Mahasiswa KKN TIM I UNDIP Desa Juwok Dorong Kemajuan Bisnis UMKM Mebel Melalui Edukasi Pentingnya Manajemen Persediaan dan Peningkatan Hubungan dengan Supplier

 


Campusnesia.co.idManajemen persediaan merupakan kegiatan untuk menjaga jumlah stok barang yang dimiliki secara optimal. Manajemen persediaan merupakan salah satu komponen penting yang wajib diperhatikan di dalam menjalankan suatu bisnis khususnya bisnis di bidang manufaktur atau produksi barang, banyak dari UMKM yang masih belum menyadari pentingnya pengelolaan persediaan yang baik. Selain itu, hubungan dengan supplier tentunya perlu dilakukan upaya peningkatan agar ketersediaan bahan baku tetap terjaga untuk keberlangsungan usaha kedepan. Sragen (18/01/2024), mahasiswa KKN Tim I UNDIP tahun 2024 melakukan Edukasi Pentingnya Manajemen Persediaan dan Peningkatan Hubungan dengan Supplier Pada UMKM Mebel.
   

Strategi pengelolaan persediaan dilakukan untuk mencapai tingkat layanan pelanggan yang diinginkan dengan jumlah persediaan yang sesuai. Edukasi Pentingnya Manajemen Persediaan dan Peningkatan Hubungan dengan Supplier Pada UMKM Mebel dilakukan oleh Refi Regita Atmaja Putri, mahasiswi Manajemen dan Administrasi Logistik, Universitas Diponegoro di Dukuh Kedungpring, Desa Juwok, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen secara door to door terhadap UMKM Mebel. Dalam kegiatan ini dilakukan pengenalan terhadap pentingnya manajemen persedian dan tips atau cara meningkatkan hubungan dengan supplier melalui media poster.
  


Fokus dari pengelolaan persediaan yakni berapa banyak yang harus dipesan pada waktu tertentu, berapa banyak jenis persediaan yang harus disimpan dan kapan persediaan harus di dipesan. Persediaan dapat dikatakan tidak optimal ketika persediaan terlalu tinggi, yang dapat menyebabkan kerugian karena kerusakan dan turunnya kualitas serta menyebabkan pengeluaran yang besar pada UMKM Mebel, selanjutnya jika persediaan terlalu rendah sehingga UMKM tidak dapat memenuhi permintaan konsumen. Kegiatan edukasi juga dilakukan dengan memberikan tips memperkuat hubungan dengan supplier, terdiri dari melakukan komunikasi secara teratur, memberikan apresiasi, melibatkan supplier dalam upaya perbaikan dan peningkatan kualitas produk, bersikap jujur dan terbuka serta semaksimal mungkin menghindari permasalahan pembayaran.

Program kerja Edukasi Pentingnya Manajemen Persediaan dan Peningkatan Hubungan dengan Supplier Pada UMKM Mebel berjalan dengan lancar dan diharapkan diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih jauh terkait perlunya mengelola persediaan dan memperkuat hubungan dengan supplier untuk keberlanjutan bisnis kedepan.“Edukasi dari mba refi ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai UMKM. Kami jadi lebih tau tentang pentingnya mengelola persediaan bahan baku dengan baik serta upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan hubungan dengan supplier” ujar Pak Somo selaku salah satu UMKM Mebel. Dalam pelaksanaan program ini, pelaku UMKM Mebel sangat antusias mendengarkan dan memperhatikan secara seksama ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan setelah penyampaian materi.


Penulis: 
Refi Regita Atmaja Putri

Dosen Pembimbing Lapangan:  
Riza Susanti, S.T., M.T  

Lokasi: 
Desa Juwok, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon