Review Buku Menaklukan Media, Berbagi Pengalaman Menulis Opini dan Resensi Buku

9:05:00 PM



Campusnesia.co.id -- Lama tidak membaca buku, redaksi hadirkan kembali review buku yang menarik dan semoga bermanfaat untuk sobat Campusnesia. Buku yang akan review masuk kategori lama tetapi dari sisi ilmu dan isi sangat menarik terutama bagi sobat yang suka dunia menulis dan ingin menjadi penulis. Buku apa itu? yuk simak reviewnya.



1. Judul Buku
Menaklukan Media, Berbagi Pengalaman Menulis Opini dan Resensi Buku.

2. Penulis
Ditulis oleh Andi Andrianto, alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Dengan segudang pengalaman menulis artikel, opini dan resensi buku yang telah dimuat diberbagai koran daerah dan nasional.

3. Penerbit
Diterbitkan PT Elex Media Komputindo tahun 2011 dengnn 184 halaman.

4. Isi Buku
Sebagaimana judulnya, dalam buku ini mas Andrianto berbagai pengalamanya dalam "menaklukan media" dalam konteks tulisanya yang berupa Artikel, Opini dan Resensi Buku berhasil sering dimuat di berbabagi media baik daerah maupun nasional.

Bagi yang belum tahu, sebuah tulisan lolos dimuat oleh media bukanlah hal yang mudah, apalagi yang memulainya dari nol dan bukan tokoh yang sudah dikenal masyarakat.

Ada empat bab yang disajikan, diawali dengan bab pertama yang membahas tentang cara melawan kemalsan menulis. Bab ini sangat menarik bagi saya, karena memang demikian adanya, tantangan terbesar dalam menulis adalah kemalasan. Terlalu banyak alasan negatif, mood yang tidak baik serta kurangnya kepercayaan diri, tips versi buku ini adalah ubahlah alasan menjadi positif, ciptakan mood yang menyenangkan dan percaya diri.

Bab kedua membahas tentang asyiknya menulis, kita jadi tahu tentang alasan kenapa perlu menulis, manfaat menulis bagi orang pribadi hingga mahasiswa, dosen dan perguruan tinggi. 

Berikut saya kutip, 10 manfaat menulis untuk pribadi versi buku ini yang sangat menarik;
1. Sosialisasi Gagasan
2. Menjadi Ruang Diskusi Produktif
3. Aktualisasi dan Eksistensi Diri
4. Dikenal Banyak Orang
5. Tambah Teman, Tambah Rezeki
6. Memperkuat Daya Ingat
7. Muncul Kepuasan Batin
8. Dapat Honor
9. Dihargai dan Dihormati Orang Lain
10. Semakin Dekat dengan Sang Pencipta

Yang terakhir ini sangat menarik karena ada hubunganya dengan dimensi spiritual, mas Andrianto berpendapat bahwa siapa coba yang memberikan ilham dan ide-ide yang sering datang tiba-tiba jika bukan dari Tuhan?. 

Kita akan belajar lebih teknis tentang cara menulis artikel opini dan resensi buku di bab ketiga, tahapan apa saja dan bahan apa saja yang perlu disiapkan, termasuk juga tips-tips membuat judul, lead artikel serta sudut pandang. Ada juga info kolom dan rubrik dari berbagai media di indonesia yang bisa dicoba untuk dikirimi artikel dan resensi buku serta kisaran honor yang bisa didapatkan, menambah semangat banget sih ini.

Terkahir adalah epilog di bab empat, ada beberapa lampiran tulisan dan resensi buku dari penulis yang pernah dimuat di berbagai media.

5. Kesimpulan
Buku ini cocok banget untuk yang sedang belajar menulis dan ingin menjadi penulis, walau kecil tapi gedhe ilmunya dan praktis. Mungkin sudah agak sulit ditemukan di toko buku, tapi sobat bisa pinjam di eL Library. 

Review ini kami tutup dengan sebuah kutipan dari ungkapan sastrawan Pramoedya Ananta Toer "Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan sejarah. menulis adalah bekerja untuk keabadian."

penulis: Nandar
editor: Mumun
foto: Nandar



Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »