GAUL itu gak Golput :)

7:49:00 PM


Sobat Campusnesia, menjelang Pilkada Serentak 2017 Redaksi punya tulisan menarik yang ditulis oleh blogger Achmad Munandar dengan blognya nandarart.blogspot.co.id . Tulisan ini ditulis bulan januari 2014 tapi isunya masih menarik yaitu tentang Generasi Muda dan ajakan agar melek politik dan tidak Golput. Berikut Tulisan lengkapnya..

GAUL itu gak Golput :)

Pemilu 2014 tinggal menghitung hari, kurang dari 4 bulan lagi sob. Di tengah hiruk-pikuk tentang pemilu - kampanye dll, ada juga yang mengkampanyekan gerakan golput terlebih menyasar berbagai calon anggota legistalif. Nah sebagai anak muda saya cukup prihatain dengan situasi ini, tapi sebelum masuk ke pembahasan golput and gak golput saya lebih tertarik bicara tentang sebagai anak muda kenapa sih kita harus peduli dan melek dengan demokrasi-politik parpol dan pemilu. 

Saya akan mulai dengan pendapat pribadi yang mendasar, bahwa kita semua ingin hidup yang lebih baik kan lebih sejahtera lebih nyaman di negeri ini kan?, okey ada yang bilang untuk mencapai itu semua harus dimulai dari diri sendiri dengan belajar yang rajin bagi yang masih pelajar, bekerja keras dan bersungguh-sungguh agar kualitas hidup jadi lebih baik saya setuju itu semua, saya sebut sebagai kesadaran individu. Setidaknya kalau kita benar menjalani hidup secara individu kita sudah menolong diri sendiri dan tidak merepotkan keluarga serta masyarakat *asyikk :)

Berikutnya ketika selesai dengan diri sendiri, mari coba dengan lingkaran yang lebih luas, yaitu keluarga; mulai memikirkan apa yang bisa kita lakukan untuk keluarga kita agar lebih baik-sejahtera dll misalnya dengan menjaga keharmonisan keluarga, berprestasi agar keluarga bangga bekerja agar kesehjeraan keluarga mingkat dll.

Lebih luas lagi lingkarannya ketika kita sudah selesai dengan lingkaran keluarga kita pasti ingin dong pribadi yang sudah baik keluarga yang sudah sejtera juga berdampak kepada masyrakat di sekitar kita?, nah mulailah kita berpartisipasi di lingkungan masayrakat misalnya hal sederhana kegiatan di lingkungan Karang taruna RT RW desa dan kelurahan.

Nah Bro-Sist yang keren abis sampai di sini sebenarnya sudah gaul habis kalau kita sebagai anak muda punya kesadaran sampai bagaimana ikut berperan aktif dalam usaha meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan ligkungan masyarakat. Berikutnya nih biar tambah Gaul habis bagaimana kalau kita juga mulai memikirkan dengan bangsa dan negara kita dengan pola pikir yang sama yang telah kita coba di lingkungan kita pribadi, keluarga dan masyrakat sekitar.

Saya mulai masuk ke pembahasan tentang politik-parpol dan pemilu serta posisi kita sebagai anak muda ya prends. Perlu kita ketahui prend begitu banyak hal-hal yang berkaitan dengan bangsa dan negara ini masih di tentukan dari politik, contoh sederhana mulai dari bupati sampai prsiden wakil rakyat di DPR undang-undang dan aneka peraturan dan kebijaksanaan pemerintah sampai hari ini masih dari jalur politik. artinya mau tidak mau faktanya masih banyak politik berperan di negara kita yang lagi euforia tentang era demokrasi ini. So kita mau tahu atau gak mau, pelduli atau enggak ikut di dalamnya atau enggak kehidupan kita juga diatur dari proses politik. kalau di suruh milih saya pribadi bakal ikutan dong dari pada jadi sekedar obyek he..he..

Kalau gak suka partai polotik atau tidak ingin terjun ke politik gak masalah peran membangun bangsa ini masih banyak dari sisi yang lain pendidikan, ekonomi kemandirian, kesadaran sosial dll. Tapiii.. setidaknya sebagai generasi muda kita harus peduli dengan berbagai masalah dan isu politik bahasa saya; "yuk gaul sama politik" biar kita gak culun jadi kalau ada yang tidak lurus sebagaimana mestinya kita bisa ikut meluraskan, minimal melaui pendapat saran dan kritik di media apapun sosmed misalnya, tapi kalau kita sudah anti pati sama dinamika politik kan gak bagus kan yah.. :)

Terakhir dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilu 2009 yang kurang lebih 187 juta pemilih generasi muda (usia antara 17-30 tahun) ada sekitar 64 juta jiwa hampir seperiga *sindo Senin 16 Desember 2013. Artinya kita di posisi penting di pemilu 2014, fakta bahwa tidak semua calon presiden dan anggota legilatif tidak sempurna adalah IYA, apalagi dari 5 tahun track recod banyak yang terjerat aneka kasus. 
   
Tapi mau gimana lagi pemilu sudah di depan mata sistem kita masih menganut pemilihan yang demikian melalui partai politik dll. kita selesaikan pemilu tahun ini, kalau ada yang kita gak setuju dengan sitem ini stelah ini kita bicarakan solusinya hadapi yang di depan mata. Golput menurut saya bukan tindakan KEREN bagi anak muda. Kita pasti sepakat bahwa semua parpol tujuannya mulia gak ada parpol yang tujuannya menyengsarakan rakyat indonesia cek aja di vsisi-mis masing-masing parpol kalau dalam pelaksanakan belum maksimal atau menyimpang menurut saya lebih karena kemampuan orang-oangnya yang terbatas dan kadang khilaf, jadi dari sekian parpol yang belum sempurna pasti ada yang paling baik menurt kita juga diantara calon2 DPR pasti juga ada yang setidaknya paling baik, mari kita berperan dengan ikut memilih menitipan suara kita agar di kemudian hari ketika mereka yang kita pilih salah kita bisa Menegur sebagai pemilih.

Begitu teman-teman generasi Muda yuks.. peduli dengan kondisi di sekitar kita dan ikut berpartisipasi salam... " Peace Love n Gaul :) "

saya Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »