PENELITI UNDIP KEMBANGKAN ROBOT MOBIL PENGUKUR KETEBALAN



Sulitnya pengambilan data pada daerah yang tinggi merupakan latar belakang munculnya ide pengembangan robot mobil pengukur ketebalan (Ultrasonic Gauge Robot) hal ini diungkapkan oleh  Dr. Eng. Gunawan Dwi Haryadi, ST, MT dan member Electrical Analysis and Engineering Measurement for Reliability Lab.

“Penelitian ini merupakan wujud kontribusi aktif dalam pemberdayaan riset di dunia pendidikan” Ujarnya

“Ide awal pembuatan dilatar belakangi oleh sulitnya pengambilan data pada daerah tertentu yang sulit dijangkau dan berbahaya. Sejak awal pembuatannya pada tahun 2014, robot ini berperan aktif sebagai sarana riset mahasiswa dan sebagai sarana konsultasi inspeksi terhadap beberapa perusaraan seperti PT. Indonesia Power dan  perusahaan oil dan gas di Indonesia.” ujar Gunawan.

Gunawan menambahkan bahwa robot ini dirancang khusus untuk mengukur nilai ketebalan suatu objek berbahan dasar logam dengan dilengkapi magnet molybdenum sehingga robot  dapat menempel dengan kuat pada objek yang akan diteliti. Selain itu adanya sensor pengukur nilai ketebalan yang terintegrasi dengan remote control  system sehingga robot dapat dioperasikan pada radius lebih dari 15 m.

“Dengan desain khusus yang dapat berjalan secara vertical, robot ini dapat digunakan pada berbagai macam objek bahkan dengan ketinggian lebih dari 15m seperti tangki timbun ataupun pipa vertikal. Dengan sedikit pengembangan alat ini akan dapat digunakan untuk pengukuran ketebalan pipa horizontal.” imbuhnya.

sumber: http://www.undip.ac.id/?p=3125&lang=id

Artikel Terkait

Previous
Next Post »