Mahasiswa KKN UNDIP Adakan Pelatihan Terkait Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui Perencanaan Partisipatif Berbasis Masyarakat di Desa Ngasinan: Langkah Awal Kesiapan Desa Ngasinan untuk Pengembangan Ekonomi Lokal

 
Proses Diskusi Masyarakat


Campusnesia.co.idDesa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang (21/01/2024) – Pengembangan ekonomi lokal merupakan suatu proses pembangunan ekonomi yang melibatkan pemerintah, pihak swasta, masyarakat lokal, dan organisasi masyarakat untuk mengoptimalkan potensi sumber daya lokal dengan tujuan menciptakan lapangan kerja baru serta meningkatkan produksi dan daya saing produk. Potensi sumber daya lokal seperti potensi pertanian, peternakan, kerajinan dan kekayaan alam lain yang dimiliki oleh Desa Ngasinan dapat dikembangkan menjadi dasar pengembangan ekonomi lokal melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Ngasinan dipengaruhi oleh berbagai faktor yang berkaitan dengan dinamika dan dan kebutuhan masyarakat lokal.

Adanya UMKM juga dapat menjadi solusi untuk mengurangi tingkat pengangguran karena masyarakat dapat menciptakan peluang pekerjaan sendiri. Selain aspek ekonomi, keberadaan UMKM juga dapat merangsang perkembangan kreativitas dan inovasi. Pengembangan produk lokal dan pemasaran yang khas bisa membantu mendukung identitas budaya desa dan membuka peluang untuk memasarkan produk secara lebih luas. Oleh karena itu, pelatihan terkait pengembangan ekonomi lokal melalui perencanaan partisipatif berbasis masyarakat dilakukan sebagai langkah awal mempersiapkan masyarakat Desa Ngasinan untuk bersama-sama memajukan ekonomi lokal sebagai penggerak utama di Desa Ngasinan.

Kesadaran akan pentingnya pelatihan tersebut, Ira Adzaeni selaku mahasiswa KKM Tim I Universitas Diponegoro Tahun Ajaran 2023/2024 berinisiatif untuk membuat pelatihan dengan masyarakat Desa Ngasinan sebagai kelompok sasaran untuk berdiskusi dan memberikan materi pelatihan terkait Pengembangan Ekonomi Lokal melalui Perencanaan Partisipatif Berbasis Masyarakat. Dengan adanya pelatihan, ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui langkah yang harus diambil untuk melakukan pengembangan ekonomi lokal melalui Usaha Kecil Mikro dan Menengah. Selain itu, diharapkan masyarakat juga dapat menyuarakan dan dapat mengidentifikasi permasalahan dan mencari solusi atas apa yang usaha mereka hadapi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2024 di Balai Dusun Bleder dengan jumlah peserta sebanyak 37 orang yang terdiri dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan masyarakat non UMKM yang ada di Desa Ngasinan. Pelaksanaan pelatihan ini terbagi menjadi tiga sesi yakni sesi pemaparan, diskusi tanya jawab, dan latihan perumusan potensi dan masalah. Forum ini merupakan ajang untuk masyarakat mengenal masing-masing potensi dan masalah yang dihadapi oleh usahanya sehingga mengetahui langkah strategis yang dapat diambil untuk pengembangan masing-masing UMKM. Hal ini tertuang dalam upaya diskusi dan pelatihan terkait dengan perumusan potensi masalah serta solusi oleh pembicara dengan masyarakat sebagai aktor utama.

Antusiasme masyarakat dalam kegiatan pelatihan ini cukup bagus. Masyarakat jadi lebih mengetahui pendekatan partisipatif dalam pengembangan ekonomi lokal dan mengetahui pentingnya peran masyarakat dalam pengembangan ekonomi lokal. Selain itu, masyarakat merasa terbantu dengan adanya praktik secara langsung terkait dengan perumusan potensi dan masalah serta solusi terbaik untuk pengembangan usaha masyarakat masing-masing.

Pemerintah Desa Ngasinan menanggapi kegiatan pelatihan ini dengan sangat positif dimana keterlibatan masyarakat dalam pengembangan ekonomi lokal dapat secara nyata terjadi. Aspirasi masyarakat terkait potensi dan permasalahan serta masukan pengembangan ekonomi lokal di Desa Ngasinan. Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan masyarakat dapat memahami peran dan keterlibatan masing-masing dalam pengembangan ekonomi lokal melalui perencanaan partisipatif.




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon