5 Fakta Seputar Piala AFF Suzuki Cup dan Indonesia



Sobat Campusnesia, Rabu 14 Desember 2016 menjadi salah satu hari bahagia bagi masyarakat Indonesia terlebih bagi penggemar sepak Bola, laga final Piala AFF Suzuki Cup 2016 antara Indonesia vs Thailand di Leg pertama berhasil dimenangkan oleh Indonesia dengan Skor 2:1. Gol tercipta oleh Rizki Pora dan Hansamu Yama Pranata.

Redaksi punya beberapa fakta menarik seputar piala AFF Suzuki Cup 2016 dan Tim Indonesia, apa saja? berikut daftarnya:

1. Indonesia Belum Pernah Juara 

Semenjak digelar tahun 1996, Indonesia belum pernah sekalipun meraih gelar juara turnamen antar negara di wilayah Asia Tenggara itu - dahulu namanya Piala Tiger. 

Pada Piala AFF 2002 dan 2004, Indonesia maju ke final, tetapi takluk di kaki Thailand dan Singapura.

Enam tahun lalu, Indonesia kembali melaju ke partai final dan, celakanya, kembali gagal setelah kalah agregat 2-4 dari Malaysia - kalah 0-3 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, dan kalah 1-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

2. Indonesia Sudah 4 kali ke Babak Final

Setelah dikalahkan Thailand di final Piala AFF 2000 dan 2002, dua tahun kemudian di final Piala AFF 2004, yang digelar secara home and away, Indonesia harus mengakui kedigdayaan Singapura dengan agregat 2-5.

Di Gelora Bung Karno, Indonesia kalah 1-3 (dengan satu-satunya gol dicetak oleh Mahyadi Panggabean), sementara dalam laga leg kedua di Singapura, lagi-lagi Indonesia kalah 1-2.
Gagal masuk final di AFF 2007 dan 2008, timnas Indonesia menghadapi Malaysia di partai final AFF 2010.

Setelah melaju dari babak penyisihan grup yang digelar di Indonesia dan Vietnam, Indonesia menundukkan Filipina di semi final dengan agregat 2-0. Di babak semi final lainnya, Malaysia menggulung Vietnam dengan agregat 2-0.

Laga final pun menghadapkan Indonesia-Malaysia. Dalam final leg pertama di Stadion Bukit Jalil, yang diwarnai insiden 'sinar laser', Indonesia ditekuk 0-3 oleh tuan rumah Malaysia.
Keunggulan 2-1 Indonesia atas tim tamu di Gelora Bung Karno, tak cukup untuk membalikkan keadaan, dan Indonesia klagi-lagi gagal meraih status juara.

3. Makanan Gratis Di luar Stadion 
Segala sesuatu yang gratis memang akan selalu menarik. Hal itu juga yang terjadi saat sekitar 30 gerobak makanan gratis yang disiapkan PSSI untuk suporter Timnas Indonesia yang nonton bareng di luar Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu (14/12/2016). Hanya dalam waktu lima menit saja, semua makanan itu ludes tak tersisa.

4. Dulunya bernama Piala Tiger

Nama lama kejuaraan ini berasal dari sponsornya yaitu perusahaan bir Singapura, Tiger Beer. Pada 2007, nama kejuaraan ini menjadi Kejuaraan Sepak Bola ASEAN, dan pada 2008, berubah lagi menjadi Piala Suzuki AFF karena disponsori oleh Suzuki

5. Thailand Sudah Juara 4 kali
Gelar-gelar itu diraih pada Piala Tiger 1996, 2000, dan 2002, dan piala AFF Suuki 2014.

Nah bagaimana sobat Campusnesia, menarik bukan, apakah Tim Indonesia mampu memecahkan telur rekor dengan menjadi juara AFF Suzuki Cup 2016 kali ini dengan semua "Peluang emas yang bertabur intan permata?" kita saksiakn bersama nanti di leg kedua 17 Desember 2016./AM

Artikel Terkait

Previous
Next Post »