sponsor

Robanna Snack & Catering, Sosiopreneur di Bidang Kuliner

9:15:00 PM


Salam Jumpa sobat Campusnesia, bersua kembali dengan redaksi yang sudah siap dengan liputan menarik dengan tema sosiopreneur lagi, kali ini kita akan angkat sebuah kegiatan pemberdayaan dengan basis ekonomi tentang dunia kuliner. 

Dari judul di atas sepertinya sudah tidak asing ya, Robanna adalah akronim dari Rowosari Banana yang makna harfiahnya adalah pisang rowosari, iya bagi sobat campusnesia yang pernah membaca artikel sosiopreneur kami yang lain itu merujuk pada sebuah progra, pemberdayaan masyarakat di daerah Rowosari Tembalang Semarang sebauah daerah dengan potensi pisang yang didampingi oleh teman-teman penerima manfaat beastudi etos dompet dhuafa wilayah semarang beserta para alumninya.


sepertinya tak pernah putus dari kata Kreatif dan inovatif setelah sukses melabungkan Rowosari dengan olahan aneka pisang kemudian segudang pogram mulai dari pendidikan, sosial, kesehatan dan kepemudaan, Salman Fathoni dan kawan-kawanya dari peneria manfaat bestudi etos dompet dhuafa wilayah semarang kembali membuat program baru yang orientasinya adalah peberdayaan ekonomi.


Melihat peluang bahwa di Kampus sering sekali mengadakan kegiatan baik yang skala jurusan, fakultas bahkan universitas yang pastinya butuh konsumsi baik snack maupun catering, Salman dibantu Latifah Mahasiswi Jurusan Sastra Indonesia UNDIP angkatan 2015 dan teman-temanya yang tergabung dikoperasi Bisa yang merupakan koperasi para penerima manfaat beastudi etos semarang menangkap peluang itu dan mendirikan Robanna Snack dan Catering.


Ketika ditanya sejak kapan bisnis sosial ini dimulai, Pemuda dengan perawakan kurus ini menjelaskan baru mulai saat Bulan Ramadhan 2016 ini, tetapi yang luar biasa walau baru mulai sudah puluhan order yang diterima.


" Snacknya macam-macam mas dari yang basah sampai yang kering, per item nya ada yang 800-1500 rupiah mas, Bisa buat danusan (dana usaha), acara-acara dan sebagainya. Kalau cateringnya, ada nasi kotak, nasi bungkus, prasmanan. isinya tergantung pesanan Harga nasi kotak 8000-20.000 Rupiah, Tetapip harga juga tergantung pemesanan sih mas " Jelas Salman yang masih tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Ilmu Studi Pebangunan FEB UNDIP angkatan 2012 ketika ditana apa saja produk dan layanan Robanna snack dan Catering.


Dari Konsep pemberdayaan, Robanna snack dan catering ini idenya sangat sederhana, tiap kali ada order yang masuk yang memasak adalah ibu-ibu warga rowosari yang memiliki hobi dan kemampuan memasak, sebagian keuntungan untuk para ibu-ibu Rowosari, sebagian lagi untuk anggota koperasi, pengurus koperasi serta tidak lupa 2,5% untuk zakat.


Dipenutup sesi wawancara melalaui aplikasi chatting whatsaps, Salman menyampaikan harapanya suatu hari kelak makin banyak pesanan yang masuk, sehingga makin banyak yang mendapat manfaat dari program ini, para pemberdayanya, anggota koperasinya dan tentu saja warga Rowosari. 

Nah sobat campusnesia, bagi kalian yang punya acara di kampus jangan lupa ya pesen snack dan cateringnya di Robanna. sampai jumpa./AM 





Artikel Terkait

Previous
Next Post »