Pecinta Kuliner? Jangan Lewatkan 6 Acara Masak-memasak Ini



Campusnesia.co.id - Sebagai anak desa, seluruh waktu masa kecil saya habis dengan bermain bersama teman. Berbeda dengan anak kecil jaman sekarang yang lebih banyak dihabiskan dengan gadget. Salah satu permainan favorit kami bernama "pasaran" atau "masak-masakan" ibarat sebuah komedi situasi atau sketsa, walau tanpa skenario dan sutradara, kami happy bermain peran menjalankan sebuah cerita ibarat acara komedi opera van java (OVJ).

Ada yang berperan sebagai pembeli, penjual makanan, ojek dll. Sebagai penjual makanan maka harus menghidangkan makanan. Dari koleksi mainan seadanya dan bahan-bahan di sekitar, di mata kami tanah, dedaunan, tiba-tiba menjadi uang dan bahan makanan. 

ads



Mungkin karena kenangan masa kecil itu, setelah dewasapun saya cenderung suka dengan acara-acara bertema masak-memasak atau kuliner. Untuk pembaca Campusnesia berikut saya akan rangkum acara-acara masak-memasak dan kuliner favorit saya yang pernah tayang di tv nasional. Apa saja? Yuk simak daftarnya.

1. Aroma

Tayang di Indosiar dengan pembaca acara ibu Sisca Soewitomo, yang juga merupakan seorang pakar kuliner asal Indonesia yang dijuluki sebagai "Ratu Boga Indonesia". Sebagai seorang pionir dari acara memasak di televisi Indonesia dan penulis dari hampir 150 buku resep, ibu Sisca Soewitomo telah mendedikasikan 50 tahun karirnya untuk memperkaya kancah kuliner Indonesia. Dicintai di seluruh negara, ia telah bekerja pada bidang tata makanan untuk merek-merek makanan terbesar Indonesia dan menerima beragam perghargaan, termasuk Ubud Food Festival Lifetime Achievement Award pada tahun 2016.

Acara Aroma tayang setiap hari Sabtu pada pukul 07.00 WIB dengan durasi selama 30 menit sejak akhir tahun 1996. Dalam acara ini ada tiga hingga empat jenis hidangan yang disajikant. Pada awal acara akan disajikan berbagai hidangan utama (main course) yang selanjutnya diikuti dengan hidangan lain atau pelengkap, pada akhir acara disajikan berbagai hidangan ringan lainnya seperti aneka kue hingga hidangan dalam bentuk dessert.  

2. Wisata Kuliner Trans Tv

Acara wisata kuliner tayang di Trans Tv, dibawakan oleh presenter alm. pak Bondan Winarno yang berlatar belakang wartawan. Konsep acaranya berkeliling dari warung ke warung, resto ke resto bahkan jajanan pasar dan pinggir jalan atau kaki lima. Pak Bondan akan mencicipi setiap tempat makan yang didatangi dan memberi review dari rasa, bahan yang digunakan dan kadang sejarah singkat tentang makanan tersebut. 

Belakangan konsep acara wisata kuliner ala pak Bondan menjadi tren youtuber indonesia yang membahasa tentang makanan. Salah satu kata yang dinanti dalam setiap episodenya adalah ucapan "Pokoke Maknyus!" dari pak Bondan yang artinya makanannya lezat. Serta kalimat penutup yang legendaris "tetap sehat, tetap semangat, supaya tetap bisa jalan jalan dan makan makan..bersama saya"

3. Hell kitchen Indonesia

Ajang pencarian bakat yang diadopsi dari Hell's Kitchen (Inggris) dengan sponsor dari ITV dan diproduksi di Indonesia oleh FremantleMedia yang bekerja sama dengan SCTV. Ajang ini merupakan pencarian bakat memasak. Acara ini pertama kali dimulai pada tahun 2015. Berisi acara yang berhubungan dengan memasak dengan durasi acara selama 2 jam.

Acara ini pertama kali ditayangkan pada jam 17.00 WIB, tetapi pada tanggal 21 Februari 2015 jam tayang dipindahkan ke jam 22.30 WIB, lalu dipindahkan lagi ke jam 23.30 WIB. Chef Juna Rorimpandey merupakan head chef. Sementara posisi maître d'hôtel dipegang oleh Andrie Khusyi. Masing-masing tim juga mendapatkan bantuan seorang sous-chef, Rano Abryanto di tim biru dan Winnie Kusumawardani di tim merah.

4. Iron Chef Indonesia

Iron Chef merupakan program acara memasak yang pertama kali muncul di Jepang pada tahun 1993 hingga 1999. Sejak saat itu, banyak negara yang sukses mengadaptasi acara tersebut, seperti Amerika, Australia serta Inggris. Kini Iron Chef versi Indonesia tayang di RCTI dengan menampilkan para ahli bidang kuliner.

Iron Chef Indonesia tayang setiap hari Minggu pukul 16.00 di RCTI. Program ini mempertunjukkan pertempuran antara Iron Chef yang terdiri dari  Chris Salans, Adhika Maxi dan Sezai Zorlu dengan Challenger Chef di mana keduanya adalah koki profesional. Keduanya akan mendapatkan bahan rahasia yang harus diolah jadi hidangan menggoda selera dengan tampilan yang apik dan menggiurkan. Mereka ditantang membuat tiga hidangan dalam durasi 60 menit.

5. Chef Table

Merupakan program acara memasak oleh Chef Chandra yang dikenal dengan tampilan Fancy Food, di mana Chef Chandra akan mengundang langsung tamu (Artis dan Figur Publik) untuk hadir di Chef's Table, kemudian memasak hidangan di dapur Chef Chandra sebagai bintang tamu.

Tayangan Chef’s Table sendiri di produksi mulai 1 Januari 2014, dengan durasi selama 30 menit, dan hanya tayang di hari Sabtu dan Minggu pukul 15.00 Wib. 

Tidak hanya menyuguhkan informasi dan edukasi mengenai dunia masak memasak. Tayangan Chef’s Table juga dikemas semenarik mungkin dengan tampilan audio visual yang sangat modern, agar tidak terlihat kaku oleh khalayak yang menontonnya. 

Dalam acara ini, chef akan memberikan beberapa resep menu yang dibuatnya. Tidak hanya itu tayangan Chef’s Table juga memberikan informasi terkait manfaat bahan masakan yang digunakan. Tayangan tersebut juga dapat menambah pengetahuan kita bagaimana menata makanan agar terlihat menarik

6. Master Chef Indonesia

Tahun ini memasuki season ke enam, ditayangkan oleh RCTI. Musim acara ini mulai ditayangkan sejak 21 Desember 2019 selama dua kali seminggu. Musim ini menjadi musim MasterChef Indonesia dengan waktu jeda tayang tercepat dibandingkan musim sebelumnya, mengikuti kesuksesan penayangan MasterChef Indonesia pada musim sebelumnya. Seluruh dewan juri pada MasterChef Indonesia musim lalu kembali menjadi juri pada musim ini, yaitu Chef Juna Rorimpandey, Chef Arnold Poernomo, dan Chef Renatta Moeloek.

Hingga artikel ini ditulis (09/02/2020) Masterchef Indonesia telah menghadirkan 4 bintang tamu yaitu Gibran Rakabuming (12 Januari 2020), Kaesang Pangarep (12 Januari 2020), Top 10 Indonesian Idol X (2 Februari 2020), Prilly Latuconsina (9 Februari 2020).

Itu tadi sobat campusnesia, 6 acara masak-memasak yang rekomended buat kamu tonton kalau ngaku suka kuliner. Semoga bermanfaat sampai jumpa.

penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »