7 Ide dan Peluang Bisnis dari Hobi Masak Memasak




Campusnesia.co.id -- Sobat campusnesia hobi masak atau kuliner? Jangan sia-siakan hobi itu bisa jadi bakal menghasilkan pundi-pundi jika ditelateni. Gak percaya? Berikut kami hadirkan ide-ide yag bisa kamu lakukan agar hobi masak-memasakmu jadi penghasil pundi-pundi.

1. Buka Resto atau Warung
Idealnya dimulai dengan modal besar, karena harus sewa tempat, karyawan dan peralatan. Tapi di era digital ini tanpa semua itupun kamu tetap bisa bisnis warung makan atau kulineran. Cukup punya menu andalan, buka warungmu dari rumah atau gerobak dan promosikan lewat aplikasi semacam go food dan grab food, syarat enak dan lokasi google-able. Kamu sudah bisa jadi pengusaha kuliner.



2. Catering 
Jika warung harus buka setiap hari, dengan buka jasa catering kamu tidak harus buka tempat di pinggir jalan atau ruko. Asal promosi kenceng catering bisa laris manis, umumnya catering ordernya lebih besar karena untuk keperluan acara tertentu, tapi kekuranganya juga kadang tiap setiap saat ada acara. Solusinya kamu bisa buka catering yang sifatnya harian untuk keperluan rumah tangga dan perorangan, misal catering menu diet tertentu. Yang harian sebagai retail yang event sebagai proyekan.

3. Kuliner Blogger atau Vlogger
Buat konten tentang masak memasak atau wisata kuliner. Manfaatkan sosial media dan youtube atau tulisan lewat blogger. Banyak hal yang bisa dimonetize, misal review berbayar atau endorse.



4. Jual Bahan dan Alat Masak
Point 4 ini ada hubunganya dengan point 3, jika kamu sudah bergelut di dunia kuliner selain bisa menghasilkan uang dari monetize iklan, bisa juga jualan hal yang berpasangan atau berkaitan dengan aktifitas masak dan makan. Apa itu? Bahan dan alat masak, kamu bisa jualan dengan brand sendiri sesuai menu buatanmu atau reseller produk orang lain.

5. Menulis Buku Resep
Yup, menulis ini bisa berupa buku fisik atau soft copy ya, bisa diterbitin sendiri atau di platform semacam cookpad. 

6. Foto Produk Kuliner
Pernah menelan ludah dan seketika ingin makan makanan dan minuman setelah melihat iklannya yang menggoda? Ini adalah hasil dari para fotografer dan videograofer khusus makanan dan minuman. Kamu bisa coba ide ini. 



7. Buka Kursus Memasak
Setiap orang bisa saja belajar outodidak dengan melihat video agau baca buku resep masak, tetapi belajar langsung dengan guru atau chef pasti lebih menjamin pemahan dan cepat bisa. Jangan lewatkan peluang itu, buka saja kelas memasak pasti banyak yang berminat.

Nah itu tadi sobat Campusnesia, 7 ide dan peluang bisnis dari dunia masak memasak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lupa tinggalkan komen di bawah ya. 

Penulis: Nandar 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »