Review dan Penjelasan Ending The King Eternal Monarch Episode 16, Time Travel dan Multiple Universe ala Korea



Campusnesia.co.id – Yup, akhirnya setelah hampir empat pekan kita ditemani oleh Lee Min Hoo, Kim Go Eun, Woo Do Hwan dkk akhirnya drama korea The King Eternal Monarch rampung juga dengan ending yang bisa dibilang bahagia dan gak nanggung kayak Vagabond.

Mungkin masih ada yang bingung dengan akhir dari drama yang naskahnya ditulis oleh tante  Kim Eun Sook yang sukses dengan Goblin yang juga dibintangi leh Kim Go Eun, jika anda salah satunya, maka drama ini telah berhasil. oleh karena itu melalui tulisan ini mari coba kita bahas apa yang sebenarnya sedang terjadi dan beberapa easter egg menarik yang mungkin luput dari perhatian penonton.

Seperti yang pernah saya bahas di artikel sebelumnya berjudul Kupas Tuntas Drama The King Eternal Monarch dari Teori Time Travel, Multiple Universe dan Time Paradoks. Banyak yang benar walau juga ada beberapa yang miss, namanya juga prediksi dan asumsi ya, maka wajar jika tidak sepenuhnya benar. Yuk kita coba mulai urai benang kusutnya satu persatu.

Episode 16 diawali dengan adegan Lee Gon dan Jo Young yang kembali ke malam kudeta 1994, berbeda dengan time travel ke 2, kali ini mereka terang-terangan tanpa mengenakan masker. Adegan aksi yang intens, mengingatkan saya pada film John Wick baku tembak tanpa ampun dan seru habis, atau juga mengingatkan drama City Hunter yang dibintangi juga oleh Lee Min Hoo.

Tapi ada yang berubah dari kejadian malam kudeta itu, seruling Manpasikjeok masih utuh dan dibaw oleh Lee Rim, perubahan kejadian ini berdampak pada masa depan, potongan seruling manpasikjeok yang dibawa Lee Gon dan Lee Rim 2020 hilang menjadi abu. 

Oh ya, Jang Tae Ul membawa Lee Rim 2020 ke dalam ruang hampa antar dimensi sambil menodongkan senjata, berjaga jika Lee Gon gagal dalam misinya ia akan menembak Lee Rim. 

Lee Gon mengejar Lee Rim yang melarikan diri menuju hutan bambu, ia berhasil menemukan pintu gerbang antar dimensi dan warna yang muncul adalah orang-merah, karena ia membawa Manpasikjeok Fluit utuh yang di episode 15 sudah dijelaskan bisa digunakan menuju waktu kapan saja. Singkat cerita dengan pedang empat harimau Lee Gon 2020 membunuh Lee Rim 1994.

Akibatnya, Lee Rim 2020 yang bersama Jang Tae Ul menghilang menjadi abu, semua kejadian yang disebabkan eksodus Lee Rim ke dunia Republik Korea tidak terjadi.

Sampai di sini prediksi saya tentang episode 16 banyak benarnya, kecuali bahwa Jang Tae Ul 2020 masih punya ingatan tentang semua peristiwa yang ia alami sejak bertemu dengan Lee Gon, mungkin karena saat Lee Rim dibunuh di tahun 1994 ia sedang berada di ruang hampa antar dimensi.

Tebakan saya bahwa Jang Tae Ul 2020 akan menjalin hubungan dengan kembaran Lee Gon di Republik Korea yaitu Ji Hun salah, walau ada scene di mana mereka berpapasan, dan Ji Hun berhasil hidup dan tumbuh besar menjadi tentara Angkatan Laut.

Lee Gon kembali ke tahun 2020 masa sekarang, artinya waktu berlanjut dan mengembalikan Jo Young juga, keadaan di dunia kerajaan corea juga berubah menjadi lebih baik misalnya Kang Sin Jae tidak jadi menyeberang dan menjadi polisi, kembaran Jang tae Ul yaitu Luna jadi saudara angkat Goo Seo-ryung (PM KO) tapi di masa ini ia menjadi anggota DPR yang korup yang akhirnya dipenjara sendiri oleh Luna yang jadi polisi.

Secara teori time paradoks, konsep yang dipakai adalah gabungan dari beberapa teori, diantaranya Grandfather Paradoks, yaitu bagian Lee Rim 2020 yang hilang karena Lee Rim 1994 dibunuh. Teori kedua yang digunakan adalah Butterfly Effect yaitu tindakan Lee Go yang kembali ke masa lalu dan mengintervensi kehidupan masa lalu berdampak perubahan yang besar pada masa depan.

Multiple Universe 
Bagian paling menarik adalah tentang konsep Multiple Universe, tebakan saya tidak salah bahwa ternyata Drama The King Eternal Monarch memakai teori Multiple Universe yang artinya di semesta ini ada beberapa Dunia Paralel, dalam artikel sebelumnya saya menggunakan contoh film animasi spider man into the spider verse 2018, yang menampilkan 6 universe dimana setiap universe punya Spider Man tetapi yang menjadi Spider Man adalah tokoh yang berbeda Peter Porker (Earth-8311), Spider Man Noir (Earth-90214), Gwen Stacy (Earth-65), Peni Parker (Earth 14512), Miles Morales (Earth 1610) dan Peter B Parker (Earth 616).

Contoh lain bisa disaksikan dalam film serial tokusatsu jepang Kamen Rider Decade tayang tahun 2009, diceritakan ada 10 dunia, ia sebagai kamen rider ke 10 sejak era Heisei punya kekuatan melintasi dunia paralel dan melakukan time travel ke sembilan dunia yang lain yaitu Dunia Kuuga, Dunia Kiva, Dunia Ryuki, DUnia Blade, DUnia Faiz, Dunia Agito, Dunia Den-O, DUnia Kabuto, dan Dunia Hibiki.

Pertanyaanya, ada berapa dunia dalam drama The King Eternal Monarch?
Berdasar hitungan saya, setidaknya ada 6 dunia yang ditmpilkan, walau tidak menutup kemungkinan sebenarnay ada lebih banyak dari itu, ini dia  6 dunia dalam drama The King Eternal Monarch.


1. Dunia pusat cerita, dunia yang dikisahkan sejak episode 1, Kim Go Eun yang memerankan karakter Letnan Jang Tae Ul seorang detektif divisi kejahatan dan kekerasan serta bertemu dengan Lee Gon di taman ketika pertama menyeberangi pintu dunia paralel. 

2. Dunia Kim Go Eun adalah seorang pilot wanita, mohon koreksi jika saya salah, tetapi dari seragam yang dikenakan, topi yang dibawa, koper yang dijinjing dan list pada lengan baju yang dikenakan identik dengan seragam pilot.

3. Dunia Kim Go Eun adalah seorang tentara wanita bernama Jeong Eun  Kyeong, tomboi dan gagah sekali.

4. Dunia Kim Go Eun adalah seorang Artis bernama Jeong Tae Ra, yang punya fans club atau penggermar bernama Tae Ra Byte, kocak sih apakah ini plesetan terabyte yang berarti 1.024 GB satuan kapasitas data? Ha ha.

5. Kim Go Eun adalah seorang polisi wanita bernama Hyo Jin, apa bedanya dengan Jang Tae Ul kan sama-sama polisi? Iya benar, perbedaan yang diperlihatkan adalah di dunia ini ia masih punya Ibu yang masih hidup.

6. Dunia dimana Lee Gon adalah seorang raja yang lalim atau diktator hingga rakyat yang bertemu di jalan harus menyembah sujud ha ha lucu sih.

East egg dalam drama The King Eternal Monarch
Selain plot twist bahwa ada multiple universe atau dunia versi lain, dalam episode 16 juga ada beberapa easter egg yang ditampilkan. Lee Gon yang kini memegang seruling Manpasikjeok utuh bisa melakukan time travel ke masa dan waktu kapanpun yang ia sukai dan ke dunia manapun.

Misalkan ia menemui Jo Eun-seob yang kini menjadi anggota NIS atau intelijen korea dan berpacaran  dengan Myeong Na-ri. Lee Gon pergi ke masa kecil Kang Sin Jae mencegah terjadinya kecelakaan yang menyebkan ia koma di time waktu utama, intervensi ini berdampak pada masa depan Kang Sin Jae yang di masa depan menjadi pengusaha sukses (Butterfly Effect Paradoks).

Lee Gon dan Jang Tae Ul pacaran setiap malam minggu, berbeda dengan muda-mudi indonesia yang kalau malmingan ke bioskop atau makan malam, mereka pacaran dengan jalan-jalan ke masa lalu. Agar tidak terjadi masalah mereka menghidari masa yang sama agar tidak bingun jika tanpa sengaja bertemu dengan kembaran mereka, pilihannya datang ke tahun 1960an hingga 200an.


Satu scene menunjukkan mereka bergandengan tangan dengan mengenakan pakain jadul, ada latar belakang sebuah poster film bioskop bertuliskan “Barefooted Youth” yang merupakan film Korea Selatan tahun 1964 yang disutradarai oleh Kim Ki-duk. Film Ini adalah salah satu film paling terkenal bergenre "film remaja" yang populer di Korea Selatan selama 1960-an. Kemudian diadaptasi sebagai serial televisi 1997 dengan bintang Bae Yong-joon dan Ko So-young, Film ini berhasil meraih penghargaan Film Blue Dragon untuk Musik Terbaik, wah keren ya penulis naskahnya membuat penonton rela searching tentang sejarah korea selatan.

Adegan ini mengakhiri episode 16 The King Eternal Monarch, secara keseluruhan drama ini sangat menarik dan berkualitas dari sisi plot, premis dan tema yang diangkat yaitu Time Travel, Multiple Universe dan Time Paradoks. Terimakasih bu Kim Eun-sook. Sampai jumpa.

**Update: sesaag setelah post artikel ini, saya dalat wa dari teman sesama penikmat drama korean, ia bertanya 2 hal siapa anak pemain yoyo? Dan siapa sosok mirip kang tae ul di depan toko buku di cctv yang dilihat oleh Lee Gon?

Jawaban saya:
1. Anak yang bermain Yoyo menurut saya adalah karakter yang terjebak di dunia paralel, ia tidak bisa tumbuh besar alias tetap kecil. Dan besar kemungkinan penyebabnya adalah peristiwa kudeta 1994. Makanya ketika Lee Rim dibunuh oleh Lee Gon ia menjadi besar, dan sosoknya terlihat di barisan tentara saat Lee Gon melantik Perdana Menteri, serta sosoknya muncul dalam rombongan anak sekolah yang lewat perguruan taekwondo ayahnya jang tae ul. Dalam time utama harusnya yang melihat jang tae ul di jendela adalah Kang Sin Jae (kang Hyeon Min) dari kerajaan Corea.

Atau bisa jadi ia adalah sosok "tahu segalanya" dewa semacam perwakilan Tuhan untuk menjaga dan mengembalikan alam pada keseimbangan akibat ulah Lee Rim. Formula ini pernah dipake penulis Kim Eun Sok pada drama Goblin, ada sosok Dewi berwujud wanita bergaun merah yang mencampuri urusan takdir.

2. Sosok mirip Jang tae Ul yang tertangkap CCTV di depan toko buku Haesong adalah Luna (nama asli Koo Seo Gyeong yang jadi polisi di kerajaan Corea. Seperti kita ketahui ternyata waktu kecil luna mau mencuri uang ibunya Go Seo Ryung (PM Ko) tapi justru ditolong oleh ibunya dan sepertinya diangkat jadi anak. Dengan demikian Luna berubah kehidupanya karena dan menjadi Polisi menjadi rekan Kang Hyeon Min Kang Shin Jae versi kerajaan corea.

Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »