Nyobain Prakerja.org, Situs Kartu Prakerja Tandingan Versi Gratis

6:41:00 AM



Campusnesia.co.id - Kontroversi tentang program dari pemerintah Kartu Prakerja masih belum mereda, selain perbincangan mengenai efisiensi dan kurang tepat sasaran, penunjukan mitra yang tercium aroma conflict of interest, juga materi pelatihan yang disebut tidak terlalu bermanfaat dan terlalu mahal, banyak yang membandingkan aneka pelatihan yang ditawarkan mitra kartu prakerja dengan konten youtube yang bisa diakses secara gratis.

Sebelumnya, muncul sebuah website bernama Gratisinbelajar.com besutan M Faiz Ghifari dan kawan-kawannya. untuk mewujudkan pendidikan yang gratis namun berkualitas bagi semua masyarakat.



Beberapa hari ini muncul sebuah webiste yang tidak kalah bagus bernama Prakerja.org, di laman webiste mereka tertulis sebuah profile singkat yang mengejutkan yaitu, "Prakerja.org adalah bentuk kritik terhadap pemerintah terhadap program Kartu praKerja. Lihat manifesto lengkap kami. Anda bisa bergabung dalam aksi nyata"

Kami coba mengunjungi website Prakerja.org di daftar menu kategori kita bisa memilih berbagai pelatihan gratis diantaranya, Wirausaha, Pengembangan Diri, Bisnis dan Keuangan, Teknologi dan Bisnis Digital. Ada juga halaman khusus Live Streaming yang menyajikan pelatihan secara live streaming.

"prakerja.org tidak mengutip biaya apa pun dan tidak menarik keuntungan komersial, serta tidak memberikan insentif apa pun kepada pihak manapun terkait konten yang dipublikasikan melalui prakerja.org," demikian dinyatakan dalam bagian 'Tentang Kami' di laman tersebut. 

Tak hanya itu, admin laman tersebut juga menyatakan, jika ada pendapatan untuk prakerja.org misalnya dari iklan, donasi, ataupun pendapatan lainnya, maka pendapatan itu akan dipergunakan seluruhnya untuk pembiayaan operasional prakerja.org. Tulis Kumparand dalam berita yang berjudul Ada Tandingan Kartu Prakerja, Semua Pelatihan di Prakerja.org Diberikan Gratis.

Pembuat Prakerja.org Blak-blakan Bikin Situs Tandingan Kartu Prakerja, "Iya (Prakerja.org sebagai bentuk kritik Kartu Prakerja Pemerintah," kata Andri W Kusuma salah satu inisiator Prakerja.org saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (19/5).

Bedanya Pra Kerja Pemerintah dan Pra Kerja Tandingan adalah versi pemerintah berbayar dan dianggap pemborosan anggaran negara serta tidak solutif di saat pandemi seperti ini sedangkan Prakerja.org menghadirkan semua materi pelatihan secara gratis.

Saat ini, konten prakerja.org masih sebatas embedded video dari YouTube dalam ranah wirausaha dan ide bisnis, pengembangan diri, bisnis dan keuangan, teknologi dan software, hingga bisnis digital. Kompetensi pemberi materi tetap diperhatikan dan ke depannya akan semakin banyak video pelatihan lewat pembukaan kontribusi masyarakat umum. Brahmantya mengatakan situs ini bisa jadi sarana masyarakat mengakses pelatihan tanpa membebani keuangan pemerintah.(vice.com)

"Yang bisa jadi materi bagi siapa pun secara gratis mengaksesnya tanpa bayar, tanpa dibayari pemerintah, dan bukan menjadi syarat menerima bantuan tunai. Saya contohkan misalnya pelatihan pemasaran produk makanan. Di sini author-nya juga bukan vlogger, tapi ini punya dasar ilmunya," kata Brahmantya dilansir CNN Indonesia.

Bagi sobat yang mau mencoba pelatihan dari webiste pra kerja tandingan, bisa klik link berikut ini >> Prakerja.org dan silahkan beri pendapat kalian di kolom komentar, semoga bermanfaat.

penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »