Mahasiswa KKN Tim I UNDIP 2024 Mengajak Para Pemuda Ikut Serta dalam Membantu Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Pemaparan Peran Pemuda dalam Pembangunan Berkelanjutan


Campusnesia.coi.id - Klaten (3/2/24) Penyuluhan tentang “Peran Pemuda dalam Pembangunan Berkelanjutan” di bangsal pertemuan Dukuh Belan, Desa Kalangan. Mahasiswa KKN Tim I 2024 Universitas Diponegoro, Semarang melaksanakan kegiatan berupa edukasi untuk karang taruna sehati, Dukuh Belan, Desa Kalangan.

Kurangnya pemahaman pemuda Desa Kalangan terhadap SDGs menjadikan Mahasiswa KKN Tim I Undip 2024, Ailsa Busega Maheswari ingin mengedukasi para pemuda mengenai SDGs agar pemuda tau mengenai SDGs serta meningkatkan kesadaran pemuda dan berpartisipasi terhadap SDGs.

Tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs (Sustainable Development Goals) merupakan serangkaian tujuan yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dan lebih berkelanjutan bagi semua orang. Ada 17 tujuan SDGs yang saling terkait dan saling mendukung untuk mengatasi berbagai tantangan global yang kita hadapi. Berikut adalah poin-poin dari ke 17 tujuan SDGs;

(1) No Poverty, (2) Zero Hunger, (3) Good Health and Well-Being, (4) Quality Education, (5) Gender Equality, (6) Clean Water and Sanitation, (7) Affordable and Clean Energy, (8) Decent Work and Economic Growth, (9) Industry, Innovation and Infrastructure, (10) Reduce Inequalities, (11) Sustainable Cities and Communities, (12) Responsible Consumption and Production), (13) Climate Action, (14) Life Below Water, (15) Life on Land, (16) Peace, Justice and Strong Institutions, (17) Partnerships for The Goals.

Pembuka pada acara ini adalah menanyakan apakah mereka sudah pernah dengar mengenai SDGs, mereka semua menjawab belum pernah mendengar mengenai SDGs. Dalam penyuluhan ini Ailsa membahas satu per satu 17 SDGs serta tujuannya kepada para pemuda agar para pemuda paham tujuan poin-poin SDGs ini di buat. Pemuda punya potensi besar untuk berkontribusi dalam pembangunan. Sifat pemuda yang selalu ingin tahu, rasa penasaran yang tinggi, kemauan belajar yang besar, membuatnya berpotensi dalam mendukung Tujuan 4, Quality Education.

Quiz Seputar SDGs

Setelah melakukan Quiz, para pemuda menjadi lebih mengetahui mengenai SDGs, mulai dari apa itu SDGs hingga menyebutkan beberapa poin SDGs, diharapkan kedepannya penyuluhan ini menjadikan para pemuda Dukuh Belan menjadi lebih giat lagi dalam belajar sehingga menjadikannya tercapainya poin ke 4, Quality Education. Karena pendidikan yang berkualitas merupakan kunci untuk mencapai poin-poin lainnya, mulai dari keluar dari kemiskinan. Pendidikan yang baik juga  membantu mengurangi kesenjangan dan mencapai kesetaraan gender dan sangat penting untuk menumbuhkan toleransi dan masyarakat yang lebih damai.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon