10 Ide Jualan saat Ramadhan

6:59:00 PM

Campusnesia.co.id -- Sobat campusnesia, dalam bisnis ada istilahnya memanfaatkan moment dengan menjual produk atau jasa yang berkaitan dan dibutuhkan oleh banyak orang di momen itu. Ada juga yang menyebutnya sebagai bisnis musiman. 

Menurut penulis, ada dua kategori usaha yang bisa dilakukan terkait bisnis musiman ini, bagi yang sebelumnya belum memiliki bisnis bisa dijadikan awal usaha, dan bagi yang sudah punya bisnis moment tertentu bisa dijadikan untuk meningkatkan penjualan dengan membuat program promo khusus.

Dalam kesematapan kali ini, penulis akan berbagi tentang ide usaha yang bisa dilakukan saat bulan ramadhan. Bulan yang kata orang salah satu bulan dimana masyarakat kita mengeluarkan lebih banyak uang dibanding 11 bulan yang lain. 

apa saja 10 ide bisnis saat ramadahan? yuk kita simak;

1. Jualan Makanan Sahur
Yang pasti mayoritas warung yang sebelum bulan puasa sudah buka usaha akan menjual produk sahur juga, agar produk makan sahurmu lebih kompetitif buatlah menu yang menarik dari sisi rasa, harga dan layanan. Misalnya menu sahur pesan antar.

2. Jualan Makanan dan Minuman Berbuka 
Hari ini, selasa 30 mei 2017 saya mencari menu berbuka puasa kolak dan gorengan sepanjang jalan banjarsari tembalang hingga ngesrep hampir tiap 50-100 meter ada penjual menu berbuka. Luar biasanya laku semua. jadi ini peluang bisnis yang tidak bisa diremehkan untuk dicoba.

3. Jualan Busana Muslim
Bulan ramadhan dan idul fitri identik dengan baju baru. Secara harfiah demikian dan bagi sebagaian masayaraat kita memang inilah saatnya membeli baju baru karena (mohon maaf) belum tentu dibulan-bulan biasa ada anggaran khsusus untuk baju baru. Ini peluang yang menarik juga, Dari anak kecil sampai dewasa bahkan orang tua berpeluang membeli produk pakaian muslim, bukan hanya pakaian ada juga turunanya seperti sajadah, mukena, peci dan sarung.

4. Jualan Kurma
Sebagai makanan yang sunnah untuk dinikmati, kurma mendapat tempat tersendiri di masyarakat muslim, peluang jualan kurma bukan hanya untuk suguhan idul fitri tapi juga sepanjang bulan puasa. Tidak percaya kalau bisnis ini potensial? tuh minimarket saja sampai jualan.

5. Jualan Kue Lebaran
Segmentasi ibu-ibu adalah pasar yang potensial sekali di era sekarang, walau ramadhan baru tanggal satu dan puasa baru saja dimulai, biasanya para ibu sudah mulai memikirkan kue apa yang nanti hendak dihidangkan di meja tamu saat lebaran. Manfaatkan peluang ini dengan berjualan jauh-jauh hari sebelum lebaran tiba, makin cepat dapat order main baik.

6. Jualan Toples 
Produk turunan dari kue lebaran, jika sudah menawarkan produk kue jangan lupa tawarkan tempat naruh kue nya juga, yup toples entah yang bahan plastik, atau kaca. Pastikan produk kamu unik dan beda dengan yang ada di pasaraan agar lebih menarik hati pembeli untuk memborongnya.

7. Jualan Amplop Wingsit
Wingist dalam istilah jawa layaknya angpau, uang jajan yang diberika oleh orang tua kepda anak-anak keil. Lebih emnarik mana ngasih wingsit berupa uang lembaran atau dala amplop yangluculucu. akanya ini juaga peluang bisnis.

8. Jualan Aneka Minuman
Dominasi minuman sirup, teh dan minuman-minuman gelas sudah menjadi-jadi saat ramadhan, bahkan beberapa produk sirup seakan baru mulai jualan saat ramadhan tiba. Menariknya dengan angaran belanja iklan di televisi yang bergitu besar bisa dibilang masih untung bisnisnya artinya bisns minuman ramadhan dan idul fitri ini peluangnya besar. So mengapa tidak mencoba menawarkan minuman idul fitiri yang berbeda dengan yang ada di pasaran. Pangsa pasarnya masih potensial.

9. Jualan Jasa Parcel
Menurut penulis ini masuk kategori jasa, dalam setahun bisnis parcel ramai setidaknya tiga kali, saat idul fitiri, saat natal dan tahun baru. Potensial lho, selain segmentasi pasar perorangan bisnis ini bisa menyasar instansi atau corporasi. Sekali order pasti banyak.

10. Kardus, Kerangjang Parcel
Nah kalau jasa parcel menjual produk ke customer langsung, anda bisa mencoba jualan produk pelengkap parcel, katakanlah kardus dan kerangjangnya, dengan desain undik dan dilengkapi hiasan seperti tulisan selamat idul fitri atau yang lain. pasti laris.


11. Janur dan Ketupat

Walau di sebagian daerah lebaran ketupat menunggu tujuh hari setelah idul fitri, umumnya di kota besar dan tren sekarang pas hari H idul fitri harus sudah ada opor ayam dan ketupat. Ini peluang sekali untuk menjual janur sebagai bahan pembuat ketupat atau sekalian jual ketupat yang sudah jadi siap di isi beras. potensial sekali

itu dia sobat campsunesia, 10 ide jualan saat ramadhan, semoga bermanfaat. Punya ide yang lain? boleh share di kolom komentar. Sampai jumpa selamat menjalankan ibadah puasa dan salam prestatif.

penulis:
Achmad Munandar

foto: says.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor