FIM Oye Semarang gelar FGD Tentang Konten Positif di Internet

6:02:00 PM


Campusnesia.co.id -- Minggu 15 April 2018, FIM (Forum Indonesia Muda) regional Semarang menggelar FGD bertema konten positif di Internet bertempat di waduk pendidikan Undip.

Tak kurang 35 pemuda dan pemudi dari berbagai kampus di semarang hadir sebagai peserta, bahkan ada pula yang datang jauh-jauh dari Salatiga dan Blora.

"Mereka adalah para calon peserta ajang pelatihan leadership bergengsi di tanah air FIM yang tahun ini memasuki tahun ke 20" jelas Oktavia mahasiswa Undip koordinator FIM Semarang sekaligus panitia penyelenggara.

Sebelum FGD yang digelar hari ini setidaknya 80-an calon peserta dari semarang dan sekitarnya telah diberikan tugas untuk kunjungan ke berbagai komunitas yang ada di semarang dan menelaah tentang sejarah, masalah, dampak, mitra dan manfaat yang di dapat selama aktif di komunitas.

Hari ini, hasil kunjungan dan penelaahan itu dipresentasikan sekaligus didiskusikan lebih lanjut untuk menjajaki pemahaman calon perserta terhadap berbagai masalah sosial yang ada di semarang. Output diskusi ini mereka diminta untuk menawarkan solusi dan komitmen aksi nyata kontribusi mereka terhadap penanganan masalah yang telah diidentifikasi.

Menurut Retno, pengurus dan panitia, dalam proses FGD ini juga bagian dari tahapan penilaian siapa saja yang akan lanjut ke proses selanjutnya yaitu wawancara sebelum akhirnya antara bulan juni-juli akan diadakan pelatihan tingkat regional di Solo, dan tingkat nasional di Jakarta.


Diskusi seru sekali, dipandu oleh alumni FIM semarang yang juga seorang peneliti Suwandi Suwe yang di awali dengan pengantar tentang pentingnya konten positif oleh founder Campusnesia.co.id 

Pasca acara sore ini, para peserta juga harus membuat video yang wajib di upload di Instagram dengan tema konten positif hasil identifikasi masalah yang mereka temukan, solusi yang ditawarkan dan komitmen aksi nyata yang akan mereka lakukan.


Ini strategi yang menarik dari panitia, untuk mewarnai dunia sosial media dengan kampanye konten positif sesuai tema yang mereka angkat hari ini.

Secara keselurahan acara berjalan lancar, dengan peserta yang antusias mengikuti hingga akhir acara. 

penulis: Nandar
fofo    : Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »