Pentingnya Mengetahui Penyakit Jantung Koroner (PJK) : Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Edukasi Terkait PJK dan Tekankan Untuk Selalu Mengikuti Senam Jantung Sehat

 


Campusnesia.co.idKelurahan Mangunharjo, Semarang (3/12/2023) – Mahasiswa KKN Tematik UNDIP 2023, Afrida Meidiningtyas, berasal dari prodi Kesehatan Masyarakat telah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi untuk lansia di Kelurahan Mangunharjo. Kegiatan tersebut seputar Penyakit Jantung Koroner (PJK) yang dinilai penting untuk diketahui oleh para lansia.

Edukasi dan sosialisasi tersebut berupa pengenalan PJK yang dimulai dari definisi, survei angka kasus PJK secara nasional, penyebab, tanda dan gejala, upaya pencegahan, dan pengobatan. Selain itu, pada edukasi tersebut juga menekankan pentingnya mengikuti senam jantung sehat secara rutin yang diadakan oleh Kelurahan Mangunharjo di setiap hari Minggu.

Pada survei angka kasus PJK secara nasional menjelaskan bahwa WHO menyatakan jika lebih dari 17 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah (Institute for Health Matrics and Evaluation, 2019). Bahkan, di Indonesia tercatat bahwa biaya pelayanan kesehatan pada BPJS hampir separuh dari total biaya dihabiskan untuk penyakit jantung dengan jumlah kasus 13.972.050.

Data tersebut menunjukkan urgensi dari edukasi PJK penting untuk disuarakan, terutama kepada lansia. Oleh karena itu, kegiatan tersebut diadakan dan penyampaiannya dilakukan setelah kegiatan rutin senam jantung sehat selesai dilakukan oleh warga Kelurahan Mangunharjo, dan saat itu yang menghadiri adalah warga dari RW 3 dan RW 5.
 
Selain fokus tentang PJK itu sendiri, pada kegiatan edukasi dan sosialisasi tersebut juga menekankan terkait pentingnya melakukan senam jantung sehat secara rutin dan mengikuti senam sesuai urutan yaitu dari awal hingga selesai. Hal tersebut dikarenakan setiap urutan senam memiliki manfaat, bahkan di fase istirahat. Hal ini penting untuk dikatakan kepada lansia agar mereka benar-benar mengetahui manfaat apa yang didapatkan.

Sosialisasi dan edukasi tersebut menggunakan alat bantu poster. Selain itu, mahasiswa juga membagikan informasi terkait PJK berupa soft file yang dibagikan melalui grup WhatsApp. Selain hanya edukasi, kegiatan tersebut juga terdapat kuis dengan sedikit soal untuk menggali pengetahuan lansia tentang PJK. Kuis tersebut diikuti secara antusias dan banyak juga yang bertanya.

Oleh karena itu, dengan kegiatan edukasi dan sosialisasi ini diharapkan para lansia dapat lebih mengetahui PJK, sehingga jika mengalami tanda atau gejala penyakit tersebut, lansia dapat melakukan pemeriksaan sedini mungkin agar dapat segera melakukan pengobatan.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon