Pentingnya Digitalisasi Database Kependudukan Menggunakan Spreadsheet Untuk Mempermudah Pengelolaan dan Pertimbangan Membuat Keputusan



Campusnesia.co.idSenin, 29 Januari 2024 mahasiswa Matematika Universitas Diponegoro melakukan kegiatan sosialisasi kepada Karang Taruna RW 05 Lingkungan Kaligawe, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Sosialisasi dilakukan oleh lima orang mahasiswa matematika dengan topik matematika demografi, saham, asuransi, logika matematika, dan kriptografi.

Mahasiswa Matematika Undip 2021, Emiliana Noviananda, melakukan sosialisasi dan demonstrasi pembuatan database kependudukan warga Lingkungan Kaligawe RW 05  menggunakan spreadsheet. Kegiatan ini dilakukan pada pukul 19.30 malam diawali dengan sesi pendaftaran, pembagian leaflet, pemberian materi dan demonstrasi, dilanjut tanya jawab kemudian penutup. 


Pembuatan database dilakukan dari dokumen survei penduduk berupa tulisan tangan kemudian dipindahkan ke spreadsheet untuk disimpan dalam bentuk digital. Tidak hanya bentuk teks saja, tetapi pengolahan data juga dilakukan dengan membuat berbagai macam grafik seperti histogram, diagram batang, dan diagram lingkaran. Analisa terkait data penduduk juga dilakukan untuk menganalisa berbagai macam data.

Data yang dimasukkan ke dalam database berupa nama, jenis kelamin, umur, status perkawinan, hubungan dengan keluarga, agama, status pekerjaan, kepesertaan asuransi kesehatan, pendidikan, jenis atap rumah, jenis dinding rumah, jenis lantai rumah, sumber penerangan utama, fasilitas buang air besar, dan bahan bakar untuk memasak. Data tersebut digunakan untuk menganalisis untuk melihat kualitas penduduk, arahan bantuan dari pemerintah, dan pengelolaan program yang bisa dilaksanakan di Lingkungan Kaligawe RW 05.

Sosialisasi ini dihadiri oleh 25 orang karang taruna yang sangat antusias untuk mengikuti kegiatan, diskusi berlangsung secara interaktif dan dua arah. Database ini bisa digunakan oleh perangkat desa/kelurahan untuk menjadi pertimbangan pembuatan kebijakan. Selain itu, program ini dilakukan untuk membantu para generasi muda untuk lebih dekat dengan produk digital berupa spreadsheet

“Berdikari Ekonomi, Bersama Minyak Atsiri”



Penulis:
Emiliana Noviananda
Mahasiswa KKN Tematik KHDTK Wanadipa Undip Tahun 2024

Lokasi:
KHDTK Penggaron Undip, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang

Dosen Pembimbing Lapangan : 
1. Prof. Dr. Hermin Pancasakti K., S.Si, M.Si.
2. Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA.
3. Prof. Dr. Ir. Sri Puryono Karto Soedarmo M.P.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon