mengubah sebuah peristiwa yang sudah terjadi di masa sekarang akan sia-sia. Prosesnya mungkin berubah karena intervensi kita dari masa depan tetapi hasil akhirnya akan tetap sama saja.

So, dalam konteks teori time paradoks Predestination yang bisa kita lakukana adalah menerima apa yang seharusnya terjadi (Takdir) dan menjadli hidup pasca takdir tersebut. Tapi ya gak tahu ya, kita lihat saja bagaimana kelanjutan episode 11 hingga 16 nanti.


Review Sisyphus The Myth Episode 11
Seo Hae yang disuntik cairan pengurai protein FOS tidak sadarkan diri, terlihat sedang tertidur sesekali menghilang namun sebenarnya ia sedang berkelana di masa time line masa lalunya.

Han tae sul mendapat 2 dosis obat dari Seo Jin, ia segera menyuntik dirinya dengan pengurai protein FOS dan menuju time line yang sedang dilalui oleh seo hae, skenario penyelamatanya adalah setelah menemukans seo hae mereka berdua disuntik obat dan kembali ke masa sekarang, namun kalau lurus saja tentu bukan drama korea namanya. Satu dosis pecah terjatuh, tae sul memutuskan tetap tinggal di masa lalu dan seo hae kembali ke masa sekarang. Tenang saja entah apa yang akan terjadi di episode 12 nanti tapi tae sul bisa sadarkan diri.

Catatan dari saya, cara JTBC menggambarkan perjalanan waktu ke masa lalu oleh Seo Hae dan Tae Sul kurang ilmiah untuk sebuah drama dengan pendekatan science fiction, konsep pengurai protein sudah bagus, logikanya mereka yang disuntik obat ini akan terurai hingga level atom, partikel ini akan mengembara hingga level Kuantum dan mampu menjelajah waktu seperti apa yang digambarkan dalam film Avenger End Game dengan Partikel Phym milik Ant Man, mereka bisa melakukan perjalana waktu ke masa lalu.

Sayangnya dalam sishyphus, konsep perjalanan waktu ke masa lalu mereka malah digambarkan layaknya Doraemon yang keluar masuk lewat Pintu Ajaib kemana saja. Saya berpikir positif ini semacam simbolisasi tapi tetap saja, kurang nyambung dengan tema besarnya yang mengangkat tema Fiksi Ilmiah.

Review Sisyphus The Myth Episode 12
Sigma adalah teman masa SD han tae sul yang bernama Seo Won Ju. Sejak kecil menjadi korban kekerasan ayahnya. Pandai menggambar dan terobsesi dengan han tae sul.

Entah benar atau tidak, tapi Seo Won Ju kecil mengaku bisa meramal masa depan, termasuk percaya bahwa kelak han tae sul akan sukses, membuat mesin waktu dan ia ingin menjadi penumpang pertama, kejadian.

Ditemukan pula gambar-gambar di buku tahunan sekolah, beberapa gambar masa kecil Sigma tentang kejadian-kejadian yang menimpa han tae sul seperti kecelakaan pesawat, atau itu hanya obsesi Seo Won Ju dan ingin memwujudkannya?

Kabar baik, menurut Seo Hae masa depan dapat diubah, menurut buku harian peninggalan Seo hae dari masa yang lebih depan, harusnya yang tertembak dan lumpuh adalah dirinya namun di sini yang tertembak justru anak buah mr. Park, mungkinkah masa depan bisa diubah? kita nantikan episode berikutnya.


Review Sisyphus The Myth Episode 13 dan 14
Han Tae Sul membuka sebuah kotak pemberian pengawalnya dari masa depan yang sebelum dia menghilang berpesan agar hanya dibuka saat sudah merasa tak ada jalan keluar lain.

Kotak itu berisi abu atau entah tulang yang sudah hancur dari sebuah peti yang berisi 2 sosok jasad tengkorak yang juga pernah ditemukan oleh Seo Hae. Kedua jasad tersebut berdasar buku harian yang ditinggalkan dan ditemua oleh Seo Hae adalah Han Tae Sul dan Seo Hae dari masa yang lebih depan.

Sebelum kita lanjut review, sejauh ini setidaknya kita tahu dalam drama Sisyphus The Myth ada 3 alternate universe yang satu sama lain sebenarnya eksis dengan time line masing-masing.

1. Masa Lalu yaitu tahu 2020 yang menjadi present day (hari sekarang) yang sedang jadi alur utama drama.

2. Masa Depan tahun 2030 / 2032 time line tempat Seo Hae dewasa berasal dimana di sana mash eksis dan berjalan waktunya dan ada ayahnya yang sayangnya telah dibunuh oleh sigma.

3. Masa yang Lebih Depan, belum diketahui tahun berapa tapi inilah time line Seo Hae dan Han Tae Sul yang sudah meninggal dan menjadi tengkorak berasal.

Tentang multiple universe ini saya pernah menulis sebuah artikel tersendiri, silahkan baca di sini.

Lanjut episode 13, han tae sul membuka kotak yang berisi abu dari masa depan, ia kemudian terpapar oleh kilasan ingatan pemilik abu tersebut yang tidak laina dalah dirinya sendiri. Dalam drama inia da teori jika ada 2 benda atau manusia dar masa depan dan masa lalu, keduanya akan menjadi satu tetapi hal dari masa depan akan leyap dan ternyata meninggalkan ingatan atau memori dari masa depan.

Jadi seru karena sepanjang episode 1 hingga 12 Sigma dan gengnya selalu di depan karena tahu masa depan. Sekarang keadaan berbalik Han Tae Sul juga punya ingatan tentang masa depan, jadi setidaknya ia bisa membuat rencana antisipasi dan strategi untuk mengalahkan sigma.

Apakah akan berhasil? kita lihat saja nanti.


Review Sisyphus The Myth Episode 15 dan 16 Tamat
Han Tae Sul yang sudah tahu masa depan karena kotak pandora mencoba mensiasati masa depan, detik-detik apa yang terjadi di gereja saat seo hae di tahan Sigma dan ia dipaksa memilih antara menyelamatkan Seo Hae dengan membuat kode mesin pengunggah atau Dunia mencegah terjadinya perang nuklir.

Ia dan seo hae naik ke pengunggah datang beberapa jam sebelum kejadian dan berhasil mengantisipasi apa yang terjadi di masa depan.

Singkat cerita Sigma berhasil dikalahkan, perang nuklir bisa dicegah. Harusnya dengan keberhasilan misi ini, seo hae yang notabene datang dari masa depan akan lenyap seperti para imigran dari masa depan yang lain, lalu ketika keduanya sudah berpelukan seakan tidak akan berjumpa lagi, seo hae ternyata tidak jadi menghilang.

Ternyata, peristiwa masa depan yaitu perang nuklir tetap terjadi, sebabnya bukan karena sigma tetapi Eddie Kim yang menjadi jahat dengan alasan semua perlakuan yang diterimanya dan keinginan untuk balas dendam kepada tae sul ia menembak seo hae, memaksa tae sul membat kode terakhir mesin pengungah agar ia bisa ke masa lalu.

Tae Sul yang menyadari bahwa peristiwa ini tidak akan pernah akan berubah atau berhenti akhirnya membuat keputusan yang pasti akan membuat penonton menangis, menembak dirinya sendiri dengan logika bahwa semua ini terjadi dengan dirinya sebagi pusat pusaran peristiwa, jika ia tidak ada maka semua tidak akan terjadi.

Lalu drama 16 episode ini ditutup dengan scene Han Tae Sul dan Seo Hae bersama dalam satu pesawat yang kita lihat di episode 1, dan sigma yang "spertinya" sudah jadi orang baik nyatanya masih menyimpan dendam pada han tae sul.

Jadi sebenarnya bagaiman penjelasan ending drama korea Sisyphus The Myth ini?



penulis: 
Nandar
Ika Shintya

Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »