Ulasan Avatar The Last Airbender Versi Netflix, Nostalgia yang Bikin Bangga




Campusnesia.co.id - Sukses dengan series adaptasi manga dan anime One Piece, bulan Februari 2024 ini Netflix kembali menyajikan live action adaptasi dari kartun populer besutan Nickiledon yaitu Avatar The Last Airbender, bukan Avatar yang warna biru ya.

Ini buka kali pertama Avatar Aang dijadikan live action jauh sebelumnya pada tahun 2010 pernah dirilis jadi film layar lebar namun oleh penggemar dianggap kualitasnya kurang dari berbagai sisi dan nasibnya berakhir seperti Dragon Ball ala Hollywood.

Mengadaptasi kartun dan anime memang bukan pekerjaan mudah, bahkan untuk studio dari jepangpun kadang tidak melulu berhasil. Sejauh ini adaptasi dari Netflix dianggap berhasil terbukti dengan kualitas series One Piece, YuYu Hakusho dan terkahir Avatar Aang ini.

Avatar: The Last Airbender (dikenal sebagai Avatar: The Legend of Aang) adalah sebuah serial televisi fantasi petualangan asal Amerika Serikat yang ditayangkan di Netflix. Seri merupakan adaptasi live-action dari serial televisi animasi dengan nama yang sama (2005–2008). Serial ini pertama kali diumumkan pada bulan September 2018. Albert Kim akan menjadi showrunner dengan pemeran ansambel yang terdiri dari Gordon Cormier, Dallas Liu, Kiawentiio, Ian Ousley, Paul Sun-Hyung Lee, Elizabeth Yu dan Daniel Dae Kim.

Serial ini dijadwalkan tayang perdana pada 22 Februari 2024 di Netflix dan akan terdiri dari delapan episode.


Sinopsis series Avatar: The Last Airbender
Serial ini berlatarkan dunia yang dilanda perang yang terinspirasi oleh budaya Asia dan Pribumi Amerika di mana orang-orang tertentu dapat "mengendalikan" salah satu dari keempat elemen klasik yang terdiri air, bumi/tanah, api, atau udara. Aang sang "Avatar" dan sekaligus Pengembara Udara terakhir yang masih hidup adalah jembatan antara dunia fana dan dunia roh. 

Hanya Avatar satu-satunya yang mampu menguasai keempat elemen. Seorang Avatar juga memiliki tujuan membawa dan menjaga keseimbangan dan perdamaian antar dunia dan juga alam. Kini Aang dihadapkan pada tanggung jawab untuk mengakhiri ambisi Negara Api yang militeristik untuk menaklukkan dunia. 

Bersama dengan teman barunya, Katara dan Sokka, Aang bertekad untuk menguasai keempat elemen sembari dikejar oleh Zuko, seorang putra mahkota Negara Api yang diasingkan. Zukko berusaha mendapatkan kembali kehormatannya dengan menangkap Aang.


Pemeran series Avatar: The Last Airbender

Gordon Cormier sebagai Aang: Pengendali udara berusia dua belas tahun yang berjiwa bebas dan damai yang dibekukan dalam es selama seratus tahun. Ketika dia bangun, semua pengendali udara lainnya telah dimusnahkan oleh Negara Api dan dia dikirim dalam misi untuk mengakhiri perang dan menjadi tokoh keseimbangan dan harmoni bagi dunia sebagai seorang Avatar.

Dallas Liu sebagai Pangeran Zuko: Putra mahkota Negara Api berusia tujuh belas tahun yang memiliki bekas luka, diasingkan, dan pemarah. Ia bertekad menangkap Avatar. dengan tujuan mengakhiri pengusirannya dan mendapatkan kembali kehormatannya.

Kiawentiio sebagai Katara: Seorang anak berusia empat belas tahun yang merupakan pengendali air terakhir di sukunya setelah ibunya dibunuh oleh Negara Api. Terlepas dari tragedi pribadinya, Katara bergabung dengan Aang dalam perjalanannya sambil mengembangkan potensi dalam dirinya.

Ian Ousley sebagai Sokka: Kakak Katara yang berusia enam belas tahun yang mencoba menjadi pemimpin dari sukunya setelah ayah mereka pergi berperang. Sokka juga bergabung dengan Aang dalam misinya bersama Katara. Sokka menutupi kekurangan kemampuan dirinya dengan kecerdasan, akal, dan bumerang yang dapat dipercaya.

Paul Sun-Hyung Lee sebagai Jenderal Iroh: Seorang pensiunan jenderal Negara Api, kakak laki-laki Raja Api Ozai, dan sekaligus paman serta mentor Zuko yang bijaksana dan penuh kasih sayang.

Elizabeth Yu sebagai Putri Azula: Putri Negara Api yang licik yang sangat berbakat serta adik perempuan Pangeran Zuko.

Daniel Dae Kim sebagai Raja Api Ozai: Penguasa Negara Api yang kejam dan sadis, adik Jenderal Iroh, ayah Pangeran Zuko dan Putri Azula. Kim telah mengisi suaranya ke franchise Avatar beberapa kali dalam serial animasinya-pertama kali dalam Book 2 dari The Last Airbender di mana ia mengisi suara Jenderal Fong, dan dalam The Legend of Korra di mana ia mengisi suara Hiroshi Sato.

Ken Leung sebagai Laksamana Zhao: Seorang perwira angkatan laut Negara Api yang ambisius, namun juga arogan, kejam, dan tidak terhormat serta saingan utama Zuko dalam mengejar Avatar.

Maria Zhang sebagai Suki: Pemimpin sekaligus prajurit elit Pulau Kyoshi yang semua anggotanya adalah perempuan. Suki juga menjadi kekasih Sokka.

n
Lim Kay Siu sebagai Gyatso: Seorang biksu Pengembara Udara yang jahil, ceria, baik hati, dan juga perhatian. Gyatso merupakan mentor dan sekaligus menjadi figur ayah Aang.

A Martinez sebagai Pakku: Seorang ahli pengendalian air dari Suku Air Utara yang juga memiliki peran sebagai guru Aang dan Katara.

Amber Midthunder sebagai Putri Yue: Seorang Putri dari Suku Air Utara yang juga menjadi kekasih Sokka.

Yvonne Chapman sebagai Avatar Kyoshi: Seorang Avatar pengendali bumi legendaris. Ia merupakan inkarnasi Aang sebelumnya yang lahir sebelum Avatar Roku.

Tamlyn Tomita sebagai Yukari/Ibunya Suki: Seorang ibu dan juga wali kota yang sangat protektif di desa kecilnya, Pulau Kyoshi.

Casey Camp-Horinek sebagai Gran Gran: Seorang wanita pemimpin Suku Air Selatan, ibu dari Hakoda, serta nenek dari Katara dan Sokka.

C.S. Lee sebagai Avatar Roku: Avatar pengendali api yang mendahului Aang dan sekaligus menjadi mentornya.

Danny Pudi sebagai The Mechanist (Sang Mekanis): Ayah tunggal dan seorang penemu dari Kerajaan Bumi.

Utkarsh Ambudkar sebagai Raja Bumi: Raja tua Omashu yang merupakan teman tertua Aang.

James Sie sebagai Pedagang Kubis: Seorang pedagang sial dan malang yang hasil panennya secara terus-menerus dihancurkan. Sie mengulangi perannya dari serial animasi.

Rainbow Dickerson sebagai Kya: Ibu dari Sokka dan Katara.

Joel Montgrand sebagai Hakoda: Ayah dari Sokka dan Katara yang juga menjadi kepala suku Air Selatan yang pergi berperang.

Arden Cho sebagai June: Seorang pemburu bayaran.

Momona Tamada sebagai Ty Lee: Teman akrobatik Putri Azula yang ahli dalam pemblokiran chi.

Thalia Tran sebagai Mai: Teman Putri Azula lainnya yang ahli dalam melempar pisau dan juga kekasih Zuko.

Joel Oulette sebagai Hahn: Seorang prajurit Suku Air Utara yang arogan bertunangan dengan Putri Yue.

Nathaniel Arcand sebagai Arnook: Kepala Suku Air Utara.

Meegwun Fairbrother sebagai Avatar Kuruk: Avatar Suku Air Utara yang lahir sebelum Avatar Kyoshi.

Irene Bedard sebagai Yagoda: Seorang tabib Suku Air Utara.

Ryan Mah sebagai Letnan Dang: Seorang perwira di Angkatan Laut Negara Api.

François Chau sebagai Sage Agung: Pemimpin Sage Api di Kuil Api.

Sebastian Amoruso sebagai Jet: Pemimpin Pejuang Kemerdekaan.

Hiro Kanagawa sebagai Raja Api Sozin: Raja Api yang memulai perang 100 tahun dan Kakek buyut Zuko.
n

George Takei sebagai Koh si Pencuri Wajah: Roh mirip kelabang yang menggunakan wajah korban yang dicurinya. Takei juga berperan sebagai sipir di Buku 1: Episode 6 dalam serial animasi aslinya.

Randall Duk Kim sebagai Wan Shi Tong: Roh burung hantu yang bertanggung jawab atas Perpustakaan Roh dengan mengklaim bahwa mengetahui sepuluh ribu hal dan sangat tidak percaya terhadap manusia.

Lucian-River Chauhan sebagai Teo: Putra dari Sang Mekanis.

Ruy Iskandar sebagai Letnan Jee: Letnan Negara Api di kapal Zuko.

Taylor Lam Wright sebagai Duke: Seorang anggota Pejuang Kemerdekaan dan juga temannya Jet.

Wes Valarao sebagai Smellerbee: Seorang perempuan Pejuang Kemerdekaan yang sering disangka laki-laki karena perawakannya.

Nathaniel Kong sebagai Longshot: Pemanah senyap para pejuang kemerdekaan.

Jeff Yung sebagai Biksu Tsutop. Seorang biksu pengendali udara dari salah satu Kuil Udara.

Iris Han Aitong sebagai Biarawati Pengendali Udara Tanpa Nama


Posterseries Avatar: The Last Airbender



Ulasan series Avatar: The Last Airbender

Sebagai penonton Avatar versi kartun, saya sangat menikmati series live action bikinan Netflix ini. Tidak melenceng jauh dari versi kartunya dan yang paling penting pemilihan pemeran mendekati kata sempurna terutama Gordon Cormier sebagai Aang, anak yang ceria, naif dan penuh optimistis.

Kalau ada kekurangan mungkin dari sisi action dibeberapa pertarungan masih kurang greget saja, harusnya bisa lebih maksimal namun mungkin memang disesuaikan dengan target audiensnya sehingga dibuat demikian aman untuk semua penonton.

Sangat tidak sabar menantikan season dua series Avatar: The Last Airbender, semoga bisa sampai final fight yang akan menampilkan pertarungan epik antara Aang melawan Raja Api Ozai.

Sangat rekomended bisa jadi tontonan bersama kerluarga sambil nostalgia, selamat menonton.




Penulis
Nandar


====
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon