Tren Membangunkan Sahur di Desa dengan Sound Horeg dan Lagu DJ Remix Jedag-jedug

 
Gambar ilustrasi, foto sound horeg sumber: otosia.com



Campusnesia.co.id - Ramadhan tahun 2024 ini saya di rumah sejak puasa pertama, awalnya hanya hingga puasa pertama namun karena musibah banjir di Pantura memaksa harus tinggal lebih lama di kampung halaman.

Hal yang berbeda saya temukan daripada bulan puasa sebelumnya, jika dahulu waktu kecil pengingat sahur hanya lewat speaker masjid dan musholla, atau anak-anak keliling kampung dengan peralatan tong tek tahun 2024 ini ada yang tidak biasa.

Mereka patungan menyewa mobil pick up dan seperangkat sound system dilengkapi dengan microphone dan lampu hias layaknya panggung mini. Mobil ini bekeliling desa sejak pukul 02.00 WIB hingga menjelang jam 04.00 WIB, tujuannya tentu saja membangunkan orang sahur hanya saja sayang musiknya lebih dominan ketimbang syiarnya.

Lagu jenis DJ Remix jadi pilihan, biasanya referensi dari TikTok dan Youtube lagu remix yang lagi rame, diputar dengan volume keras layaknya sedang pawai. Beberapa kali hanya satu rombongan tapi tidak jarang rombongan mobil dari dukuh sebelah ikut berkeliling juga jadi sudah seperti pawai hanya saja dilakukan dini hari.

Sisi positif tentu saja bisa membantu orang bangun sahur lebih awal, lebih kreatif dari tahun-tahun sebelumnya dan ketimbang sahur on the road yang rawan saling ejek dan berpotensi tawuran.

Sisi negatif, suaranya yang terlalu keras lebih mengganggu ketimbang membangunkan orang sahur, perlu diperhatikan juga banyak orang yang baru pulang kerja tengah malam, baru bisa tidur nyenyak harus terbangun akibat suara sound system yang menngelegar. Dari sisi lagu juga sebaiknya dipilih yang relijius agar ada bedanya ini kegiatan membangunkan orang sahur saat bulan ramadhan atau lagi pesta.

Semoga jadi perhatian, tetap semangat puasanya dan jangan tawuran.



Penulis
Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon