Mahasiswa KKN UNDIP Mendesain Desa Wisata Tanahbaya Guna Meningkatkan UMKM dan Pariwisata Lokal

 


Campusnesia.co.idTanahbaya, Selasa, 30 Januari 2024 - Berbagai kegiatan telah dilaksanakan oleh mahasiswa Tim KKN I Undip dalam pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya program kerja yang dilaksanakan di sebuah desa kecamatan pemalang, desa tanah baya. 

Desain desa wisata merupakan proses perencanaan dan pengembangan suatu desa dengan tujuan untuk menarik wisatawan, mempromosikan kebudayaan lokal, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. 

Pada 30 Januari 2024, seorang mahasiswi arsitektur menyerahkan hasil desain berupa poster desain Desa Wisata Tanahbaya kepada Sekretaris Desa Tanahbaya, Pak Nurrohman. Desain ini tidak hanya memperhatikan aspek fisik seperti infrastruktur dan tata ruang, tetapi juga melibatkan pengembangan berbagai program dan kegiatan yang mendukung tujuan pariwisata, seperti promosi, pelatihan SDM, pengelolaan lingkungan, dan pelestarian budaya.

Dalam mendesain desa wisata yang diperhatikan adalah aspek kebudayaan, aspek lingkungan, aspek kegiatan dan aspek partisipasi masyarakat lokal. Pendekatan arsitektur yang diterapkan pada desa wisata adalah arsitektur tradisional dan modern. material pada desa wisata dominan menggunakan bambu, kayu, batu dan material lokal lainnya. Dalam meningkatkan UMKM lokal, masyarakat desa akan menjual hasil dagangan dan produksi pada stan-stan berupa rumah. Turis dan masyarakat dapat menikmati pemandangan desa yang indah sambil berwisata dan bertamasya bersama keluarga.



Penulis: 
Syahda Vania Whardhany

Jurusan/ Fakultas: 
Teknik/Teknik Arsitektur

Dosen Pembimbing:
● Yuli Prasetyo Adhi, S.H., M.Kn.
● Farid Agushybana, S.KM., DEA., Ph.D.
● Ir. Aghus Sofwan, S.T., M.T., Ph.D. IPU

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon