Bosen Nonton Youtube yang Itu-itu Saja? Tonton 6 Channel Youtube Tema Politik Ini



Campusnesia.co.id - Tiga bulan lebih kita dalam masa pandemi, selama PSBB dan #dirumahaja menonton youtube adalah salah satu aktifitas yang paling banyak dilakukan. Kita bisa menemukan berbagai video dari yang hiburan, belajar hal baru, komedi, tutorial dll. Tapi pernahkan sobat merasa bosan dengan channel yang sering muncul diberanda Youtube atau kolom trending? jika pernah wajar, saya juga kadang merasa bosan, manusiawi.

Buat yang malas nonton channel youtube yang itu-itu saja, kali ini Campusnesia punya rekomendasi channel youtube dengan topik yang lebih serius yaitu hukum, politik dan sosial budaya. Tidak jarang channel-channel ini membahas hal kekinian yang terjadi di negeri ini dengan sudut pandang politik, hukum dan sosial budaya, apa saja channel youtubenya? berikut daftarnya.


1. Pandji Pragiwaksono
Di kenal sebagai stand up comedy-an tersohor tanah air yang sudah pernah mengadakan world tour, pandji juga dikenal sering membahas topik-topik berkaitan isu politik, hukum dan sosial budaya. Bahkan kita tahu di Pilkada DKI 2017 kemarin ikut terlibat langsung sebagai juru biacara pasangan calon Anies-Sandi. 

Walau dikenal partisan termasuk pendukung Jokowi, mantan host acara Provocative Proactive di metro tv tetapi menarik pendapatnya dan menurut saya cukup netral jika sudah membahas HAM misalnya, bahkan tidak jarang secara terang-terangan mengkritik kebijakan Anies Baswedan dan Jokowi jika dirasa melenceng dan merugikan rakyat, sudah mendapat 729 ribu subcribers mau nonton? klik di sini Pandji Pragiwaksono.


2. Fahri Hamzah
Politikus yang sudah malang melintang sejak era reformasi 1988, dikenal sebagai pendiri gerakan ekstra kampus KAMMI dan politikus PKS (Partai Keadilan Sejahtera). Dikenal salah satunya karena karakternya yang kontroversial dan keras dalam berbagai isu politik selama menjadi anggota DPR.

Bisa dibilang politikus yang serius menggarap channel youtube hingga mendapt silver button, hingga kini sudah mendapat 117 Subcibers. Setelah tak lagi mencalonkan diri pada pemilu 2019 kemarin kini beliau mendirikan partai baru bernama Partai Gelombang Rakyat (GELORA) Indonesia. mau nonton videonya? cek di sini Fahri Hamzah.


3. Refly Harun
Bisa dibilang pemain baru dalam kancah peryoutuban tanah air, tetapi kontenya sangat menarik membahas banyak hal terupdate dari isi hukum terutama hukum tata negara. Latar belakang beliau adalah pakar hukum tata negara, Staf Ahli Mahkamah Konstitusi, dan sempat menjadi Staf Ahli Presiden Bidang Hukum tahun 2014. Kini masih aktif mengajar di UGM.

Saat artikel ini ditulis 4/6/2020 channel youtube Refly Harun sudah mendapat 146 ribu subcribers. Akhir-akhir ini cukup intens membhas tentang intimidasi panitia dan pembicara seminar hukum di UGM dengan topik pemakzulan presiden saat pandemi. mau nonton? klik aja di sini Refly Harun.


4. Anis Matta
Rekan separtai Fahri Hamzah, beliau dikenal sebagai sekjen dan pernah menjabat presiden PKS, saat ini sedang mendirikan partai baru GELORA Indonesia. Hal yang saya sukai dari channel beliau adalah pembahasan tema politik kekinian dari sudut pandang Al Qur'an, juga tentang ide dan gagasan Gelombang Ketiga, potensi dan peluang peran Indonesia di kancah international, saya kutip istilah menarik dari beliau, kondisi indonesia saat ini "Langit terlalu tinggi tapi kita terbang tertalu rendah", segar dan membawa aura positif, mau mau nyimak, klik aja di sini Anis Matta.


5. Asumsi Bersuara
Salah satu segmen dari channel Asumsi, dipandu oleh Rayestu dan lebih populer di podcast sebenarnya, tayang setiap hari selasa dengan bahasan yang sangat menarik, ngobrol seputar ekonomi, politik, sosial budaya bahkan isu lingkungan. yang mau nyimak klik di sini Asumsi Bersuara.


6. Geotalk
Salah satu segmen dari channel youtube Geolive, dipandu host Cania dan menghadirkan tamu-tamu untuk membahas tema-tema politik salh satunya, yang mau nonton klik sini sini Geotalk.

Oke itu tadi sobat campusnesia, 6 Channel Youtube bertema Politik, Hukum dan Sosial Budaya yang menarik untuk ditonton sesekali jika kalian bosen dengan channel youtube yang itu-itu saja, ada rekomendasi lain? silahkan tambahkan di komom komentar, semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »