Ki Dhanang Wahyu Prasetya, Dalang Cilik asli Tegalharjo Trangkil Pati

8:05:00 PM


Campusnesia.co.id -- Wayang kulit, sebuah kesenian pagelaran dan hiburan yang konon sudah ada sejak masa kerajaan di jawa sangat digemari oleh masyarakat indonesia, bahkan tidak sedikit warga luar negeri yang penasaran dan ingin belajar menjadi dalang, akan tetapi kesenian wayang dan Dalang bukanlah kesenian yang mudah untuk dipelajari.

Namun hal ini tak mnyurutkan langkah seorang anak bernama Dhanang Wahyu Prasetya, putra pertama dari pasangan Bapak Wasikun dan Ibu Puji warga Dukuh Weron Desa Tegalharjo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati.




Sejak usia dini, Dhanang ini mulai menunjukkan ketertarikannya pada kesenian wayang. Bapak Wasikun dalam sebuah kesempatan pernah bercerita ketertarikan putranya pada kesenian wayang tanpa dorongan dari orang tua, murni atas keinginan pribadi.

Sebagai bapak, beliau kemudian mencarikan guru agar Dhanang bisa belajar serius, bukan tanpa tantangan namun kini jerih payah dan perjuangan Dhanang mulai nampak hasilnya.




Saat ini bocah itu telah menjelma menjadi dalang cilik dengan nama panggung Ki Dhanang Wahyu Prasetya. Undangan untuk tampil dalam berbagai acarapun berdatangan. Dari pagelaran budaya hingga acara tasyakuran dalam dan luar kota.



Walau sibuk dengan aktivitas dalangnya, ki Dhanang tetap melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar, saat ini telah naik kelas IX di SMP N 1 Trangkil.




Luar biasa ya sobat Campusnesia, di usia yang masih belia dengan kecintaanya pada budaya bangsa Dhanang menekuni dan mempelajari kesenian wayang hingga menjadi dalang cilik kondang.

Sobat yang penasaran dengan penampilan Ki Dhanang Wahyu Prasetya, Dalang Cilik asli Trangkil Pati, berikut kami tampilkan cuplikan penampilanya. Klik Play untuk menonton.



Untuk sobat campusnesia yang lain, kesenian apa yang kamu sukai, yuk pelajari dan tekuni selain sebagai usaha melestarikan budaya juga sebgai bakat.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa.

Penulis: Nandar
Foto: Dokumentasi Pribadi Bpk. Wasikun 
Video: Youtube Arbain Azyan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »