Tim I KKN Undip Edukasikan Hidroponik sebagai Inovasi Pertanian di Desa Kumejing



Campusnesia.co.id -- Batang, 6 Februari 2020. Mahasiswa Tim I KKN Undip mengadakan program multidiplin yaitu demo pembuatan hidroponk sebagai program inovasi pertanian di Desa Kumejing. Kamis pukul 13.00 WIB, diadakan pemaparan cara membuat hidroponik yang dibawakan oleh mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 2019/2020. Acara ini diadakan sebagai tugas monodisipin kelompok mahasiswa desa Kumejing. Pemaparan dilakukan secara langsung di balai desa dan dihadiri oleh ibu-ibu PKK penanggung jawab kegiatan wanita tani.

Pemaparan dibagi menjadi empat sesi materi. Pertama, ialah mengenai cara perakitan infrastruktur hidroponik. Mahasiswa menyediakan semua bahan dan alat meliputi pipa beragam ukuran, sambungan, pompa, dan ember. Pada sesi ini, ditunjukkan oleh mahasiswa langkah-langkah merakit hidroponik dari penyangga hingga jadi seluruhnya.

iklan

Sesi kedua, ialah penjelasan mengenai pembuatan media tanam. Mahasiswa KKN menunjukkan bentuk rock wool yang sudah dipotong sedemikian rupa dan ditanami oleh bibit bayam merah. Setelahnya di sesi tiga-empat, diajarkan kepada ibu-ibu langkah untuk membuat larutan nutrisi serta memakainya. Mahasiswa KKN turut mendemokan dan menunjukkan wujud akhir campuran nutrisi.


Acara ini berlangsung dengan lancar. Ibu-ibu PKK begitu antusias terhadap inovasi yang mahasiswa KKN sampaikan. Terdapat banyak pertanyaan mengenai teknis penyediaan pipa, jenis tanaman, dan pembuatan larutan nutrisi. Testimoni dari Ibu Suswati (40), ketua kegiatan wanita tani, bahwa infrastruktur hidroponik ini sangat membantu KWT untuk diversifikasi media tanam. Harapannya agar hidroponik pemberian mahasiswa KKN dapat dirawat secara baik dan diperbanyak.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »