Mahasiswa KKN Tim I Undip 2024 Barupaya Meningkatkan Motivasi Pelajar MTs di Desa Gendoang dengan Program Kerja “Career Day”

 


Campusnesia.co.idPendidikan merupakan investasi masa depan yang tidak bisa diabaikan. Namun, tidak semua siswa menyadari potensi diri mereka sepenuhnya. Tingkat sekolah tertinggi yang ada di Desa Gendoang, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, adalah Tingkat MTs. Banyak siswa MTs yang masih ragu-ragu atau kurang termotivasi untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, seperti Sekolah Menengah Atas (SMA) atau perguruan tinggi. Oleh karena itu, diperlukan upaya memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya melanjutkan pendidikan dan memberikan motivasi kepada siswa untuk mengejar Impian mereka.

Program kerja Career Day merupakan salah satu solusi yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Tim I Undip 2024 dengan memberikan motivasi dan pemahaman mengenai jenjang pendidikan di dunia karir. Program ini memiliki tujuan untuk memberikan wawasan tentang berbagai pilihan karir yang dapat dicapai melalui pendidikan lanjutan, membagikan pengalaman pribadi mahasiswa KKN yang telah melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, serta menginspirasi dan memotivasi siswa MTs untuk mengejar pendidikan lanjutan dan mengembangkan potensi diri mereka.

Program kerja Career Day di MTs Al-Asy’Ariyah dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2024 dengan peserta kelas 9 MTs Al-Asy’Ariyah. Pelaksanaan program ini dimulai dengan pembukaan oleh MC, penyampaian materi setiap jurusan (Teknik Elektro, Teknik Kimia, Arsitektur, Agroekoteknologi, Informatika, Akuntansi, Ilmu Perpustakaan, Manajemen Logistik, dan Hukum), sesi tanya-jawab, dan penutupan oleh MC. Materi yang disampaikan meliputi pengertian, career path, prospek kerja, hingga informasi beasiswa setiap masing-masing jurusan. Dengan peserta berjumlah 70 siswa, program kerja Career Day di MTs Al-Asy’Ariyah berjalan dengan lancar, tanpa adanya hambatan.

“Terima kasih kepada kakak-kakak KKN yang telah mengadakan acara Career Day ini. Acara ini sangat bermanfaat bagi kami siswa MTs. Kami mendapatkan wawasan baru tentang berbagai pilihan karir dan juga motivasi untuk terus belajar agar bisa meraih Impian kami,” ujar salah seorang siswa yang hadir dalam acara tersebut.

Sementara itu, Kepala MTs Al-Asy’Ariyah juga menyampaikan, “Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN Undip atas program kerja yang sudah dilakukan ini. Semoga acara seperti ini dapat menumbuhkan semangat siswa dalam melanjutkan studi mereka ke depannya.”

Program kerja Career Day di MTs Al-Asy’Ariyah ini dapat meningkatkan kesadaran siswa MTs tentang pentingnya pendidikan lanjutan untuk meraih kesuksesan, serta memberikan inspirasi dan motivasi kepada siswa untuk mengejar Impian mereka dalam meraih pendidikan yang lebih tinggi. Dengan adanya Career Day di MTs Al-Asy’Ariyah ini, siswa dapat terbantu dalam merencanakan Langkah-langkah untuk mencapai tujuan pendidikan dan karir mereka. 

Dengan demikian, program KKN Career Day merupakan inisiatif yang sangat penting dalam membantu siswa MTs untuk menggali potensi diri mereka dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat menjadi Langkah awal bagi siswa-siswi MTs untuk menggali potensi diri mereka masing-masing, merancang masa depan, dan meraih kesuksesan dalam pendidikan dan karir di masa yang akan datang. Melalui program ini, mahasiswa KKN Tim I Undip 2024 berharap dapat membantu Desa Gendoang dalam mengatasi peningkatan angka Anak Tidak Sekolah (ATS) di Desa Gendoang.




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon