Memecahkan Misteri Warna Jas Almamater Undip, Biru atau Hijau Tua?



Campusnesia.co.id - Suatu hari di pertengahan bulan juli 2020, seorang adik kelas secara random mengirim pesan melalui aplikasi pesan instan Whatsapp, adik yang dulunya mahasiswa teknik perkapalan Undip ini bertanya "Assalamualaikum mas Nandar, ada artikel tentang warna almamater UNDIP itu hijau atau biru donker ngga mas ? kalo belum mungkin bisa dibuat mas untuk bacaan anak UNDIP mas...kalo ada nanti saya mau share mas"


Pertanyaan yang sederhana namun mengundang rasa penasaran, saya pribadi berpendapat bahwa warna jas almamater Undip adalah biru tua, tetapi ketika saya iseng mencari arsip foto di campusnesia, beberapa foto jas almamater terlihat berwarna hijau tua, nah lho mana yang benar, biru tua atau hijau tua?




Untuk memecahkan misteri ini, saya coba melakukan beberapa hal, apa saja? ini daftarnya.

1. Bertanya di base twitter @Undipmenfess
Kamis 23 Juli 2020 pukul 17.34 WIB saya mengirim pertanyaan ke akun twitter @undipmenfess. Hinga artikel ini saya tulis 25 Juli 2020 setidaknya ada 61 balasan, 16 retwet dan 45 like, Jawabanya pun beragam dari yang serius hingga bercanda, netijen terpecah ada yang mengatakan warna biru tua, biru dongker, biru navy hingga hijau tua, teal dan lain-lain.



2. Bertanya di grup alumni
Walau sudah pada lulus, sekalian iseng saya coba kirim pertanyaan yang sama di grup alumni, jawabanya mayoritas mengatakan biru tua, walau tentu saja ada yang menjawab dengan bercanda.

3. Mencari di Wikipedia
Setelah dua usaha di atas, saya coba menyakinkan diri dengan mencari di wikipedia, biasanya ada halaman khusus tentang profile kampus-kampus di indonesia, dibagian sebelah kanan ada informasi singkat tentang nama kampus, logo, alamat dan seterusnya, ada bagian di informasi Warna yang kalau kita klik pada linknya akan mengarah pada halaman warna sekolah "Warna sekolah adalah warna yang dipilih oleh sekolah untuk mewakili seragam dan barang-barang lain mengenai sekolah tersebut. Sebagian besar sekolah memiliki dua warna, yang biasanya dipilih untuk menghindari konflik dengan sekolah lain dalam hal persaingan atau kompetisi olahraga dan kegiatan lainnya. Warna sekolah sering dipakai untuk membangun semangat di kalangan guru dan murid, dan sebagai ekspresi semangat sekolah.



Sampai di sini saya sudah mulai yakin walau belum 100 persen, cenderung setuju warna jas almamater Undip adalah Biru Tua, yes..pelan-pelan misteri mulai terpecahkan. Agar keyakinan saya genap 100 persen satu hal lagi saya lakukan.

4. Call a friend
Sudah seperti dalam kuis who wants to be a millionaire saja, akhirnya saya memutuskan menghubungi seorang kolega yang kebetulan bekerja di Undip memastikan warna jas almamater kita ini sebenarnya warna apa, "Biru dongker sejak aku masuk.. :D" jawab beliau melalui whatsapp dengan emot tertawa, mungkin karena random banget pertanyaan saya.

So kesimpulan saya, untuk pertanyaan apa warna jas almamater Undip? jawaban saya adalah biru tua! semoga bermanfaat sampai jumpa.

yakin biru tua? 
eh kayake biru dongker deh, 
tapi kalau di foto kayak hijau tua. 
ah sudahlah.




penulis
Nandar


Sumber gambar: @undipmenfess

Iklan


Artikel Terkait

Previous
Next Post »