Kabar Mahasiswa FK Undip Positif Corona, HOAX!



Campusnesia.co.id -- Jumat 13 Maret 2020 sekitar jam 21 malam, admin twitter Campusnesia menemukan sebuah postingan di akun base Undipmenfess yang berisi screenshoot pemberitahuan bahwa ada mahasiswa Undip yang positif Corona sepulang dari Malaysia. Berikut kami lampirkan hasil screenshoot yang saat berita ini kami tulis (sabtu/14/03/2020) sudah dihapus.



Terpantau postingan itu diunggah sekitar jam 20.25 WIB, sontak saja netizen yang mayoritas anak undip segera merespon dengan berbagai jawaban yang mayoritas mengkhawatirkan jika postingan tersebut benar. Sayangnya, karena ini akun base atau menfess, si pengirim tidak diketahui akunnya sehingga sulit untuk memverifikasi atau sekedar mencari tahu, dari mana ia mendapatkan info yang diposting tersebut.

Redaksi Campusnesia, malam tadi segera mencari informasi tentang kebenaran postingan di twitter untuk verifikasi sehingga tidak menimbulkan keresahan berkelanjutan. Kami mencoba menghubungi beberapa kenalan dosen di Undip dan staff di dekanat maupun rektorat, jawabanya sama, beliau-beliau yang bekerja dan bagian dari civitas akademika Undip bahkan belum tahu ada broadcast seperti yang diposting di twitter tadi. Dan berjanji apabila ada info lebih lanjut akan mengabari kami.

Kami masih memantau twitter, hingga akhirnya jam 00.10 WIB tanggal 14 maret kembali ada postingan di akun Undipmenfess yang isinya Klarifikasi dari BEM FK Undip terkait postingan yang heboh sebelumnya, dalam postingan tersebut ada 4 poin, pertama membenarkan bahwa ada 5 mahasiswa FK undip yang telah kembali dari Malaysia pada bulan februari 2020 setelah mengikuti lomba, kedua 5 mahasiswa tersebut telah melewati serangkaian cek kesehatan atas anjuran pihak fakultas dan sudah melewati mas ODP (14 hari), ketiga, Berita tersebut telah dikonfirmasi oleh pihak pembuat bahwa berita tersebut HOAX. dan keempat sampai saat klarifikasi diposting tidak ada informasi resmi dari pihak Undip terkait mahasiswa undip yang positif COVID-19. 

Redaksi juga sudah menelpon salah satu kontak person di screenshot klarifikasi yang beredar, Wina dari BEM FK Undip kembali mengkonfirmasi bahwa berita heboh di twitter sebagaimana dalam point-point klarifikasi mereka adalah HOAX!. dan berikut kami lampirkan screenshot klarifikasi dari pihak BEM FK Undip beserta nomer kontak personnya yang kami download dari akun undipmenfess.


Dan pagi ini, sabtu 14 maret 2020, redaksi Campusnesia mendapatkan konfirmasi dari staff dekanat teknik Undip bahwa berita tersebut HOAX, sumber kami dari dosen Fisip Undip juga memberikan klarifikasi bahwa kabar di atas HOAX sembari meneruskan pesan Whatsapp dengan ttd Rektor bahwa kabar yang dimaksud tidak benar, memberikan himbauan agar kabar Hoax tersebut tidak lagi disebar, pihak undip akan segera melakukan langkah antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona. Berikut kami lampirkan screenshoot himbauan tersebut.



Dengan ini, kami nyatakan bahwa postingan di twitter bahwa ada mahasiswa FK Undip yang Positif Virus Covid-19 adalah HOAX, untuk semua sobat Campusnesia dan netizen kami menghimbau:

1. Jika mendapatakan berita, broadcast atau screenshoot terkait info corona atau apapun, TAHAN JEMPOL, tidak perlu menjadi yang paling pertama posting di sosial media atau grup WA jika belum tahu kebenaran berita tersebut.

2, Usahakan verifikasi dulu ke pihak-pihak yang terkait agar mendapatkan info yang lebih valid

3. Jika menemukan postingan yang mencurigakan, ingatkan si pengirim pesan sudahkah ia memverifikasi info yang ia posting.
4. Di tengah kekhawatiran masyarakat mari jaga kondusifitas salah satunya dengan tidak membuat dan ikut menyebarkan kabar HOAX, apapun itu.

5. Jaga kesehatan, mari lindungi diri sendiri dan keluarga dari potensi terpapar virus Covid-19 sesuai anjuran Kementerian Kesehatan.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa. Sebarkan klarifikasi ini, Stop Hoax dikamu aja.

Penulis: 
Achmad Munandar
Pimpinan Redaksi Campusnesia.co.id

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »