Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Manajemen Keuangan Di Masa Pandemi pada Kelompok PKK



Campusnesia.co.id - Semarang, 27/07/2020. Mahasiswa yang tergabung dalam Tim 2 KKN Undip mengadakan pelatihan manajemen keuangan rumah tangga di masa pandemi. Pelatihan ini dihadiri oleh 15 ibu rumah tangga yang berasal dari kelompok ibu-ibu PKK kelurahan Kramas yang bertempat di ruang pertemuan rumah ibu ketua PKK sekaligus sebagai ibu ketua RW 2. 

Pelatihan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yang ada seperti setiap peserta harus menjaga jarak, wajib menggunakan masker, cuci tangan menggunakan handsanitazer, dan dicek suhunya mengguakan thermogun. Materi disampaikan oleh Usman.

Peserta pelatihan sangat antusias menyerap materi yang diberikan. Hal ini dapat disimpulkan dari banyaknya peserta yang bertanya dan mencatat materi yang diberikan. Salah satunya ibu ketua PKK Marganingsih, beliau mengatakan “kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga kami, dapat menambah wawasan dan pengetahuan ibu-ibu rumah tangga dalam mengelola keuangan di masa susah pandemi ini sehingga ibu-ibu dapat menjadi bijak dalam mengatur keuangan rumah tangganya.” Tutur ibu ketua RW 2 tersebut. 

Pelatihan manajemen keuangan ini bertujuan untuk menjaga ketahanan ekonomi rumah tangga, yang mana di masa pandemi banyak keluarga yang pendapatannya mengalami penurunan bahkan sampai menggunakan dana tabungan untuk bertahan di kondisi pandemi. 

Dikarenakan perkerjaan yang biasa dilakukan untuk mencari nafkah tidak dapat dilakukan di saat corona seperti ini, dan pemerintah menganjurkan untuk di rumah saja serta menerapkan kerja dari rumah atau kebijakan work from home. 

Materi dalam pelatihan diantaranya yaitu mengenai bagaimana mengevaluasi sumber penghasilan, mengatur ulang budget pengeluaran, belanja sesuai kebutuhan, menyiapkan dana darurat, menjaga pola hidup sehat, mencari pendapatan tambahan di masa pandemmi, menjual barang layak yang tidak terpakai, dan terakhir menghemat penggunaan energi rumah tangga seingga dapat mengurangi jumlah pengeluaran keuangan. 

Dengan pelatihan ini diharapkan masyarakat tetap bisa bertahan di masa pandemi ini dan dapat berkelanjutan dalam meningkatkan ekonomi rumah tangga.

Penulis: Usman Wahyuntari 
Foto: Dokumentasi KKN TIM 2 Undip
Editor: Nandar


Iklan

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »