Menuju Desa Banaran yang Mandiri, Inilah Perilisan Peta Administrasi Dusun di Desa Banaran

 


Campusnesia.co.idMagelang (02/02/2024) - Desa Banaran melangkah maju dalam arah kemandirian dengan merilis peta administrasi dusun, sebuah langkah monumental yang dilakukan oleh Dara Amalia, mahasiswa jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota yang ini dalam KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Tahun 2024. 

Peta administrasi ini, yang secara rinci menggambarkan batas-batas dusun, jenis jarinan jalan, serta desa yang berbatasan langsung diharapkan akan memainkan peran kunci dalam pengembangan dan perencanaan wilayah. Proyek ini adalah hasil kolaborasi erat antara mahasiswa KKN Undip dan perangkat Desa Banaran, menciptakan solusi yang sesuai dengan kebutuhan lokal sambil mendorong kemandirian.

Dengan merilis peta administrasi dusun, Desa Banaran memberikan landasan yang kuat untuk peningkatan pelayanan publik, pembangunan infrastruktur, dan pengelolaan sumber daya alam. Peta ini bukan hanya sekadar representasi visual, tetapi juga instrumen penting untuk memahami secara lebih baik struktur administrasi desa. Dengan adanya informasi yang lebih akurat mengenai batas-batas dusun, diharapkan pembangunan dapat dilaksanakan dengan lebih terencana dan efisien, menciptakan dampak positif bagi masyarakat setempat.

Adanya pembuatan peta administrasi ini merupakan bentuk pembaharuan dari peta administrasi yang sudah terdapat di Balai Desa Banaran. Pembaharuan peta administrasi ini disambut baik oleh perangkat desa. Keberhasilan kolaborasi antara Tim 1 KKN Undip dan perangkat desa menjadi contoh inspiratif tentang bagaimana keterlibatan aktif mahasiswa dalam masyarakat dapat menciptakan dampak positif yang nyata, membangun jembatan antara akademisi dan kehidupan sehari-hari di Desa Banaran.

Peta administrasi dusun Desa Banaran dicetak pada frame berukuran A1 dengan skala peta 1:5000 yang berarti setiap 1cm dalam peta menunjukan 50m pada kondisi sebenernya. Hasil dari peta ini dimanfaatkan kembali oleh perangkat Desa Banaran dengan memajang di dinding Balai Desa Banaran. Penulis berharap dengan adanya perbaharuan peta administrasi ini mampu membantu kepala desa, kepala dusun, maupun perangkat desa dalam merencanakan kemandirian dari setiap dusun yang ada di Desa Banaran.



Penulis:
Dara Amalia Caesarany
Perencanaan Wilayah dan Kota
Fakultas Teknik
Universitas Diponegoro


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon