Ini Pengalamanku Mengikuti Program Kartu Prakerja




Campusnesia.co.id - Sobat campusnesia, melalui artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya mengikuti program Kartu Prakerja dari pemerintah Indonesia, seluk beluk dan suka dukanya dari proses pendaftaran, mengikuti pelatihan secara online, mencairkan insentif dan membuat rekening pencairan.

Pendaftaran Pra Kerja

Kartu prakerja merupakan program pemerintah yang berkolaborasi dengan mitra dari sektor swasta untuk membantu masyarakat meningkatkan kompetensi serta terkait imbas Covid19 yaitu mereka yang kehilangan pekerjaan karena virus yang menyebar luas ini. Sejauh ini program kartu prakerja telah dibuka sebanyak 10 gelombang. Dilansir dari Tribunnews.com, kabarnya target kuota untuk tahun 2020 ini telah terpenuhi, namun terdapat 189.436 orang (3,46%) yang kepesertaanya dicabut. Rencananya Komite Cipta Kerja akan mengalokasikan dananya untuk peserta yang lain, namun hal ini masih dalam diskusi. 

Bagi sobat campusnesia yang tertarik, silahkan ikuti update beritanya di akun prakerja. Web prakerja: prakerja.go.id

Berbicara mengenai pengalaman saya, butuh 3 kali coba hingga akhirnya lolos. Sebelumnya saya ikut mendaftar pada gelombang 3, sayangnya belum lolos. Saya mencoba ikut kembali pada gelombang 6, namun pada saat itu terjadi beberapa kendala, harus menyelesaikan form pendaftaran terlebih dahulu, tetapi pada halaman form tersebut juga terjadi masalah sehingga pengisian tidak dapat diselesaikan. 

Setelah mencoba kembali hingga beberapa hari tetap sama. Awalnya saya merasa putus asa, saya pikir akun saya bermasalah, namun setelah mendapati pertanyaan yang sama oleh beberapa peserta lain di kolom komentar instagram prakerja, saya merasa sedikit lega. Dan syukurnya pada gelombang 7, permasalahan ini telah diatasi.

(Untuk teman-teman yang mengalami kendala dapat ditanyakan langsung ke petugas.)

Saya mencoba mendaftar gelombang untuk kedua kalinya pada gelombang 7, dan hal ini sangat mudah. Bagi teman-teman pendaftar pertama, kalian harus menyelesaikan pengisian data diri dan mengupload foto selfie dengan ktp serta foto ktp. Setelah itu harus menyelesaikan beberapa soal kemampuan dasar sederhana. Namun untuk pendaftaran gelombang selanjutnya (bagi yang belum lolos) hanya perlu memilih gelombang untuk mendaftar, tanpa melakukan tes ulang. Jadi hanya perlu meluangkan beberapa menit untuk mengikuti pendaftaran gelombang.

Pelatihan

Setelah dinyatakan lolos, otomatis akan terlihat di akun prakerja teman-teman bahwa terisi saldo pelatihan Rp 1.000.000,00 yang hanya dapat digunakan untuk melakukan pelatihan. Bila teman-teman belum mengisikan nomor rekening atau e-wallet yang akan digunakan untuk pencairan dana insentif maka harus diisi terlebih dahulu. 

Setelahnya pembeliaan paket pelatihan dapat dilakukan. Mitra prakerja ini sangat banyak dan beragam, kita akan mendapati daftar mitra yang dapat dibuka langsung di akun prakerja. Jenis pelatihan, fasilitas yang didapat dan harga bervariasi di setiap mitra yang menyediakan, jadi sobat dapat melakukan survei terlebih dahulu untuk mencari pelatihan yang paling sesuai dengan minat teman-teman.

Waktu untuk melakukan pembeliaan pelatihan pertama biasanya terbatas selama 30 hari, jadi apabila saldo tidak segera digunakan maka kepesertaan akan dicabut (hangus).

Dan hal penting penting yang perlu diketahui, bahwa sisa saldo dari pelatihan yang telah dilakukan lebih, dapat digunakan untuk melakukan pembeliaan lainnya. Setelah pelatihan pertama selesai.

Setelah selesai melakukan pelatihan, kita akan mendapatkan sertifikat pelatihan yang dapat diunduh secara online. Lama proses penanganan hingga mendapat sertifikat pun tidak menentu, tergantung dari petugas.

Insentif
Setelah menyelesaikan pelatihan, dan telah berhasil dilaporkan dan mendapatkan sertifikat masuk ke akun prakerja teman-teman, dana insentif baru akan cair. Akan terdapat daftar jumlah insentif beserta tanggal pencairan dana setiap bulannya, yaitu Rp 600.000,00 selama 4 bulan berturut-turut.

ATM BNI Taplus Pra Kerja
Saya ingin berbagi sedikit pengalaman lain bagi sobat campusnesia yang bingung ingin mentransfer dana insentif kemana. Karena kartu prakerja hanya menyediakan pelayanan lewat bank BNI dan e-wallet yang full service (link, gopay, ovo), pasti banyak yang mengeluhkan karena tidak menggunakan layanan ini. 

Syukurnya BNI juga memfasilitasi dengan BNI Taplus Pra Kerja yang menyediakan pelayanan sangat mudah, pendaftaran cukup dilakukan secara online dan akan langsung mendapat nomor rekening yang dapat digunakan untuk menyelesaikan registrasi ketika lolos. Untuk pembuatan buku tabungan dan kartu atm pra kerja sendiri gratis, dan dibebaskan dari biaya administrasi kartu selama 1 tahun. 

Form pendaftaran dapat dibuka dari web prakerja atau registrasi online di: https://eform.bni.co.id/BNI_eForm/simpananDataDiriPrakerja

Saat melakukan registrasi online, kita akan diminta mengisi tempat bank yang akan didatangi beserta waktu, untuk poin ini teman-teman tidak harus datang ke tempat dan waktu yang sama persis dengan yang diisikan. Karena buku tabungan dan kartu baru dapat dibuat ketika saldo telah masuk ke akun pra kerja setelah menyelesaikan pelatihan pertama. 


Penulis: Ika Shintya
Editor: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »