15 Pertanyaan Seputar Pelaksanaan KKN versi Undip

 

 

Campusnesia.co.id - Sobat berdasar pantauan tim media sosial kami ternyata banyak Pertanyaan Seputar KKN Versi UNDIP, jadi melalui postingan kali ini, campusnesia akan coba merangkum daftar pertanyaan dan menjawabnya, apa saja pertanyaan yang membuat penasaran seputar KKN? ini daftarnya.

1. Q: Apa itu KKN?
A: KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa S1 UNDIP. KKN menjadi sarana mahasiswa untuk mempraktikan ilmu yang telah didapat selama perkuliahan ke kehidupan sehari-hari, atau pengaplikasian ilmu ke masyarakat.

2. Q: Apakah KKN wajib?
A: Ya, karena merupakan salah satu mata kuliah wajib.

3. Q: Kapan mahasiswa melaksanakan KKN?
A: KKN dapat diambil setelah menempuh minimal 100 SKS. Jadi biasanya mahasiswa dapat melaksanakan KKN paling cepat di semester 6.

4. Q: Dimana tempat KKN?
A: Tempat KKN beragam, tidak selalu sama setiap tahunnya. Namun biasanya UNDIP menentukan tempat KKN hanya di beberapa kota terdekat dengan Kota Semarang. Seperti, Kabupaten Semarang, Grobogan, Demak, Pati, Jepara, Kendal, Batang, Pemalang.

5. Q: Apa perbedaan KKN PPM dan Tematik?
A: KKN PPM merupakan program KKN terpadu yang diadakan oleh Universitas, sedangan KKN tematik merupakan program KKN mandiri yang diadakan oleh dosen sebagai bentuk program pengabdian mengenai proyek tertentu. Sehingga tim yang dibentuk juga terbatas pada mahasiswa di bidang ilmu terkait.
 
Perbedaan lain yaitu pada program kerja yang dilaksanakan, KKN tematik biasanya telah memiliki program tertentuyang harus dijalankan, sedangkan di KKN PPM mahasiswa harus aktif mencari dan menyesuaikan program dengan kebutuhan masyarakat di lapangan.

6. Q: Apakah kelompok KKN satu jurusan/fakultas?
A:  Kelompok KKN dibagi secara acak oleh pihak universitas, jadi teman sekelompok mungkin dari jurusan dan fakultas berbeda.

7. Q: KKN berapa lama?
A: Biasanya lama waktu KKN dari jadwal keberangkatan sampai kepulangan selama 40 hari.

8. Q: Apa syarat ikut KKN?
A: Syarat mengikuti KKN bagi mahasiswa aktif hanya perlu melakukan pendaftaran dan pengumpulan berkas pada jadwal yang ditentukan. Dan yang paling penting jumlah SKS telah memenuhi syarat minimum.

9. Q: Apa itu Kordes, Korcam, DPL?
A: Kordes (Koordinator Desa) merupakan pemimpin kelompok dalam tingkat desa. Korcam (Koordinator Kecamatan) merupakan pemimpin di tingkat kecamatan, yang membawai beberapa desa binaan. DPL (Dosen Pendamping Lapangan) merupakan dosen yang telah ditunjuk untuk mendampingi keberjalanan program KKN, DPL terdiri dari beberapa dosen yang bertugas di suatu kecamatan.

10. Q: Biasanya program KKN apa saja?
A: Program KKN beragam dan tidak terbatas. Program dapat dilaksanakan sekreatif mungkin, mengedukasi, mampu menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat, maupun memaksimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada. Karena membutuhkan ilmu dalam pelaksanaannya, program yang diajukan biasanya harus selini dengan prodi masing-masing.

11. Q: Apakah kamu membuat laporan setelah KKN?
A: Ya. Laporan KKN sebenarnya terdiri dari laporan kegiatan harian individu yang biasanya dicek seminggu sekali oleh DPL, laporan rencana kegiatan yang dibuat pada minggu pertama setelah survei lapangan, dan Laporan pelaksanaan kegiatan. 
 
Laporan akhir yang perlu dikumpulkan setelah masa KKN berakhir ini berisi laporan pelaksanaan program individu dan kelompok yang digabung menjadi satu.

12. Q: Apakah ada ujian setelah KKN?
A: Ujian setelah masa KKN ini biasanya waktu dan bentuk pelaksaannya berbeda tergantung dari DPL.  Ujian bisa jadi dilaksanakan di tempat KKN pada pertemuan terakhir sebelum kepulangan atau setelah kepulangan.

13. Q: Apa itu KKN Expo?
A: Expo merupaka salah satu acara yang digelar untuk menunjukkan dan memperkenalkan hingga menjual produk dari program yang telah dilaksanakan. Biasanya dipilih satu sampai dua program unggulan setiap desa untuk ditampilkan.
 
14. Q: Apakah bisa menemukan Jodoh saat KKN?
A: Ha ha walau agak absurd tetapi pertanyaan ini sering muncul, secara saintifik belum ada jurnal tentang fenomena ini, hal pertama yang perlu sobat pahami adalah bahwa Jodoh itu ada di tangan Tuhan, jadi walau secara statistik jumlahnya kecil, ada beberapa kejadian psangan yang menemukan jodohnya saat kegiatan KKN dan berujung ke pelaminan, serius ini kisah nyata rekan saya sendiri. 
 
Tapi ya jangan diniatkan nyari jodoh juga ya, tujuan utama KKN adalah terjun langsung ke masyarakat mencoba memberi solusi, pengabdian serta belajar hidup dan sosialisasi di tengah-tengah masyarakat.
 
15. Q: Apakah KKN bisa membuat Pacar Berpaling?
A:Pertanyaan ini tidak kalah populer dengan poin nomer 14 dan sering sekali jadi bahan perbincangan, penulis tidak berani menjawab, tapi buat kamu yang sedang menjalani hubungan serius dan berkomitmen sampai ke jenjang pernikahan, harusnya bisa menjaga komitmen masing-masing walau sedang saling berjarak. 
 
Jadi bisa bikin pasangan berpaling gak? ha ha entahlah, mungkin sobat pembaca bisa menjawab pertanyaan ini di kolom komentar, mohon dibantu ya.
 
Itu tadi sobat Campusnesia, 15 pertanyaan seputar pelaksanaan KKN dengan segala seluk beluknya versi kampus Undip (kerana penulis mahasiwa undip) jika sobat punya pertanyaan dan jawaban lain seputar pelaksanaan KKN di kampus kalian masing-masing jangan lupa share di kolom komentar ya, sampai jumpa.
 
Penulis: Ika Shintya
Editor: Nandar 
 
Iklan

 

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »