Melalui Program IISMA, Mahasiswi Psikologi Universitas Diponegoro Bawakan Cita Rasa Indonesia ke Republik Ceko



Campusnesia.co.id - Mengenalkan budaya Indonesia kepada audiens internasional merupakan suatu kebanggaan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di mancanegara. Hal itulah yang sukses dilakukan Fathia Kautsar Khaerani, mahasiswa Psikologi Universitas Diponegoro, yang menjadi salah satu awardee Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023 di Palacky University Olomouc, Republik Ceko. Berbekal pengalaman menjadi panitia di beberapa kegiatan selama kuliah, Fathia mengemban tugas sebagai koordinator dari dua acara besar yang diselenggarakan oleh awardee IISMA Palacky University, yakni Batik Workshop dan Djoempa Pemoeda.

Pada acara Batik Workshop, para awardee mengajak mahasiswa lokal dan mahasiswa internasional lainnya untuk belajar sekaligus mengapresiasi proses membatik. Setelah panitia mempresentasikan mengenai sejarah, perkembangan, dan motif batik, peserta acara diberi kesempatan untuk berimajinasi melalui selembar kertas dan menggambar batik versi mereka sendiri. Mereka terlihat sangat antusias dalam menuangkan kreativitasnya dan memberi warna hasil karya mereka. Tidak lupa, di akhir acara panitia mengumumkan peserta dengan gambar batik terbaik. Mereka pun berhasil membawa pulang beberapa souvenir batik dari Indonesia.


Tidak hanya itu, pada acara ini peserta dapat mencicipi jajanan dan minuman khas Indonesia, seperti pisang goreng dan soda gembira. Beberapa peserta bahkan memuji kelezatan dari pisang goreng. Mereka tidak menyangka pisang dapat dihidangkan dengan cara digoreng kemudian diberi susu dan cokelat. Selain makan dan minum, peserta juga dapat mencoba berbagai aksesoris batik yang sudah disiapkan panitia. Memakai topi batik dan kain batik lilit, beberapa dari mereka tampak asyik berfoto dan mengunggahnya ke media sosial.

Setelah sukses mengenalkan tradisi membatik melalui Batik Workshop, para awardee juga menggelar suatu acara bertajuk Djoempa Pemoda guna memperingati Hari Pahlawan. Melalui kerja sama dengan Faculty of Arts, Palacky University Olomouc, acara ini tidak hanya memperkenalkan mahasiswa internasional terhadap budaya dari berbagai pulau di Indonesia, tetapi juga membawa mereka kembali ke masa lalu dan merenungi jasa pahlawan nasional Indonesia. Acara dibuka dengan pembunyian angklung oleh perwakilan Faculty of Arts dan ketua pelaksana Djoempa Pemoeda. Kemudian, tiga orang awardees menampilkan musikalisasi puisi dari lagu Tanah Airku, yang dilanjutkan dengan cosplay pahlawan Indonesia dan beberapa penampilan tari. Fathia, mahasiswa Universitas Diponegoro, berhasil membawa budaya Bali ke kota Olomouc melalui penampilan Tari Pendetnya. Selain itu, Imanuella, mahasiswa Universitas Sam Ratulangi, juga berhasil mengenalkan kehidupan masyarakat Bugis melalui penampilan Tari Kabasaran.
 
Pada penghujung acara, peserta acara Djoempa Pemoeda berkesempatan untuk berkeliling mengunjungi booth-booth yang disediakan, seperti booth bahasa, makanan, pakaian tradisional, dan permainan tradisional. Pada booth bahasa, mereka dapat belajar mengenai berbagai kosakata dasar dalam bahasa Indonesia. Pada booth makanan, mereka dapat mencicipi hidangan-hidangan tradisional Indonesia, seperti rendang dan nasi goreng. Pada booth pakaian, mereka dapat mencoba aksesoris pakaian yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dan pada booth permainan tradisional, mereka dapat mencoba bermain mainan anak-anak seperti kelereng, gasing, dan bekel. 

Acara Djoempa Pemoeda berakhir dengan meriah, dimana para mahasiswa internasional dan awardees saling bernyanyi dan berjoget bersama diiringi lagu-lagu daerah Indonesia. Hal ini menunjukkan kesuksesan panitia dalam membuat acara yang mengusung prinsip “Unity in Diversity”. 

Sebagai koordinator acara, Fathia berharap kesuksesan acara ini dapat menginspirasi lebih banyak mahasiswa Indonesia untuk pergi menuntut ilmu ke negara lain dan memperkenalkan keragaman budaya Indonesia dengan bangga.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon